Cara Aman Berkendara Saat Musim Penghujan

Cara Aman Berkendara Saat Musim Penghujan

Ohayo.co.id – Hemmm… sepertinya memang benar sekali jika cuaca seringkali jadi faktor utama penyebab terjadinya kecelakaan. Tidak terkecuali hujan yang sebabkan jalanan jadi lebih licin dan tergenang. Sehingga akan sangat membahayakan pada saat berkendara. Untuk itulah pada artikel kali kami akan bagikan beberapa cara aman berkendara saat musim penghujan, agar berkendara lebih aman lagi nyaman.

Cara Aman Berkendara Saat Musim Penghujan

1. Periksa lebih dulu semua lampu kendaran

Apa semua bisa berfungsi dengan baik. Supaya lampu tersebut berguna untuk membantu Anda dalam melihat jarak pandang yang terbatas karena hujan. Silahkan Anda nyalakan lampu utama walaupun siang hari dan hujan rintik – rintik sebab ini juga akan membantu pengendara lain untuk melihat kendaraan Anda.

2. Periksa lebih dulu kondisi tekanan udara dalam ban

Selain itu, penting sekali bagi Anda untuk memeriksa terlebih dulu kondisi tekanan udara dan kedalaman alur ban minimal seminggu sekali. Kondisi tekanan ban yang baik serta alur ban yang baik nantinya akan hindarkan kendaraan Anda melayang di atas air serta tergelincir pada saat turun hujan. Jangan ambil resiko dengan memakai ban yang sudah tipis dan tak layak pakai.

3. Periksa lebih dulu kondisi kontrol utama pada komponen kendaraan

Periksa kemudi, pedal rem, gas, dan kopling, apa sudah dalam kondisi baik dan bila perlu berikan perawatan ekstra selama musim penghujan. Ini bertujuan untuk antisipasi keadaan darurat atau pun akibat kesalahan orang lain yang bisa sebabkan kecelakaan.

4. Gunakan alas kaki yang tak licin

Anda juga perlu menggunakan alas kaki yang tak licin, tahan air, dan aman untuk berkendara saat musim penghujan. Selain itu siapkan juga jas hujan berbentuk baju dan celana. Sebab jas hujan yang seperti ini jauh lebih aman bila dibandingkan yang berbentuk ponco.

5. Mengurangi kecepatan dalam berkendara

Penting juga untuk mengurangi kecepatan dalam berkendara sebab pada saat musim penghujan permukaan jalan jadi lebih licin akibat bercampurnya oli dan air supaya ban Anda tidak mudah tergelincir. Mengemudikan kendaraan dalam kondisi pelan atau kecepatan yang rendah ini akan menjadikan alur ban kendaraan lebih banyak bersentuhan secara langsung dengan aspal serta menjadikan daya cengkraman ban lebih baik lagi.

Demikianlah cara aman berkendara saat musim penghujan yang harus Anda tahu. Selalu utamakan keselamatan Anda dalam berkendara agar Anda selama sampai tujuan.

Baca Juga : 6 Tips Memilih Ban Motor yang Cocok untuk Musim Hujan

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password