Terungkap, 4 Cara Membuat Pakaian Tetap Awet dan Tidak Mudah Rusak! Apa Saja?

4 Cara Membuat Pakaian Tetap Awet dan Tidak Mudah Rusak

Ohayo.co.id – Pakaian merupakan kebutuhan pokok manusia yang tidak bisa digantikan kedudukannya layaknya makanan dan rumah sebagai tempat tinggal. Karena fungsinya yang sedemikian rupa serta penggunaannya di setiap waktu, membuat pakaian cenderung akan lebih cepat rusak dibandingkan dengan barang-barang yang jarang digunakan di rumah. Oleh karena itu, diperlukan perawatan khusus agar pakaian Anda tetap terawat dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Berikut 4 cara membuat pakaian tetap awet.

4 Cara Membuat Pakaian Tetap Awet dan Tidak Mudah Rusak

1. Tidak Menimbun Pakaian Untuk Waktu Yang Lama 

Tidak Menimbun Pakaian Untuk Waktu Yang Lama - 4 Cara Membuat Pakaian Tetap Awet dan Tidak Mudah Rusak

Biasanya banyak orang menimbun cucian atau baju kotor dalam rentan waktu yang cenderung lama. Alasannya beraneka ragam, mulai dari malas sampai dengan menunggu pakaian kotor tersebut banyak agar tidak bolak-balik mencuci. Namun tahukah Anda, kebiasaan menimbun atau menumpuk pakaian terlalu lama dapat membuat pakaian Anda cepat rusak, karena pakaian kotor tersebut ketika berada dalam bak atau ember tampungan akan mengalami proses biologis. Salah satunya penjamuran pada pakaian yang membuat pakaian akan melapuk dan rusak. Oleh sebab itu, jangan pernah menumpuk cucian dalam kurun waktu yang lama, karena itu akan merusak baju Anda.

2. Tidak Merendam Pakaian Terlalu Lama

Tidak Merendam Pakaian Terlalu Lama - 4 Cara Membuat Pakaian Tetap Awet dan Tidak Mudah Rusak

Merendam baju memang berguna untuk merontokkan kotoran-kotoran yang ada pada pakaian, namun banyak orang juga yang dengan sengaja merendam pakaian dalam waktu yang lama dengan alasan untuk memudahkan dalam mencuci pakaian tersebut. Memang terdengar masuk akal, namun hal ini sebenarnya malah membuat pakaian Anda akan cepat rusak. Hal tersebut disebabkan karena terkadang pewarna yang ada pada pakaian Anda luntur karena terlalu lama direndam dan tak jarang akan mewarnai pakaian yang lain, yang kebetulan dicuci secara bersamaan. Oleh sebab itu, merendam pakaian terlalu lama pada dasarnya akan membuat pakaian Anda cepat rusak. Pada dasarnya waktu yang ideal untuk merendam pakaian adalah 5-15 menit, lebih dari itu beresiko merusak pakaian Anda.

Baca Juga : Ramah Lingkungan, Ini Cara Terbaru Mencuci Pakaian Menumpuk

3. Tidak Terlalu Sering Menggunakan Pemutih Pakaian

Tidak Terlalu Sering Menggunakan Pemutih Pakaian - 4 Cara Membuat Pakaian Tetap Awet dan Tidak Mudah Rusak

Bagi Anda yang memiliki pakaian dengan warna putih, tak jarang Anda sering menggunakan pemutih pakaian untuk menghilangkan noda-noda yang membandel. Hal ini mungkin karena Anda sangat mencintai pakaian tersebut sehingga Anda tidak rela kalau pakaian Anda itu sampai kotor atau rusak sehingga tidak layak lagi untuk digunakan. Faktanya, penggunaan pemutih pada pakaian yang terlalu sering digunakan tak jarang malah membuat pakaian tersebut rusak karena rapuh dan tentunya akan sangat mudah robek.

Hal tersebut terjadi karena serat pakaian yang sering terkena pemutih akan terkikis seratnya sehingga mudah sobek. Jadi bagi Anda yang ingin menggunakan pemutih pakaian untuk memutihkan kembali pakaian Anda, sebaiknya gunakan ketika pakaian Anda benar-benar sudah sangat kusam, atau gunakan pemutih tersebut hanya pada bagian yang ingin Anda bersihkan saja, jadi tidak menyeluruh. Hal ini dilakukan agar pakaian Anda tidak cepat rusak.

4. Tidak Menjemur Pakaian Terlalu Lama

Tidak Menjemur Pakaian Terlalu Lama - 4 Cara Membuat Pakaian Tetap Awet dan Tidak Mudah Rusak

Menjemur pakaian langsung di bawah terik matahari pada dasarnya bertujuan untuk mempercepat proses pengeringan pakaian. Namun, terlalu lama menjemur pakaian juga akan membuat pakaian Anda rusak. Akibat yang dapat ditimbulkan karena terlalu lama menjemur pakaian adalah berubahnya warna pakaian, karena terkena sinar matahari yang terlalu terik. Untuk itu, ketika Anda menjemur pakaian yang secara langsung terkena sinar matahari ceklah secara berkala. Jika memang sudah kering lebih baik angkat pakaian Anda dari jemuran agar pakaian Anda tidak rusak karena terlalu lama berada di bawah sinar matahari.

Baca Juga : Mau Cuci Pakaian Hemat Air? Begini Tipsnya

Itulah 4 cara yang dapat digunakan untuk menjaga pakaian Anda agar tidak cepat rusak atau mudah sobek. Dengan menjaga pakaian Anda dengan baik, Anda sebenarnya telah menolong diri Anda sendiri karena jika pakaian Anda terjaga dengan baik, pengeluaran Anda untuk membeli pakaian baru dapat ditabung untuk membeli kebutuhan yang lain.

Shimizu tipe PS-135 E - 4 Cara Membuat Pakaian Tetap Awet dan Tidak Mudah Rusak

Selanjutnya untuk menjamin ketersediaan air ketika mencuci, Anda bisa menggunakan pompa air yang efisien seperti Shimizu tipe PS-135 E. Tipe ini adalah pompa air yang cocok untuk sumur dangkal. Panjang hisap pompa ini 9 meter dan daya dorong maksimalnya 33 meter. Dengan head 5 meter, suplai air 28 liter didapatkan dalam tempo semenit. Shimizu merupakan pompa air yang mengantongi sertifikat SNI dan teruji kualitasnya, bahkan telah diekspor hingga ke berbagai negara di Asia Tenggara. Shimizu, Bintangnya Pompa Air!

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password