Mudah! Begini Cara Bayar Pajak Motor Lewat ATM

Mudah! Begini Cara Bayar Pajak Motor Lewat ATM - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Warga negara Indonesia tidak hanya bisa menggunakan motor pribadi untuk beraktivitas sehari-hari. Tetapi untuk menjadi warga negara yang baik, tentu kita wajib membayar pajak kendaraan pribadi yang sudah diatur oleh undang-undang. Besarannya bisa kita bayarkan tiap tahun yang mana melalui kantor pajak atau membayar melalui ATM. Cara bayar pajak motor lewat ATM juga dirasa lebih mudah untuk membantu kita melakukan pembayaran pajak tepat waktu.

Membayar pajak sudah pasti harus dilakukan yang mana nanti hasilnya adalah berupa perbaikan jalan dan kepentingan umum lainnya. Sementara untuk besaran pajak motor sendiri memang berbeda-beda melihat berapa cc dan juga jenis motornya. Jika anda ingin lebih ringkas dengan membayar melalui ATM, berikut cara yang bisa anda gunakan.

Cara Bayar Pajak Motor Lewat ATM

Mudah! Begini Cara Bayar Pajak Motor Lewat ATM - Ohayo.co.id

Membayar pajak lewat ATM memang akan memudahkan kita untuk transaksinya. Mereka yang memiliki kendaraan bermotor tentu harus ikut patuh membayar pajak di kenainya. Jika tak ada waktu untuk datang langsung ke kantor pajak, anda bisa membayarnya dengan ATM. Mudah dan menguntungkan dari segi waktu dan tenaga.

Ketahui bagaimana cara melakukan pembayaran tersebut dengan mudah yakni melalui ATM. Berikut langkah-langkah yang bisa anda lakukan. Mulai dari mengirim sms kode pembayaran hingga menyimpan struk pembayaran. Berikut langkah-langkahnya:

Kirim sms terlebih dahulu dengan format samsat(spasi)nomor rangka kendaraan(spasi) nomor KTP pemilik kendaraan. Jika sudah anda kirim dengan benar, anda akan mendapatkan balasan 2 SMS yakni terkait rincian pembayaran pajak kendaraan dan juga informasi tentang kendaraan yang anda miliki. Untuk sms pertama, anda akan menerima kode berupa 16 digit angka yang digunakan untuk melengkapi cara bayar pajak motor lewat ATM ini.

Baca juga : Cara Tepat Mengenali BPKB Kendaraan yang Asli Wajib Anda Tahu

Mudah! Begini Cara Bayar Pajak Motor Lewat ATM - Ohayo.co.id

Jika sudah mendapatkan sms dan kode tersebut, anda bisa pergi ke ATM sesuai dengan bank masing-masing yang anda miliki. Pilih bank yang anda gunakan dan lakukan cara berikutnya. Masukkan kartu ATM ke dalam mesin seperti biasanya dengan memasukkan pula kata sandi anda. Pilih menu pembayaran, menu MPN/ Pajak, menu pajak kendaraan dan masukkan kode provinsi yang anda singgahi. Seperti untuk kode provinsi Jawa Barat adalah 032.

Setelah anda masukkan kode tersebut, masukkan pula kode pembayaran yang sebelumnya sudah anda terima melalui sms. Jika layar sudah menampilkan informasi detail tentang pajak kendaraan, masukkan nomor PIN. Di menu utama, pilih menu PEMBAYARAN, pilih menu PAJAK, LAINNYA dan E-SAMSAT. Barulah anda bisa memasukkan kode 30004 yang merupakan kode untuk intuisi Jawa Barat. Setelah itu, anda bisa memasukkan kode pembayaran yang anda terima sebelumnya melalui SMS.

Jika layar sudah menampilkan informasi detail mengenai pajak kendaraan tersebut, pilih OK. Anda telah berhasil menggunakan cara bayar pajak motor lewat ATM. Simpan struk yang keluar sebagai bukti pembayaran anda yang sah. Bisa juga anda fotocopy atau foto struk tersebut untuk mengantisipasi jika suatu hari nanti malah hilang atau tidak diketemukan.

Baca juga : Tips Mudah Cek Pajak Kendaraan yang Bisa Anda Coba

Mudah! Begini Cara Bayar Pajak Motor Lewat ATM - Ohayo.co.id

Cara bayar pajak motor lewat ATM ini tergolong mudah. Anda bisa mengunjungi ATM terdekat dan tidak perlu mengantri di samsat. Tidak hanya itu, pembayaran pajak motor juga bisa lebih terpercaya. Pastikan anda membayar tepat waktu agar tidak terkena sanksi atau denda di kemudian hari saat membayarnya.

Simpan dan gunakan cara bayar pajak motor lewat ATM ini. Ikuti langkah-langkah yang sudah tersedia dengan baik dan benar. Apabila dirasa kesulitan, anda bisa mendatangi samsat langsung dan bertanya kepada petugas. Hindari meminta pertolongan pada orang lain ketika ada di ATM karena dikhawatirkan memicu tindak kejahatan.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password