Cara Membersihkan Lidah Bayi yang Benar, Bunda Wajib Tahu!

Cara Membersihkan Lidah Bayi

Ohayo.co.id – Menjaga kesehatan dan kebersihan bayi adalah suatu kewajiban bagi setiap orang tua. Termasuk juga kesehatan mulutnya. Lidah harus dibersihkan secara teratur agar bebas dari bakteri atau kuman. Selain itu, lidah bayi perlu dibersihkan untuk menghindari pembentukan kandidiasis oral atau infeksi jamur di mulut. Tapi membersihkan lidah bayi bukan hal yang mudah, apalagi bagi orang tua baru. Nah, kali ini Ohayo akan memberikan informasi mengenai cara membersihkan lidah bayi yang aman dan benar. Yuk simak penjelasannya.

Cara Membersihkan Lidah Bayi yang Benar

Membersihkan lidah bayi dapat dilakukan melalui berbagai cara, tergantung bahan yang digunakan. Setidaknya ada tiga alat atau bahan yang bisa digunakan, yaitu kasa steril atau kain lembut, sikat gigi silikon khusus untuk bayi, dan cotton bud.

Cara membersihkan lidah bayi menggunakan kasa steril atau kain lembut

Cara Membersihkan Lidah Bayi

  1. Cuci tangan dan jari Anda sampai bersih dengan sabun dan air. Pastikan kuku Anda telah dipotong untuk memastikan tidak ada bagian yang akan melukai area mulut bayi.
  2. Ambil potongan kain kasa atau kain lembut yang sudah disterilkan secukupnya.
  3. Lilitkan kasa steril atau kain lembut tadi di sekitar jari telunjuk Anda dan celupkan ke dalam air hangat.
  4. Letakkan jari di atas bibir bayi untuk membuka mulutnya. Dengan lembut masukkan jari Anda yang sudah terlilit kasa atau kain ke dalam mulut bayi Anda.
  5. Gosok bantalan lidah bayi dengan lembut dan hati-hati dengan gerakan melingkar.
  6. Setelah itu, putar jari Anda dan pijat pipi, gusi, dan gigi bayi dengan lembut.
  7. Untuk kasa steril atau pembersih lidah sekali pakai lainnya, buang pembersih setelah setiap kali digunakan. Jangan pernah mendaur ulang atau menggunakannya lagi untuk keperluan sanitasi. Untuk kain lembut, gunakan hanya kain yang telah disterilkan atau dicuci sepenuhnya untuk menghindari kontaminan.

Cara membersihkan lidah bayi menggunakan sikat gigi silikon khusus bayi

Cara Membersihkan Lidah Bayi

Walaupun bayi yang baru lahir belum memiliki gigi untuk disikat, menggunakan sikat gigi silikon khusus bayi ini dapat digunakan untuk membersihkan lidah bayi dan menghilangkan kandidiasis. Pilihlah sikat gigi silikon yang tidak berfluorida dan yang terlembut. Sikat gigi ini biasanya tersedia di apotek. Untuk metode pembersihannya, ikuti langkah nomor 3 hingga 7 dari cara sebelumnya di atas.

Cara membersihkan lidah bayi menggunakan cotton bud

Cara Membersihkan Lidah Bayi

  1. Cuci tangan Anda terlebih dahulu dengan air dan sabun.
  2. Ambil cotton bud ukuran kecil yang sudah disterilkan dan celupkan ke dalam air hangat.
  3. Pegang cotton bud dengan kuat. Gulingkan cotton bud dengan lembut di lidah bayi Anda. Bersihkan bantalan gusi bagian atas dan juga bawah.
  4. Pastikan untuk tidak memasukkan cotton bud jauh ke dalam mulut, yaitu ujung lidah.
  5. Buang cotton bud setelah setiap kali digunakan dan jangan digunakan lagi.

Bersihkan lidah bayi setidaknya satu kali sehari. Waktu yang ideal untuk membersihkan lidah bayi adalah ketika bayi sedang bermain atau saat ia sedang dalam suasana hati yang bahagia. Namun Anda disarankan untuk tidak membersihkan lidah bayi segera setelah menyusui.

Ada beberapa posisi di mana orang tua dapat membersihkan lidah bayi. Yang paling baik adalah menggendong bayi dengan satu tangan dan membersihkan lidahnya dengan tangan yang lain. Hal ini karena menggendongnya dapat memberikan bayi Anda rasa hangat dan nyaman.

Baca juga : Begini Cara Mudah Mengatasi Bayi Rewel di Malam Hari

Cara Menjaga Kebersihan Lidah Bayi

Cara Membersihkan Lidah Bayi

Lakukan hal-hal berikut untuk menjaga lidah bayi Anda dari kandidiasis oral yang dapat membuatnya rentan terkena berbagai risiko kesehatan.

  1. Jaga lingkungan di sekitarnya tetap bersih termasuk mainan yang sering ia pakai. Mainan harus sering dibersihkan dan disterilkan untuk mencegah munculnya kuman dan bakteri.
  2. Pastikan untuk mensterilkan botol susu dan peralatan makan lainnya segera setelah penggunaan, terutama dot.
  3. Sang ibu harus selalu cuci tangan terutama sebelum menyusui, menyentuh, atau menggendong si bayi.
  4. Orang tua atau pengasuh juga harus mencuci tangan dengan seksama setelah mengganti popok
  5. Batasi konsumsi gula dalam makanan dan minumannya karena gula dapat memicu pertumbuhan jamur yang menyebabkan pembentukan kandidiasis di lidah bayi.
  6. Beri dia air setiap setelah minum atau makan, terutama bagi bayi yang diberi susu formula atau yang baru memulai konsumsi MPASI. Air dapat membantu memecah gula yang berasal dari makanan yang baru saja ia konsumsi.

Baca juga : Bunda Wajib Tahu! Begini Cara Merawat Bayi Baru Lahir Agar Cepat Gemuk

Akibat Tidak Rutin Membersihkan Lidah Bayi

Cara Membersihkan Lidah Bayi

Jika Anda tidak rutin membersihkan lidah bayi, beberapa masalah kesehatan dapat menghampiri bayi Anda. Berikut diantaranya:

  1. Kuman dan bakteri berkembang
    Lidah dan mulut yang tidak bersih dapat menjadi surga bagi kuman dan bakteri penyebab penyakit.
  2. Sistem kekebalan menjadi lemah
    Jamur yang tumbuh subur pada kandidiasis oral dapat melemahkan tingkat bakteri sehat yang sangat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh bayi.
  3. Nafsu makan berkurang
    Karena iritasi, bayi Anda bisa kehilangan nafsu makan dan bisa mengakibatkan kekurangan gizi.
  4. Mempengaruhi indera perasa pada lidah
    Infeksi dapat mengganggu dan memengaruhi indera pengecap bayi Anda yang mengakibatkan penolakan asupan makanan.
  5. Luka di dalam mulut
    Kandidiasis oral pada lidah bayi dapat menyebabkan iritasi pada mulut yang dapat memengaruhi asupan makanan dan laktasi bayi Anda. Hal ini juga dapat menyebabkan perdarahan di mulut karena jaringan di mulut yang melemah.

Jika Anda sudah mengupayakan yang terbaik namun masih muncul masalah pada buah hati Anda, mintalah bantuan profesional dari dokter daripada mengambil risiko yang nantinya dapat membahayakan kesehatan bayi Anda.

Orang tua harus senantiasa menjaga buah hatinya selalu sehat dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan. Karena itu penting bagi setiap orang tua untuk menjaga lidah bayi agar selalu bersih demi mencegah akibat yang tidak diinginkan seperti daftar di atas. Semoga informasi cara membersihkan lidah bayi ini bermanfaat untuk Anda dan kesehatan keluarga Anda.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password