Cara Membuat Jamu Beras Kencur Segar dan Menyehatkan

Cara Membuat Jamu Beras Kencur Segar dan Menyehatkan - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Rempah-rempah khas Indonesia diketahui sebagai salah satu hasil sumber daya alam yang luar biasa. Bahkan tak sedikit juga negara lain ingin memiliki Indonesia karena kelebihannya tersebut. Rempah-rempah seperti kunyit, kunir, asam dan lain sebagainya bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan termasuk menjadikan tubuh lebih sehat dan bugar. Karena terbuat dari bahan yang alami tentu cara membuat jamu beras kencur ini sangatlah mudah dan tak membutuhkan waktu lama.

Jamu beras kencur seringkali juga bisa kita temukan di restoran-restoran ternama. Menu minuman khas atau tradisional ini bisa anda gunakan dan konsumsi tiap harinya. Mampu membuat tubuh lebih segar, menghilangkan rasa lelah dan lain sebagainya. Ingin membuatnya? Yuk simak cara dibawah ini.

Cara Membuat Jamu Beras Kencur

Cara Membuat Jamu Beras Kencur Segar dan Menyehatkan - Ohayo.co.id

Tak sedikit yang menyukai jamu beras kencur ini karena diketahui mampu membuat tubuh kita menjadi lebih segar dan mendapatkan manfaat atau efek bagus untuk tubuh. ada rasa pedas rempah kencur yang dicampur dengan rasa khas beras serta ditambah lagi dengan gula batu yang manis dan membuatnya makan segar dan lezat untuk dinikmati. Cara membuat jamu beras kencur ini tidaklah membutuhkan waktu lama.

Bahan:

  • 3 siung kencur
  • Jahe
  • 100 gram beras
  • 1 sdm air asam jawa
  • 5 cm kunyit
  • Gula pasir secukupnya
  • Gula jawa secukupnya

Persiapan:

1. Siapkan beberapa bahan terlebih dahulu yaitu 3 rimpang rempah kencur. Kupas terlebih dahulu kulitnya, cuci hingga bersih dan parut sampai halus.

2. Miliki 1 rimpang jahe dengan kupas kulitnya dan cuci hingga bersih kemudian parut sampai memiliki bentuk yang halus.

3. Siapkan 100 gram beras putih kemudian rendam di dalam air selama kurang lebih 3 jam dan sangrai lalu haluskan. Pastikan anda telah merendamnya dalam air selama kurang lebih 3 jam.

Baca juga : Tips Membuat Jamu Pelangsing Tubuh Sendiri di Rumah

Cara Membuat Jamu Beras Kencur Segar dan Menyehatkan - Ohayo.co.id

4.  Siapkan 1 sdm air asam jawa, 5 cm kunyit dengan mengupas kulitnya, cuci bersih kemudian parut hingga halus.

5. Siapkan gula pasir secukupnya, gula jawa secukupnya dan sisir halus.

6. Siapkan pula air kira-kira 3 gelas besar. Beberapa bahan ini pastikan telah anda lengkapi, barulah kita bisa mengikuti bagaimana cara membuat jamu beras kencur dengan mudah.

Pengolahan:

1. Panaskan terlebih dahulu air hingga mendidih dan rebus kencur, jahe, kunyit, air asam serta gula pasir dan juga gula jawa.

2. Rebus semua bahan tersebut hingga mendidih serta saring air rebusan.

3. Pisahkan terlebih dahulu ampas dengan air yang jernih, masukkan sedikit beras yang sudah anda rendam dan haluskan ke dalam air rebusan.

4. Untuk membuat jamu beras kencur yang memiliki rasa kencur di dalamnya lebih kuat lagi, tambahkan kencur mentah yang sudah dimemarkan ke dalam air rebusan.

5. Aduk hingga rata dan tunggu sampai pati kencur atau beras mengendap di bagian bawah.

6. Sajikan beras kencur selagi masih hangat agar menjadikan tubuh terasa hangat serta lebih nyaman. Bisa juga dengan menambahkan es batu agar terasa menyegarkan.

Baca juga : Inilah 5 Manfaat Jamu Kunyit Asam Sirih untuk Mengobati Berbagai Penyakit

Cara Membuat Jamu Beras Kencur Segar dan Menyehatkan - Ohayo.co.id

Cara membuat jamu beras kencur ini tergolong mudah, cepat dan juga tak membutuhkan peralatan yang ribet. Justru, anda bisa mendapatkan jamu beras kencur yang sehat, nikmat dan juga menyegarkan.

Pastikan anda telah mengikuti beberapa langkah dengan benar dan konsumsi setiap hari jika ingin mendapatkan manfaatnya untuk kesehatan kita. Apabila dirasa resep tersebut tidak sesuai dengan cita rasa yang anda inginkan, anda bisa menambahkan atau mengurangi takaran bahan.

Nikmati jamu beras kencur yang sudah terbukti bagus untuk kesehatan kita. Anda bisa meminumnya dalam keadaan hangat atau memberinya es batu agar terasa menyegarkan. Ikuti cara membuat jamu beras kencur ini dan konsumsi minuman khas tradisional tiap harinya, rasakan manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password