Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Rubella yang Berbahaya

Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Rubella yang Berbahaya

Ohayo.co.id – Penyakit rubella atau dikenal dengan campak Jerman ini merupakan salah satu jenis penyakit yang penyebarannya disebabkan oleh virus. Gejala yang timbul saat seseorang mulai terserang virus ini, yaitu munculnya ruam berwarna merah muda yang khas serta tubuh akan mengalami kenaikan suhu yang cukup tinggi. Biasanya penyakit rubella ini menyerang anak-anak,

Penyakit rubella ini dapat dikategorikan sebagai penyakit yang ringan, namun bisa menimbulkan kondisi yang serius saat menyerang wanita hamil. Penyakit ini memiliki masa inkubasi selama 14 sampai 21 hari dan penderita yang terinfeksi biasanya akan mengalami ruam antara 14 sampai 17 setelah terkena paparan.

Jika Anda merasa khawatir dengan gejala rubella tersebut, ada baiknya Anda perlu mengetahui cara mencegah dan mengobati penyakit rubella. Yuk, simak ulasannya di bawah ini supaya Anda tahu.

Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Rubella yang Berbahaya

Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Rubella yang Berbahaya - Ohayo.co.id

Sudah diketahui bahwa penyakit rubella merupakan jenis penyakit menular yang pencegahannya dapat dilakukan dengan vaksinasi. Cara mencegah dan mengobati penyakit rubella yang paling efektif yaitu harus melakukan imunisasi dengan campak, gondok dan rubella atau CGR dan MMR atau measles, mumps, dan rubella.

Pada umumnya vaksin MMR atau measles, mumps, dan rubella ini akan diberikan kepada anak-anak yang menjadi program rutin vaksinasi. Dosis pertama vaksin ini akan diberikan kepada anak yang berusia 12 hingga 13 bulan, kemudian dosis yang kedua diberikan sebelum anak mulai memasuki usia sekolah, yaitu pada usia antara usia tiga sampai lima tahun.

Baca juga : Gejala dan Penyebab Penyakit Rubella yang Harus Anda Tahu

Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Rubella yang Berbahaya - Ohayo.co.id

Penyakit rubella dapat menjadi penyakit yang serius  jika menyerang pada ibu hamil. Cara mencegah dan mengobati penyakit rubella ini bagi ibu yang merencanakan kehamilan dapat melakukan tes kekebalan rubella kepada dokter. Untuk yang memiliki sedikit antibodi rubella atau tidak memiliki sama sekali biasanya dokter akan menawarkan vaksin MMR. Vaksin ini akan diberikan selama satu bulan sebelum mendapatkan kehamilan supaya ibu kebal.  Vaksin MMR ini juga aman untuk ibu yang sedang menyusui.

Jika Anda telah melakukan imunisasi namun masih berpikir berisiko mendapatkan virus rubella. Anda dapat meminta vaksin MMR setiap saat kepada dokter. Agar kehamilan anda dapat terlindungi dari virus rubella.

Penyakit rubella merupakan salah satu penyakit ringan dan tidak memiliki kondisi pengobatan khusus. Gejala penyakit ini biasanya akan reda dalam rentang waktu antara 7 sampai 10 hari, serta ruam yang muncul pun tidak perlu diobati karena akan hilang dengan sendirinya.

Baca juga : Tak Hanya Bayi, Wanita Dewasa Juga Harus Vaksin Rubella

Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Rubella yang Berbahaya - Ohayo.co.id

Cara mencegah dan mengobati penyakit rubella ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi ibuprofen atau parasetamol yang berfungsi untuk mengurangi demam, meringankan nyeri dan rasa sakit. Pemberian ibuprofen atau parasetamol ini sebaiknya dilakukan sesuai usia dan aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Bagi penderita penyakit rubella ini juga sangat dianjurkan untuk minum banyak cairan. Jika Anda dalam keadaan hamil, sebaiknya segera memeriksakan diri pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Jika Anda mulai terinfeksi penyakit rubella ini, sebaiknya Anda harus menjauhi lingkungan dan mungkin mengurangi berinteraksi dengan orang sekitar agar tidak semakin menular. Apabila anak Anda yang terserang penyakit sebaiknya batasi kegiatan di sekolah untuk mendapatkan perawatan di rumah. Selain itu, lakukan konsultasi pada dokter sampai kondisi benar-benar pulih.

Demikian ulasan mengenai cara mencegah dan mengobati penyakit rubella yang tetunya sangat berbahaya. Lebih baik lagi kalau kita melakukan pencegahan sebelum akhirnya rubella benar-benar menyerang anda dan keluarga.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password