Cara Memperkecil Ukuran Video (Kompres Video Tercepat)

OhayoCara Memperkecil Ukuran Video. Kali ini kita akan membahas tata cara kompres video tanpa mengurangi kualitas. Hal ini berguna bagi kamu yang berprofesi sebagai youtuber. Pembahasan tidak hanya berkutat pada kompres video di PC saja, namun kami akan menyampaikan cara kompres video di android juga.

Cara Memperkecil Ukuran video di laptop

Cara kompres video di PC yang terbaik yaitu menggunakan software handbrake. Aplikasi open source yang dapat kamu peroleh dengan gratis tanpa dipungut biaya sepeser pun. Selain gratis, penggunaannya juga cukup simple dan mudah.

Aplikasi handbrake mampu mengkonversi file video dengan berbagai format. Mulai dari format .mp4 hingga .avi.

Untuk memulainya, kita ikuti langkah-langkah dibawah ini

1. Download terlebih dahulu software handbrake

Setelah selesai proses pengunduhan, lakukan instalasi pada laptop maupun PC kamu. Pastikan juga perangkat sudah terinstall .net framework 4.7.2 bagi perangkat yang masih menggunakan sistem operasi windows 7. Namun apabila laptop dan PC kamu telah menjalankan sistem operasi windows 10, kamu cukup menginstall handbrake.

Apabila proses install sukses, silahkan buka aplikasi handbrake di desktop dengan mengklik 2x. Kemudian akan muncul gambar seperti ini.

kompres video handbrake

Saat langkah awal, terdapat dua pilihan yang dapat kamu tentukan. Pilihan pertama adalah “Folder (Batch Scan)”, yang bekerja untuk memperkecil keseluruhan video di dalam forder. Sedangkan opsi kedua “File” yang diperuntukkan hanya satu video saja.

2. Pada artikel ini kita ilustrasikan memilih opsi source File,

memperkecil ukuran video handbrake

Kemudian kita akan diarahkan untuk memilih video yang mau di kompres. Tentukan video mana yang mau di eksekusi dan klik 2x. Kamu pun akan dihadapkan pada tampilan seperti berikut.

cara kompres video dengan handbrake

3. Berikan nama file dan tentukan difolder mana hasil kompresi akan kamu simpan. Kamu dapat melakukannya pada kolom Save As pada bagian bawah seperti terlihat di gambar atas.

4. Pilih format mp4 dan jangan lupa untuk mencentang pilihan box Web Optimized.

cara memperkecil video dengan handbrake

5. Lanjut ke tab Video, yang terdapat beberapa opsi pilihan yang harus kamu setting. Karena sebenarnya disinilah langkah utama dalam menghasilkan ukuran file video menjadi lebih kecil.

Pastikan pengaturan Video Codec telah pada H.264 (x264)

cara memperkecil ukuran video dengan handbrake

Kemudian pada pengaturan Quality, setting Content Quality antara 25 hingga 30. Semakin besar angka yang kamu pilih, maka semakin kecil ukuran video yang akan dihasilkan. Sebaliknya, semakin kecil angka yang kamu pilih, maka file video akan lebih besar.

cara memperkecil ukuran video terbaik

6. Klik pada “Start Encode” yang posisinya tepat berada di bagian atas. Setelah itu proses kompres video atau memperkecil video akan segera berjalan. Kamu hanya perlu menunggu hingga proses tersebut selesai. Catatan bahwa kecepatan dalam memproses tergantung dari spesifikasi laptop maupun PC yang kamu miliki.

cara kompres video dengan handbrake terbaik

Hasil dari proses panjang yang melibatkan langkah-langkah diatas dapat kamu temukan di folder yang telah kamu pilih. Cobalah untuk membandingkan hasil kompres video menggunakan handbrake dengan video asli. Mulai dari ukuran video yang berkurang hingga kualitas video yang dihasilkan.

Baca juga : Mudah dan Gratis! Trik Membuat Video Bokeh di Instagram Stories

Cara Kompres Video di Android

Kita telah membahas cara memperkecil ukuran video di PC seperti yang terpapar diatas. Selanjutnya kita uraikan cara memperkecil ukuran video atau kompres video menggunakan perangkat smartphone android.

Kebutuhan yang pertama tentu aplikasi pihak ketiga untuk membantu melakukan tugas kompresi video. Banyak aplikasi yang dapat dipilih di Play Store. Namun tutorial cara kompres video di android kali ini menggunakan aplikasi Video Compressor – VidCompact yang dapat kamu unduh di sini.

Setelah berhasil mendapatkan aplikasinya di hp, kamu dapat mengoperasikannya dengan cara:

  1. Pilih Trim & Compress
  2. Cari video yang ingin di kompres
  3. Atur ukuran video pada 240p atau 320p.
  4. Lakukan proses kompres dengan mengklik ikon dipojok atas bagian kanan.
  5. Langkah selanjutnya, kamu akan dihadapkan pada pilihan untuk menyimpan. Apakah akan menyimpan di galeri telepon atau langsung di bagikan melalui sosial media.
  6. Tunggu proses berlangsung. Durasi waktu tergantung pada besarnya file video dan spesifikasi smartphone android yang kamu punya.
  7. Memperkecil ukuran video pun telah selesai

Baca juga : 5 Aplikasi Edit Video Vlog di Android yang Praktis Bagi Para Youtuber

Selesai sudah ulasan mengenai cara memperkecil ukuran video atau kompres video tanpa mengurangi kualitas yang dapat kami bagikan. Video akan mempunyai ukuran kecil namun kualiats tetap terjaga. Bermanfaat bagi kamu yang berprofesi sebagai youtuber atau kamu yang ingin mengunggah video ke sosial media.

Salah satu manfaat dengan video ukuran yang kecil adalah kamu akan lebih cepat dalam menguploadnya. Berguna sekali bagi kamu yang memiliki koneksi standar dan belum kencang.

Begitulah ulasan yang dapat kami bagikan. Apakah kamu tertarik memperkecil ukuran video? Lebih suka kompres video menggunakan android atau PC?

Tulis jawaban kamu di kolom komentar. Bagikan juga artikel cara memperkecil ukuran video atau kompres video tanpa mengurangi kualitas ke media sosial kamu.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password