Cara Memakai Softlens yang Benar Agar Tidak Terjadi Iritasi

Cara Memakai Softlens yang Benar Agar Tidak Terjadi Iritasi - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Tidak semua orang bisa percaya diri menggunakan kacamata. Meski sekarang fungsi kacamata tidak hanya untuk membantu penglihatan seperti minus dan plus. Namun, kacamata memiliki desain dan juga bentuk yang beragam sehingga membuat tampilannya lebih modis. Jika anda akan menghadiri acara-acara penting yang tak cocok dalam penggunaan kacamata tentu solusi tepat adalah menggunakan lensa kontak. Ingin mencoba? Yuk ketahui dulu bagaimana cara memakai softlens yang benar demi kesehatan mata kita.

Lensa kontak adalah benda penolong saat kita tidak percaya diri menggunakan kacamata. Namun, tak baik juga jika menggunakannya selama berhari-hari atau bahkan digunakan saat tertidur. Lalu bagaimana penggunaan lensa kontak yang benar? Agar aman dan tak merusak kesehatan mata, cek tips dibawah ini!

Cara Memakai Softlens yang Benar

1. Bersihkan Tangan

Cara Memakai Softlens yang Benar Agar Tidak Terjadi Iritasi - Ohayo.co.id

Cara memakai softlens yang benar diawali dengan membersihkan tangan terlebih dahulu. Mengapa? Jika tangan dalam keadaan kotor maka bakteri atau kuman, debu dan kotoran yang ada di tangan akan berpindah ke lensa kontak yang hendak kita pakai. Apabila hal ini terjadi maka bisa berbahaya bagi kesehatan mata kita. Terjadi iritasi, infeksi dan permasalahan mata lainnya. Pastikan terlebih dahulu bahwa kondisi tangan anda sudah bersih dari kuman dengan mencucinya menggunakan sabun antiseptik dan keringkan.

2. Ambil Lensa Kontak Secara Perlahan

Cara Memakai Softlens yang Benar Agar Tidak Terjadi Iritasi - Ohayo.co.id

Ambil softlens yang sudah disiapkan dari tempatnya. Ambil secara berhati-hati mengingat lensa kontak ini tipis dan kecil. Letakkan di bagian ujung telunjuk tangan anda dan gunakan telunjuk tangan kanan. Hal ini untuk mempermudah memasangkan softlens terutama bagi pemula begitu juga sebaliknya. Apabila kesulitan, gunakan capit kecil yang disediakan untuk mengambil softlens dan letakkan di tangan.

Baca juga : 7 Cara Merawat Softlens yang Jarang Dipakai Agar Tetap Steril

3. Gunakan Satu Tangan

Cara Memakai Softlens yang Benar Agar Tidak Terjadi Iritasi - Ohayo.co.id

Gunakan satu tangan saja untuk memegang softlens dan tangan lainnya untuk mengangkat bagian atas kelopak mata. Cara memakai softlens yang benar ini jarang diketahui oleh pemula. Tentu mereka akan kesulitan memasangnya dengan benar. Saat akan memakainya, lihat ke atas dan letakkan softlens dengan lembut pada bola mata anda.

4. Usap Lembut Kelopak Mata

Cara Memakai Softlens yang Benar Agar Tidak Terjadi Iritasi - Ohayo.co.id

Gunakan softlens dengan berhati-hati dan tak perlu terburu-buru. Sebab jika anda menggunakan gerakan-gerakan kasar tentu hanya akan membuat mata menjadi sakit dan pemasangan softlens tidak akan berhasil dengan baik. Cara memakai softlens yang benar adalah mengusap lembut kelopak mata dan tutup mata selama beberapa detik. Pastikan bahwa langkah-langkah sebelumnya sudah anda lakukan dengan baik terutama bagian membersihkan tangan di awal.

Baca juga : Cara Memakai Softlens yang Benar Bagi Pemula Agar Tidak Terjadi Iritasi

5. Pentingnya Mengedipkan Mata

Cara Memakai Softlens yang Benar Agar Tidak Terjadi Iritasi - Ohayo.co.id

Softlens sudah terpasang? Cara memakai softlens berikutnya adalah mengedipkan mata secara perlahan sebanyak 5 kali. Hal ini berfungsi menjaga lensa kontak yang ada di bola mata kita tetap pada tempatnya dan tidak mudah bergeser. Cara ini terbilang mudah tetapi juga penting untuk diperhatikan.

Sebaiknya tidak mengacuhkan kebersihan tangan, kebersihan tempat penyimpanan softlens hingga bagaimana pemasangannya pada mata kita. Dengan tips ini, tampil cantik tanpa kacamata bisa terwujud. Lepaskan lensa kontak jika tidak digunakan dan hindari pemakaian saat tertidur. Meski mempercantik pemakaian tetapi penggunaan yang berlebihan tidaklah baik untuk mata kita.

Yuk perhatikan dengan baik langkah atau cara memakai softlens yang benar ini. Jaga kesehatan mata dengan mengonsumsi vitamin yang dibutuhkan. Istirahatkan mata dari layar laptop, gadget dan cahaya-cahaya elektronik. Bila perlu, gunakan masker mata untuk menjadikannya lebih sehat.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password