Cara Jitu Menanam Pohon Rambutan di Dekat Rumah

Cara Jitu Menanam Pohon Rambutan di Dekat Rumah - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Biasanya justru akan muncul kebingungan jika punya tanah yang bidang. “Bagusnya dipakai untuk apa ya tanah ini?” Pertanyaan semacam ini juga sering muncul bagi pihak yang baru saja membangun rumah. Biasanya akan ada sisa tanah yang tidak terpakai atau memang disengaja untuk kosong.

Nah, sisa atau tanah yang kosong ini bisa dimanfaatkan untuk menanam pohon. Pohon rambutan dapat menjadi alternatif pilihan selain karena ukurannya yang besar, pohon rambutan juga menghasilkan buah rambutan yang tentu enak untuk dimakan.

Buah rambutan sudah terkenal dengan rasanya yang manis dan kaya akan vitamin tinggi. Buah ini mengandung zat-zat yang dapat menyembuhkan hipertensi, diare, radang, penyakit-penyakit kekurangan vitamin A dan C, sekaligus mampu mencegah kanker.

Untuk menanam buah rambutan ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Berikut ini akan dibahas hal apa saja yang perlu diperhatikan ketika ingin menanam pohon rambutan.

Cara Jitu Menanam Pohon Rambutan di Dekat Rumah

1. Tentukan Lahan yang Baik

Tentukan Lahan yang Baik - Cara Jitu Menanam Pohon Rambutan di Dekat Rumah - Ohayo.co.id

Agar pohon rambutan dapat tumbuh dengan baik, sebaiknya tentukan bidang tanah yang memang dialokasikan untuk menanam pohon. Jangan sampai pohon yang akan ditanam justru berada di tengah jalan.

Selain itu, agar pohon rambutan dapat tumbuh dengan baik, dibutuhkan tanah yang subur, gembur dan terdapat sedikit pasir.

Ph yang dibutuhkan agar rambutan bisa tumbuh dengan baik adalah antara 6,5 hingga 7. Selain itu, lahan yang dibutuhkan juga berada di dataran rendah sekitar 30 hingga  500 mdpl. Dalam rentang ketinggian tersebut, pohon rambutan dapat menghasilkan buah yang cukup baik.

Baca juga : Sebelum Menanam dan Merawat Cabai, Perhatikan Dulu 4 Hal Berikut Ini

2. Pembibitan

Pembibitan - Cara Jitu Menanam Pohon Rambutan di Dekat Rumah - Ohayo.co.id

Dalam menanamnya, ada beberapa macam jenis pohon rambutan yang wajib dicoba. Yang pertama adalah generatif yakni menanam pohon rambutan secara langsung dari biji. Yang kedua adalah vegetatif yakni menanam pohon rambutan dengan cara mencangkok.

Jika misalnya ingin mencangkok, sebaiknya pilih pohon rambutan yang memang baik. Dahan pohon rambutan yang akan dicangkok harus memiliki panjang 80 cm dan berumur minimal 5 bulan.

Pohon rambutan yang ingin digunakan sebagai indukan juga harus terbebas dari penyakit. Hal ini dikarenakan penyakit tersebut ternyata dapat menular ke bibit cangkok pohon rambutan yang akan ditanam.

3. Proses Penanaman

Proses Penanaman - Cara Jitu Menanam Pohon Rambutan di Dekat Rumah - Ohayo.co.id

Dalam menanam pohon rambutan, melakukan penanaman di lahan tanah akan jauh lebih baik daripada di pot. Jika tetap ingin menanam di pot, perbandingan tanah yang berada di pot harusnya terdapat perbandingan 1:1:1 antara kompos, tanah, dan pupuk.

Selain itu, pastikan tanah tidak memiliki gulma yang dapat mengancam perkembangan pohon rambutan karena dapat menjadi sumber penyakit dan hama tanaman.

Pastikan juga di sekitar lahan yang ditanami pohon rambutan juga terdapat sejumlah tumbuhan yang lain. Ini penting untuk mengurangi angin dan panasnya terik matahari di area tempat tinggal Anda.

Baca juga : Menanam Unik dengan Hidroponik, Apa Saja Keunggulannya?

4. Pemangkasan dan Pemanenan

Pemangkasan dan Pemanenan - Cara Jitu Menanam Pohon Rambutan di Dekat Rumah - Ohayo.co.id

Dalam menanam pohon rambutan, pemangkasan secara rutin berguna untuk mengurangi bajing, semut, ulat kutu, dan sejumlah binatang pengganggu lainnya. Aktivitas ini juga berfungsi untuk memaksimalkan agar lebih bisa menghasilkan buah yang lebih berkualitas.

Saat memanen buah rambutan dari pohon rambutan, Anda juga tidak bisa sembarangan memetiknya. Anda harus memotongnya dari tangkai utama dari serumpun rambutan yang sudah matang. Pilihan diambil untuk melancarkan produktivitas paska panen rambutan.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin menanam pohon rambutan. Dalam menanam pohon rambutan, jangan lupa asupan utama yang harus diberikan yakni air. Agar dapat tumbuh dengan subur, pohon rambutan juga perlu disirami air secara rutin.

Maka menjadi perhatian khusus untuk memilih jenis pompa air yang mampu memasok air yang cukup baik bagi kebutuhan pohon rambutan dan kebutuhan sehari-hari penghuni rumah.

Shimizu PS-116 BIT - Cara Jitu Menanam Pohon Rambutan di Dekat Rumah - Ohayo.co.id

Pompa air Shimizu dapat diandalkan untuk memenuhi pasokan air yang dibutuhkan. Shimizu telah berpengalaman lebih dari 30 tahun melayani kebutuhan masyarakat Indonesia akan air bersih.

Salah satu seri yang dapat diandalkan dari pompa air Shimizu yakni kategori pompa air sumur dangkal PS-116 BIT. Tipe ini hanya memakan daya output hingga 125 watt. Meski begitu, kemampuannya cukup mumpuni karena memiliki daya dorong hingga 33 meter dan mempunyai panjang daya hisap maksimal 9 meter. Air bersih sebanyak 24 liter pun dapat tersaji tiap menitnya untuk menunjang kebutuhan sehari-hari.

Tidak hanya untuk pohon rambutan, pompa air Shimizu PS-116 BIT sangat cocok digunakan untuk menyirami sejumlah tanaman lainnya dan kebutuhan air penghuni rumah tetap terjaga. Shimizu, Bintangnya Pompa Air!

Sumber gambar : youtube, shimizu, ytimg, bibitbunga

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password