Cara Membuat Baterai HP Awet Kembali Paling Mudah

Ohayo.co.id – Saat dalam kondisi baru, performa semua komponen smartphone pastinya masih dalam keadaan bagus. Misalnya saja baterai, pada masa ini kondisinya masih sangat prima dan awet. Tapi seiring berjalannya waktu, performa baterai akan semakin menurun dan terkadang pula mengalami banyak masalah. Mulai dari masa daya baterai yang semakin menurun, cepat panas, hingga tidak bisa diisi sama sekali. Ketika kondisi seperti ini mungkin sebagian besar dari kalian berfikir untuk menggantinya dengan yang baru.

Tunggu dulu, kondisi baterai yang cepat habis tersebut ternyata bisa dikembalikan seperti semula. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara membuat baterai HP awet kembali dengan mudah. Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Cara Membuat Baterai HP Awet Kembali Paling Mudah

Mengatur kecerahan layar

Cara Membuat Baterai HP Awet Kembali Paling Mudah - Ohayo.co.id

Cara membuat baterai HP awet kembali yang pertama adalah dengan mengatur kecerahan layar. Kamu bisa mengaturnya ke pencahayaan terendah saat gelap dan pencahayaan sedang saat terang. Atau lebih mudahnya dengan menggunakan kecerahan layar otomatis, yang mana layar smartphone akan menurunkan kecerahan dan menaikkannya secara otomatis menyesuaikan cahaya di sekitar. Dengan demikian, baterai smarthone tidak akan terkuras banyak oleh layar.

Kecerahan layar sendiri memang sangat banyak memakan daya baterai. Karena itulah sangat bagus melakukan pengaturan seperti ini.

Mengaktifkan mode hemat daya

Cara Membuat Baterai HP Awet Kembali Paling Mudah - Ohayo.co.id

Beberapa smartphone keluaran baru saat ini umumnya sudah disematkan dengan mode hemat daya. Misalnya saja smartphone dari brand Samsung, ada fitur hemat daya yang bisa ditemukan dengan cara mengusap layar ke bawah.  Mode ini biasanya berdampingan denan fitur lain seperti mode pesawat, ON/Off wifi dan data selular dan lain sebagainya.

Saat mode ini diaktifkan mungkin saja tampilan layar akan mengalami perubahan. Misalnya tampilan yang lebih sederhana, tidak adanya background dan screen saver, ikon yang lebih sederhana dan lain sebagainya. Meskipun demikian fitur ini cukup ampuh untuk menghemat daya baterai.

Baca juga : Agar Tahan Lebih Lama, Ini Tips Merawat Charger Smartphone yang Harus Anda Tahu

Menon-aktifkan sinkronisasi dan lokasi

Cara Membuat Baterai HP Awet Kembali Paling Mudah - Ohayo.co.id

Cara membuat baterai HP awet kembali selanjutnya adalah dengan menon-aktifkan fitur sinkronisasi otomatis. Mengaktifkan fitur ini hanya akan membuat daya baterai terkuras dengan cepat. Sebaliknya jika dinon-aktifkan maka baterai akan lebih awet, namun pengguna tidak bisa mendapatkan notifikasi dari aplikasi dengan cepat.

Selain sinkronisasi, fitur lokasi sebaiknya juga dinon-aktifkan. Selain bisa menguras daya baterai dengan cepat, fitur ini sebenarnya tidak terlalu berguna. Mungkin hanya beberapa aktivitas saja yang memerlukan fitur ini, seperti saat menggunakan Google Maps atau yang lainnya.

Menggunakan charger Original

Cara Membuat Baterai HP Awet Kembali Paling Mudah - Ohayo.co.id

Vendor biasanya sudah melakukan ujicoba untuk baterai dan juga chargenya. Jadi, tidak boleh sembarangan menggunakan charger lain untuk melakukan pengisian daya. Jika dilakukan, hal ini akan berdampak pada masa baterai yang semakin pendek. Lebih baik menggunakan charger original sesuai merek dan tipe smartphone. Jika ingin membeli yang baru, bisa datang langsung ke gerai resmi yang menjual charger original untuk setiap tipe smartphone.

Baca juga : Yuk, Buat PowerBank-mu Jadi Lebih Awet dan Berumur Panjang dengan Tips Ini!

Menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang

Cara Membuat Baterai HP Awet Kembali Paling Mudah - Ohayo.co.id

Inilah hal yang paling banyak menguras daya baterai smartphone. Tidak terlihat namun cukup ampuh membuat baterai cepat habis. Cobalah untuk menghentikan berbagai aplikasi yang sering berjalan di latar belakang. Caranya cukup mudah, bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga misalnya Ccleaner. Selain itu, untuk mencegah aplikasi berjalan di latar belakang adalah dengan menutup secara sempurna aplikasi yang sudah dijalankan. Dengan demikian aplikasi tersebut tidak akan tetap berjalan di latar belakang.

Itulah tadi beberapa cara membuat baterai HP awet kembali yang bisa coba kamu terapkan. Sebaiknya gunakan HP secara bijak, jangan sampai berlebihan biar tidak kecanduan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password