Cara Membuat Kolam Ikan Minimalis yang Sederhana Tapi Cantik

Cara Membuat Kolam Ikan Minimalis yang Sederhana Tapi Cantik - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Ikan merupakan salah satu hewan peliharaan yang banyak dipelihara di rumah. Menikmati pemandangan hilir mudik ikan di dalam memang menyenangkan. Biasanya kolam ikan selalu menjadi pelengkap di halaman rumah, sehingga membuatnya lebih indah. Tidak heran jika informasi mengenai cara membuat kolam ikan minimalis paling banyak diminati oleh para pemilik rumah.

Bentuk kolam ikan ini nampaknya menjadi hal utama yang harus diperhatikan ketika hendak membangunnya. Hal ini agar memudahkan pemilik rumah untuk merawat dan menikmati ikan-ikan kesayangan setiap harinya. Selain itu, budget juga menjadi prioritas utama untuk membangun kolam ikan supaya bisa dibuat sesuai keinginan Anda. Bagi Anda yang tertarik untuk membuat kolam ikan di rumah, berikut ini langkah-langkah yang harus diketahui.

Cara Membuat Kolam Ikan Minimalis Sederhana

1. Alat dan Bahan

Cara Membuat Kolam Ikan Minimalis yang Sederhana Tapi Cantik - Ohayo.co.id

Langkah pertama dalam cara membuat kolam ikan minimalis yaitu mempersiapkan alat dan bahan. Peralatan yang dibutuhkan, misalnya cangkul, meteran, cethok, sekop, waterpass, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk bahan yang dibutuhkan tidak jauh berbeda dengan bahan bangunan pada umumnya, seperti semen, pasir, batu bata, kapur, dan cat dinding. Tanaman air untuk hiasan kolam ikan juga bisa menjadi opsi lain untuk memperindah taman.

Memperhatikan jenis tanah yang akan dibuat kolam ikan juga penting, misalnya tanah pasir, tanah liat, tanah berbatu atau jenis tanah lainnya. Agar menyesuaikan jenis alat dan perlengkapan yang digunakan, Anda bisa membuat sendiri atau menggunakan jasa tukang bangunan untuk proses pembuatan.

2. Ukuran kolam

Cara Membuat Kolam Ikan Minimalis yang Sederhana Tapi Cantik - Ohayo.co.id

Dalam pembuatan kolam ikan ini sebaiknya juga memperhatikan ukuran kolam, yaitu ukuran bisa bervariasi tergantung lokasi yang ada. Kolam dapat dibuat melingkar, persegi, memanjang atau bahkan bentuknya tidak beraturan. Saat pembuatan sebaiknya hindari terbentuknya daerah mati, daerah ini akan sulit mendapatkan aliran air ketika air kolam digerakkan. Pojok-pojok kolam yang memiliki sudut 90 derajat sebaiknya dihindari. Anda dapat mengakalinya dengan meletakkan pancuran air atau tepian miring.

Baca juga : Yuk, Membuat Kolam Renang Cantik di Rumah Minimalis dengan 4 Desain Unik Ini!

3. Dasar Kolam

Cara Membuat Kolam Ikan Minimalis yang Sederhana Tapi Cantik - Ohayo.co.id

Langkah selanjutnya yang harus diperhatikan dalam cara membuat kolam ikan minimalis yaitu dasar kolam. Sebaiknya saat pembuatan dasar kolam dibuat sedikit miring, yaitu bertujuan untuk memudahkan aliran air ketika dilakukan penggantian atau pengurasan. Selain itu, agar kotoran ikan dapat berkumpul di tempat yang lebih rendah dan mudah untuk dibersihkan.

Agar tidak melukai tubuh ikan ketika bergerak di dasar kolam, usahakan agar membuat dasar kolam dengan permukaan halus atau tidak kasar. Saluran pembuangan dalam kolam juga perlu diperhatikan, karena hal tersebut dapat mempengaruhi kesehatan ikan. Anda dapat meletakkan lubang pengeluaran air di dasar kolam untuk melakukan penggantian air kolam secara otomatis dengan sistem air mengalir.

4. Pemilihan Cat Kolam

Pemilihan Cat Kolam - Cara Membuat Kolam Ikan Minimalis yang Sederhana Tapi Cantik - Ohayo.co.id

Supaya kolam ikan menjadi terlihat lebih bagus, maka Anda bisa menggunakan cat warna putih sebagai pilihan. Pengecatan tidak perlu Anda lakukan jika menggunakan lapisan dinding keramik pada kolam. Untuk saluran pemasukan air bisa terbuat dari pipa yang dihubungkan dengan pengisi air, yaitu menggunakan pompa air listrik ketika sedang mengisi air kolam.

Baca juga : Yuk Buat Kolam Ikan Sendiri di Halaman Rumah!

5. Sistem Pengairan

sistem pengairan pancuran air

Sistem dalam pengairan kolam ikan minimalis sangat dibutuhkan guna membuat kolam menjadi lebih sempurna. Dengan sistem pengairan juga bermanfaat terhadap kehidup ikan yang terdapat didalam kolam. Dengan sistem pengairan yang baik, kehidupan ikan menjdai lebih sehat dan bertahan hidup lebih lama.

6. Pemasangan Filter Kolam

Cara Membuat Kolam Ikan Minimalis yang Sederhana Tapi Cantik - Ohayo.co.id

Cara membuat kolam ikan minimalis yang terakhir adalah dengan melakukan pemasangan filter kolam. Anda dapat mengaplikasikan sistem pompa mekanik agar lebih cepat dan mudah digunakan saat menyedot air, lalu masukkan air ke dalam bak yang telah diberi bahan filter. Filter air kolam ini dapat diperoleh dengan mudah di toko ikan. Anda dapat menggunakan filter biologis agar terkesan lebih alami.

Itulah beberapa cara membuat kolam ikan minimalis yang perlu Anda ketahui. Anda dapat mengikut langkah-langkah tersebut supaya proses pembuatan kolam ikan berhasil. Semoga bermanfaat dan menginspirasi ya!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password