Cara Memilih Mainan Anak Sesuai Usia dan Tahap Perkembangannya yang Tepat

Cara Memilih Mainan Anak Sesuai Usia dan Tahap Perkembangannya yang Tepat - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Mainan adalah salah satu sarana hiburan terbaik bagi si kecil, apalagi aktifitas bermain amat sangat penting sekali bagi perkembangannya. Dengan bermain, maka si kecil akan bisa mengeksplorasi banyak hal yang ada di dalam dirinya sendiri juga di dunia luar. Oleh karenanya, Anda perlu banget tahu cara memilih mainan anak yang tepat sesuai usia serta tahap perkembangannya.

Kara Handali, M.Psi adalah salah saorang psikolog pendidikan yang bercita-cita membuat anak-anak Indonesia agar senang belajar, dan mengembangkan kemampuan-kemampuan yang ada dalam diri mereka. Menurutnya, begini cara memilih mainan anak sesuai usia dan tahap perkembangannya.

Cara Memilih Mainan Anak Sesuai Usia dan Tahap Perkembangannya yang Tepat

Anak usia 0 – 2 tahun

Plan Toys Mosaic PT5623 Mainan Blok

Anak yang berusia 0 – 2 tahun ini perlu banget meningkatkan pengalaman sensorimotor, seperti pendengaran, penglihatan, dan gerakan. Anda bisa memilihkan mainan balok-balokan seperti Plan Toys Mosaic PT5623 Mainan Blok dan Puzzle, atau pun boneka yang lucu seperti Nickelodeon Patrick Plush Boneka. Tetapi demikian, memberikan mainan yang jenisnya sama secara terus menerus juga tidak tepat. Untuk si kecil yang masih berusia 0 – 2 tahun, Anda juga bisa memilihkan mainan buku cerita dengan musik, seperti Cottage Door Press Bedtime Song, bola plastik, cermin-cerminan, atau squeeze ball.

Baca juga : Ini Dia Jenis Permainan Anak di Sekolah yang Memiliki Manfaat untuk Jangka Panjang

Anak usia 3 – 5 tahun

Puzzle 12 – 20 Pieces

Pada usia ini, biasanya kemampuan si kecil semakin berkembang, selain dengan penginderaan, si kecil juga bisa belajar lewat kata-kata, simbol, dan gambar. Jadi mainan seperti Lego, Puzzle 12 – 20 Pieces, Play-Doh, maupun buku cerita dengan sedikit tulisan bisa jadi pilihan tepatnya. Selain itu, Anda juga bisa berikan si kecil buku mewarnai beserta crayon, bahkan mainan masak-masakan untuk anak perempuan.

Baca juga : Pilihan Mainan Anak Terbaik Agar Mandi Jadi Lebih Asyik dan Menyenangkan

Anak usia 6 – 11 tahun

Lego

Pada tahap perkembanga ini, biasanya anak sudah paham hubungan sebab-akibat berdasarkan logika, tetapi masih butuh contoh yang konkret. Jadi, Anda perlu memilihkan mainan yang bisa bantu kemampuan berpikirnya untuk berkembang. Anda bisa upgrade kesulitan Lego, dan Puzzle dengan 50 – 100 lebih pieces. Anda bahkan juga bisa mulai mengajarkan si kecil bermain bola basket, sepeda, maupun bola sepak, mobil rakit, scrabble, origami, action figures, boneka Barbie, bahkan buku cerita yang memiliki banyak tulisan seperti novel.

Ada baiknya Anda memilihkan mainan yang juga bisa menstimulasi perkembanga berpikir, sosial, motorik, dan emosional si kecil. Oleh sebab itu, memilih mainan yang paling cocok dengan usia si kecil jadi sangat penting sekali. Tetapi demikian, jangan juga jadikan mainan anak sebagai pereda tantrum atau pun memilih mainan sekadar karena sedang trend saja. Sesuaikan saja mainan tersebut dengan preferensi serta minat si kecil. Jangan pernah menjadikan gawai sebagai solusi yang tepat untuk si kecil, sebab untuk mengoperasikan gawai sebenarnya tidak melatih kemampuan si kecil, karena hanya perlu mengulangi gerakan monton.

Yuk, langsung saja beli mainan aanak sesuai usia dan tahap perkembangannya di berbagai toko online kepercayaannya. Tapi agar lebih hemat budget, pilihlah toko online yang sudah bermitra dengan aplikasi kredit online terbaik seperti AKULAKU ini. Misalnya saja, Bukalapak, Shopee, BliBli, atau JD.id.

AKULAKU merupakan salah satu aplikasi kredit online terbaik yang pastinya tidak hanya jadi solusi paling tepat saat berbelanja online dengan cicilan, tetapi di AKULAKU juga ditawarkan banyak sekali promo-promo menarik yang sayang dilewatkan. Salah satunya adalah promo cicilan 0% dan voucher belanja sebesar Rp 700 ribu rupiah dengan pakai kode “AIDIA 1”.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password