10 Cara Melemaskan Rambut Pria yang Kaku Secara Alami dan Aman

5 Cara Melemaskan Rambut Kaku Pria Secara Alami dan Aman - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Memiliki rambut halus, tidak kaku dan mudah diatur mungkin menjadi dambaan setiap orang. Namun bagi seorang pria hal tersebut tentunya menjadi masalah, hal ini dikarenakan volume rambut pria yang lebih tebal dibandingkan wanita. Selain masalah tersebut rambut kaku akan membuat penampilan kurang menarik. Ditambah lagi dengan susahnya mencari model potongan rambut pendek pria terbaik untuk menunjang penampilan.

Namun, saat ini kaum pria tidak perlu khawatir akan masalah tersebut. Mengapa? Karena saat ini juga sudah banyak cara melemaskan rambut pria yang kaku secara alami dan aman sehingga membuat rambut akan mudah sekali diatur. Yuk simak cara melemaskan rambut pria secara alami dan aman berikut ini.

10 Cara Melemaskan Rambut Pria yang Kaku Secara Alami dan Aman

1. Menggunakan shampo dan kondisioner yang cocok

10 Cara Melemaskan Rambut Kaku Pria Secara Alami dan Aman - Ohayo.co.id

Cara melemaskan rambut kaku pria yang pertama yaitu dengan menggunakan shampoo dan kondisioner yang cocok. Terkadang penyebab rambut kaku dan sulit diatur yaitu penggunaan shampoo dan kondisioner yang tidak cocok. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya ketika pertama kali mencobanya, lebih baik membeli dalam ukuran kecil atau sachet.

Penggunana shampoo dan kondisioner yang cocok juga harus memperhatikan kandungan di dalamnya. Contohnya shampoo yang mengandung sulfat (biasanya di dalam sulfat terdapat kandungan minyak zaitun, almond dan minyak kelapa) akan menambah tingkat kaku dan kering pada rambut. Penggunaan kondisioner dalam hal ini berguna untuk membuat rambut menjadi lembut sehingga akan mudah sekali diatur.

2. Menggunakan susu

10 Cara Melemaskan Rambut Kaku Pria Secara Alami dan Aman - Ohayo.co.id

Menggunakan susu dapat dijadikan sebagai cara melemaskan rambut pria yang kaku. Susu selain memberikan manfaat untuk kesehatan dan tubuh, ternyata juga mampu menjaga nutrisi kesehatan rambut agar tidak terlihat kaku, kering dan susah di atur. Penggunaan susu dalam hal ini sebaiknya menggunakan susu cair atau susu murni sehingga hasilnya akan terlihat lebih maksimal jika dibandingkan dengan penggunaan susu bubuk. Penggunaan cara ini dilakukan dengan menyemprotkan susu pada rambut, diamkan hingga kering kurang lebih 1 hingga 1,5 jam kemudian bilas sampai bersih.

Baca juga : 7 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya Secara Alami yang Ampuh

3. Menggunakan lidah buaya

10 Cara Melemaskan Rambut Kaku Pria Secara Alami dan Aman - Ohayo.co.id

Lidah buaya tentunya sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia yang khasiatnya sudah terbutki menjaga kesehatan dan melemaskan rambut. Kandungan gel yang terdapat pada lidah buaya sama dengan komposisi yang terdapat pada keratin. Keratin yaitu protein yang membantu proses dalam pertumbuhan dan pembesaran rambut. Cara melemaskan rambut kaku pria dengan menggunakan lidah buaya ini didukung oleh kandungan enzim pada lidah buaya sehingga mampu menjaga kesehatan dan kelembutan rambut.

4. Menggunakan jeruk nipis

10 Cara Melemaskan Rambut Kaku Pria Secara Alami dan Aman - Ohayo.co.id

Jeruk nipis dalam hal ini dianggap sebagai cara melemaskan rambut pria yang kaku secara alami dan aman. Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis dapat menutrisi rambut kering dan kaku yang susah di atur. Cara menggunakan jeruk nipis untuk mengurangi rambut kaku yaitu dengan mengoleskan pada kulit kelapa, tunggu 30 menit hingga kering dan nutrisi jeruk nipis diserap oleh rambut kemudian bilas menggunakan air hingga bersih.

5. Menggunakan daun seledri

10 Cara Melemaskan Rambut Kaku Pria Secara Alami dan Aman - Ohayo.co.id

Cara melemaskan rambut kaku pria secara alami dan aman yaitu dengan menggunakan daun seledri. Khasiat dari penggunaan seledri ini yaitu membuat rambut menjadi berkilau, lebih lebat serta dapat mengurangi rasa kaku pada rambut sehingga akan mudah sekali di atur. Penggunaan cara ini sudah dilakukan dari zaman nenek moyang dahulu, caranya yaitu dengan menghancurkan daun seledri hingga halus kemudian balurkan pada rambut, pijat-pijat kulit kepala agar nutrisi daun seledri dapat menyerap secara merata, diamkan hingga kering kemudian bilas hingga bersih.

Baca juga : 5 Penyebab Rambut Berminyak Meski Sudah Keramas

6. Menggunakan santan kelapa

santan kelapa - Ohayo.co.id

Selain susu, santan ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk melemaskan rambut. Kandungan lemak nabati yang dimiliki santan dapat memberikan nutrisi kepada rambut Anda yang kering dan mampu melembutkan rambut. Perawatan rambut kaku dengan santan kelapa ini juga cukup mudah. Anda hanya perlu menyiramkan santan kelapa secara merata pada rambut Anda, kemudian pijat-pijat lembut seperti saat keramas. Diamkan hingga 1 jam, kemudian bilas sampai bersih dan gunakan shampoo.

Yang perlu Anda ingat, gunakan santan alami dari perasan kelapa asli, bukan dari santan kemasan instan. Pilih kelapa yang tua agar mendapatkan cairan santan yang lebih kental.

7. Menggunakan pisang

pisang - 10 Cara Melemaskan Rambut Pria yang Kaku Secara Alami dan Aman - Ohayo.co.id

Pisang sering kali diolah menjadi berbagai makanan yang enak. Namun siapa sangka pisang juga memiliki khasiat yang baik bagi rambut, terutama untuk melemaskan rambut yang kaku. Berbagai kandungan vitamin dan minyak alami pada pisang dipercaya mampu membantu melembabkan dan merawat rambut yang rusak.

Cara melemaskan rambut pria dengan pisang ini juga sangat mudah. Pilih pisang yang sudah terlalu matang atau yang masih segar. Lumatkan pisang tersebut, kemudian oleskan pada rambut Anda secara merata. Diamkan selama 30 hingga 40 menit. Jika sudah, bilas bilas sampai bersih dan gunakan shampoo.

8. Menggunakan minyak zaitun

minyak zaitun - Ohayo.co.id

Khasiat minyak zaitun memang tidak diragukan lagi dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan atau kecantikan tubuh. Untuk mengatasi rambut kering pada pria minyak zaitun ini juga dapat diandalkan. Cara menggunakan minyak zaitun untuk mengatasi rambut kaku yaitu dengan mengoleskannya secara merata pada rambut, dan berikan pijatan lembut agar minyak cepat meresap. Diamkan selama 30 hingga 40 menit, kemudian bilas hingga bersih menggunakan shampoo.

Baca juga : Inspirasi 7 Gaya Rambut Pria Terkini 2019 yang Perlu Anda Coba!

9. Jangan terlalu sering keramas

keramas - 10 Cara Melemaskan Rambut Pria yang Kaku Secara Alami dan Aman - Ohayo.co.id

Agar kebersihan dan kesehatan rambut terjaga, kita memang perlu rajin keramas. Namun bukan berarti keramas ini boleh dilakukan terlalu sering, lho! Sebab terlalu sering keramas akan menyebabkan rambut kehilangan kelembaban alaminya, sehingga rambut bisa menjadi kering dan kaku, kemudian lama-lama akan rusak. Maka dari itu, Anda harus menjaga frekuensi keramas agar tidak muncul masalah rambut kaku.

10. Jangan gunakan hair dryer dan catok rambut

hair dryer dan catok - Ohayo.co.id

Cara melemaskan rambut pria yang kaku berikutnya yaitu dengan menghentikan penggunaan hair dryer dan catok rambut yang mungkin sering Anda lakukan. Panas yang diberikan hair dryer dan catok rambut dapat merusak rambut, sehingga membuat rambut Anda menjadi tampak kering dan kaku. Saat mengeringkan rambut, gunakan handuk agar kesehatan rambut tetap terjaga.

Itu tadi 10 cara melemaskan rambut pria yang kaku secara alami dan aman. Bahan-bahan seperti susu, lidah buaya, jeruk nipis dan daun seledri  merupakan bahan alami sehingga aman ketika digunakan.

Selain itu, bahan tersebut tentunya sangat mudah ditemui dan di dapat dengan harga terjangkau. Sebaiknya untuk menghindari rambut kaku yaitu kurangi paparan sinar matahari secara langsung. Sangat mudah untuk dilakukan bukan? selamat mencoba!

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password