Cara Membeli Saham Online Bagi Pemula, Mudah dan Cepat!

cara membeli saham

Teknologi yang terus bergerak maju semakin memudahkan untuk setiap urusan. Tidak terkecuali juga dalam bidang investasi. Salah satu jenis investasi terbaik yang menguntungkan adalah membeli saham. Karena bantuan teknologi pula saham bisa dibeli secara online. Lalu bagaimana cara membeli saham secara online untuk kamu yang masih pemula?

Pemula bukan berarti menghentikan langkah maju untuk sukses. Dengan belajar, praktek dan banyak membaca, pemula akan menjadi mahir dan terlatih.

Jika kamu masih pemula, jangan minder dan menghentikan impian kamu. Begitu juga dalam dunia investasi saham. Mari terus belajar, praktek dan membaca artikel tentang cara membeli saham online bagi pemula.

Membeli saham secara online tidak sesulit yang dibayangkan. Bahkan prosesnya begitu mudah dan cepat. Membeli dengan cara online juga sangat fleksibel dan tidak menghabiskan waktu yang banyak. Sangat membantu bagi kamu yang memiliki waktu yang sedikit.

Bagi pemula sekalipun membeli saham dengan metode online mudah untuk dilakukan dan diterapkan. Pemula hanya perlu menginstall aplikasi Android maupun iOS yang telah disediakan yang sudah berada di Play Store dan App Store.

Secara detail bagaimana cara membeli saham online dapat Ohayo.co.id jabarkan sebagai berikut.

1. Tentukan sekuritas

memilih sekuritas saham

Ada beberapa istilah yang mempunyai arti sama dengan sekuritas. Ada yang menyebutnya dengan anggota bursa, broker hingga disebut dengan pialang. Apapun sebutannya, sekuritas merupakan perantara investor dengan pasar modal.

Di Indonesia sendiri, terdapat perusahan sekuritas yang resmi dan terdaftar dengan jumlah kurang lebih sekitar 106 perusahaan. Data perusahaan sekuritas di Indonesia ini sesuai dengan yang dipublikasikan oleh IDX. IDX sendiri merupakan website resmi Bursa Efek Indonesia.

Meskipun telah terdaftar secara resmi di Bursa Efek Indonesia, banyak sekuritas yang belum menerapkan sistem online. Seperti yang kami rangkum dari berbagai sumber, hanya ada beberapa perusahaan yang memberlakukan jual beli saham secara online. Bahkan mereka telah menyediakan aplikasi smartphone untuk mempermudah berinvestasi.

Adapun broker saham tersebut antara lain adalah Mirae Asset Sekuritas dengan aplikasi yang diberi nama HOTS. Pemberian nama IPOT dilakukan oleh Indo Premier Sekuritas untuk aplikasinya. MNC Trade New untuk MNC Sekuritas dan Phillip Sekuritas memberi nama pada aplikasinya dengan POEMPS.

Sebelum mendaftar dengan membuka rekening saham, tentukanlah sekuritas mana yang akan kamu pilih. Beberapa faktor pemilihan sekuritas meliputi hal-hal berikut ini:

Nominal deposit, setiap broker mempunyai kebijakan masing-masing. Karena pemula dan masih belajar, pilihlah sekuritas yang memberikan kebijakan minimal deposit paling kecil.

Aplikasi yang user friendly, artinya memudahkan dalam pengoperasian dan tidak membuat pengguna bingung dengan istilah-istilah asing.

Respon admin, bagaimana respon admin ketika terdapat pertanyaan. Apakah merespon dengan cepat atau sebaliknya.

Fitur yang komplit, fitur yang menunjang dalam berinvestasi saham seperti data saham dan perbandingan dengan saham perusahaan lain.

Edukasi, bagi pemula tentu membutuhkan edukasi lebih lanjut. Pastikan pialang tersebut mempunyai program mengedukasi usernya secara berkala.

2. Membuka rekening saham

membuka rekening saham

Hampir sama dengan cara membuka tabungan di Bank yang membutuhkan rekening. Saat membuka rekening saham juga membutuhkan dokumen seperti KTP dan NPWP. Selain dokumen, mengisi formulir dan telah ditandatangani juga merupakan proses dalam membuka rekening saham.

Setelah pengisian formulir dengan lengkap dan ditandatangani, kamu diharuskan mengirim keseluruhan berkas (formulir dan dokumen) ke kantor pusat perusahaan sekuritas. Tunggu hingga kurang lebih 6 hari kerja untuk memperoleh jawaban dan akun siap digunakan.

3. Install Aplikasi

install aplikasi

Selama masa menunggu jawaban, silahkan download dan install aplikasi yang nantinya dipergunakan untuk bertransaksi membeli saham. Kamu bisa mencoba-coba mengenal fitur-fitur didalam aplikasi dan memahami kosakata yang sedikit asing bagi pemula.

4. Transfer dana ke rekening sekuritas

transfer dana

Setelah memperoleh jawaban dan akun rekening telah aktif, langkah selanjutnya adalah mengirim sejumlah uang yang nantinya dipergunakan untuk membeli saham.

Beberapa perusahaan memberlakukan kebijakan yang berbeda. Ada yang mengharuskan minimal top up awal senilai 5 juta. Namun ada juga yang 100 ribu Rupiah untuk memulai berinvestasi saham.

Apabila setoran telah dilakukan dan berhasil, kamu sudah bisa mulai untuk membeli saham.

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan dengan Gaji 3 Juta, Dijamin Bisa Menabung!

5. Memilih saham terbaik

memilih saham

Pemilihan saham bertumpu pada tujuan masing-masing individu. Ada yang bertujuan untuk berinvestasi jangka pendek atau jangka panjang. Apabila tujuannya untuk jangka pendek, keahlian dalam menganalisa saham sangat dibutuhkan. Mulai dari analisa fundamental hingga analisa vertikal.

Berbeda dengan jangka panjang yang hanya sedikit membutuhkan keahlian. Salah satunya dari pakar saham yang menyarankan untuk membeli saham blue chip.

Saham blue chip merupakan saham yang dimiliki oleh perusahan yang mempunyai pondasi keuangan yang kokoh. Dimana setiap 6 bulan sekali di audit keuangan dan kinerja perusahaan sehingga masuk dalam index LQ45.

Sebagai pemula, kamu tidak perlu pusing-pusing menentukan saham perusahaan mana yang masuk ke dalam index LQ45. Karena BEI telah memberikan daftar index LQ45 secara gamplang dan kongkrit.

Baca juga: Cara Investasi Tabungan Emas di Pegadaian yang Tak Bakal Rugi

6. Membeli saham

cara membeli saham

Pembukaan bursa saham dilakukan setiap hari kerja yaitu dimulai hari senin hingga hari jumat. Sedangkan untuk hari sabtu dan hari minggu bursa saham tutup.

Jam 09.00 hingga 12.00 siang merupakan sesi pertama setiap harinya bagi yang ingin membeli saham. Sedangkan sesi keduanya dibuka pada jam 13.30 hingga jam 16.15 sore.

Pengecualian untuk hari jumat yang dibuka pukul 09.00 hingga 11.00 untuk sesi pertama dan 14.00 hingga 16.15 untuk sesi kedua.

Setelah menentukan saham yang mau dibeli, silahkan membuka aplikasi dan disitu akan tertera harga saham perlembarnya. Sedangkan untuk minimal pembelian saham berjumlah 1 lot atau 100 lembar.

Lakukan proses pembelian dengan cara mengklik buy. Notifikasi dari perusahaan mengenai saham yang telah kamu beli dan menjadi hak milik akan kamu terima.

Baca juga: 10 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 2 Juta

7. Menjual saham

cara membeli dan menjual saham

Menjual saham pun semudah saat membeli saham. Tentu perhitungan yang harus dilakukan adalah saham yang sudah memberikan keuntungan.

Pilih saja saham yang dirasa sudah memberikan keuntungan untuk dijual lalu klik sell. Istilah proses ini dalam dunia investasi saham yaitu Profit Taking.

Hasil penjualan dan keuntungan dari saham nantinya akan masuk dalam rekening saham. Deposit dalam rekening dapat dipergunakan untuk membeli saham kembali atau kamu withdraw (transfer ke rekening tabungan).

Kesimpulan

Cara membeli saham tidak serumit yang dibayangkan. Cukup dilakukan secara online melalui handphone. Mempermudah untuk para nasabah saham yang profesional maupun kamu yang masih pemula dalam bidang ini.

Dengan membeli saham kamu bisa berinvestasi dan menabung uang hasil jerih payah selama bekerja atau keuntungan dari membuka usaha. Sehingga uang yang kamu miliki akan semakin bertambah.

Sekian panduan cara membeli saham online bagi pemula. Harapannya kamu tidak bingung lagi untuk memulai berinvestasi di saham. Selamat berinvestasi saham.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password