Wah! Ini Cara Memilih Jurusan Kuliah Agar Tak Salah Langkah

Ohayo.co.id – Sebelum menikmati kehidupan kampus dan menjadi seorang mahasiswa, setiap orang pasti akan dihadapkan pada masalah pemilihan jurusan kuliah. Sebagai generasi #CerdasMemilih tentu selalu diharapkan untuk bersikap bijak dalam mengambil setiap keputusan. Pasti kamu enggan, kan memilih jurusan kuliah yang tidak tepat? Oleh karena itu, memilih jurusan kuliah harus berdasarkan potensi dan bakat serta sesuai dengan kepribadian yang dimiliki.

Jika sudah mengenali potensi, bakat dan kepribadian masing-masing, tentunya jurusan yang dipilih akan mendukung lancarnya dinamika kehidupan di kampus. Tidak hanya berdasarkan pada bakat, potensi dan kepribadian yang dimiliki, profesi yang diinginkan di masa depan juga dapat menjadi salah satu pertimbangan untuk memilih jurusan kuliah yang tepat. Namun, yang menjadi masalah adalah jumlah jurusan kuliah yang terlalu banyak, membuat kita bingung untuk memilih jurusan yang tepat. Berikut ini, beberapa tips untuk membantu kamu yang masih bingung dan belum tahu cara memilih jurusan kuliah.

Pilih jurusan sesuai passion

Ikuti passionmu! (Foto: Pexels/Free-Photos)

Passion berperan penting dalam menentukan jurusan apa yang sesuai denganmu. Pelajaran yang disukai saat sekolah, dapat menjadi dasar untuk menentukan kira-kira apa jurusan yang sesuai dan bisa kamu geluti. Misalnya, apabila di sekolah kamu suka dengan pelajaran IPA dan aneka pelajaran berhitung, mungkin kamu dapat memilih jurusan teknik, ilmu komputer, matematika, fisika, bioteknologi, pertanian dan jurusan lain yang sesuai. Tetapi apabila kamu lebih menyukai pelajaran yang berhubungan dengan sosial, kamu dapat memilih jurusan komunikasi, sosiologi, filsafat, sejarah dan jurusan lain yang mendukung passion kamu.

Jurusan yang membantu mencapai cita-cita

Pertimbangkan jenjang kariermu di masa depan (Foto: Unsplash/@anikolleshi)

Nah, cita-cita juga menjadi salah satu alasan kuat kamu untuk memilih jurusan yang tepat. Jika dahulu kamu memiliki cita-cita untuk menjadi seorang duta besar atau diplomat yang mewakili negara Indonesia, kamu dapat memilih jurusan hubungan internasional. Apabila kamu bercita-cita membuat obat yang dapat menyembukan penyakit, kamu dapat memilih jurusan farmasi. Cita-cita dapat menjadi motivasi diri untuk memilih jurusan kuliah yang tepat agar geliat kehidupan kampus dapat kamu nikmati setiap harinya tanpa beban berat.

Baca juga : Ini 6 Hal Yang Akan Terjadi Kalau Pengangguran Digaji

Pilihan jurusan yang sesuai kepribadian dan potensi

Tidak ada salahnya mempertimbangkan bakat dan potensimu (Foto: Unsplash/@talescrow)

Apa sih hubungan kepribadian yang dimiliki dengan pilihan jurusan yang sesuai? Ya, dengan mengetahui kepribadian masing-masing, pemilihan jurusan kuliah yang tepat akan menjadi lebih mudah. Misalnya, kamu adalah tipe orang yang terorganisir, mungkin kamu bisa memilih jurusan manajemen.

Lalu bagaimana dengan hubungan potensi yang dimiliki dan jurusan kuliah yang tepat? Misalnya, kamu memiliki potensi pada bidang menggambar, maka jurusan seni rupa dapat menjadi salah satu pertimbangan kamu untuk memilih jurusan kuliah. Memilih jurusan kuliah berdasarkan pada potensi yang dimiliki dapat membantu kamu untuk mengembangkan dan mengasah lebih baik potensi yang dimiliki.

Peluang di masa depan

Prospek jurusan untuk jenjang kariermu juga bisa menjadi pertimbangan (Foto: Pexels/Raw Pixel)

Ketika memilih jurusan kuliah, pastikan kamu memiliki gambaran cemerlang yang jelas terkait karir yang akan kamu miliki di masa depan. Misalnya kamu memilih jurusan hukum, maka karier sebagai pengacara, jaksa atau notaris tentu akan cocok. Begitu pula dengan jurusan lain yang akan kamu pilih, pastikan kamu memiliki gambaran tentang karier apa yang akan kamu lakukan di masa depan.

Baca juga : Perempuan, Tidak Perlu Ragu Sekolah Tinggi-tinggi, Ini Alasannya!

Buat perbandingan dari jurusan yang diminati

Buat riset kecil-kecilan tentang plus minus jurusan yang kamu minati (Foto: Unsplash/@cathrynlavery)

Banyaknya pilihan jurusan, tentu tidak sedikit yang membuat kamu merasa tertarik. Lakukan riset kecil melalui internet atau dapat bertanya pada kerabat yang telah mengambil jurusan yang kamu minati. Jika kamu telah menemukan plus minus dari masing-masing jurusan tersebut, maka akan lebih mudah bagimu untuk memilih jurusan kuliah yang tepat.

Nah, semoga beberapa tips dan ulasan cara memilih jurusan kuliah di atas dapat membantu kamu untuk memilih jurusan kuliah yang tepat. Kamu harus mengenal dengan baik jurusan yang akan kamu pilih, karena nantinya kamu akan bergelut dengan jurusan tersebut selama bertahun-tahun. Jurusan yang kamu pilih dan tekuni juga akan memengaruhi karier apa yang kamu miliki di masa depan. Jadi, sudah siapkah kamu untuk menjadi bagian dari generasi #CerdasMemilih yang bijak menetapkan pilihan terbaik untuk hidupmu?

 

ohayo.co.id - JadiBahagia 

Penulis : Maria Santosa
Editor : Fitria Yusrifa

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password