5 Jurus Ampuh Ini Buat Konsumen Kembali Kepada Anda

5 Cara Agar Konsumen Mau Kembali Kepada Anda

Ohayo.co.id – Konsumen adalah unsur penting dalam setiap bisnis. Pasalnya konsumen lah yang menentukan sebuah bisnis akan bertahan atau tidak. Bisnis akan bertahan jika konsumen kembali kepada Anda untuk membeli barang atau menggunakan jasa. Sebaliknya, bisnis tidak akan bertahan jika konsumen tidak membeli barang atau menggunakan jasanya lagi. Hal itu berlaku pada semua bisnis, termasuk bisnis agen perjalanan.

Berikut adalah cara agar konsumen mau kembali kepada Anda untuk membeli barang atau menggunakan jasa bisnis Anda, seperti dirangkum dari laman majalah bisnis terkemuka, Forbes.

5 Cara Agar Konsumen Mau Kembali Kepada Anda

1. Jaga Reputasi Bisnis Anda

Jaga Reputasi Bisnis Anda - 5 Cara Agar Konsumen Mau Kembali Kepada Anda

Konsumen pada dasarnya akan berbelanja pada bisnis yang memiliki reputasi baik. Pasalnya, reputasi yang baik bisa meyakinkan konsumen akan mendapatkan barang atau jasa yang baik pula. Maka dari itu, jaga  reputasi bisnis Anda, supaya konsumen kembali kepada Anda.

Jika bisnis Anda adalah agen perjalanan, maka jagalah reputasi bisnis Anda dengan cara mempertahankan kualitas layanan terbaik. Hal itu akan membuat konsumen puas, dan kembali kepada Anda.

2. Buat Konsumen Anda Merasa Spesial

Buat Konsumen Anda Merasa Spesial - 5 Cara Agar Konsumen Mau Kembali Kepada Anda

Pengalaman berbelanja yang baik juga merupakan hal yang bisa membuat konsumen kembali membeli barang atau menggunakan jasa dari bisnis Anda. Berikan pengalaman berbelanja yang baik kepada konsumen dengan cara membuat mereka merasa spesial. Dengan cara seperti itu, konsumen akan memilih membeli barang atau menggunakan jasa dari bisnis Anda meski barang dan jasa tersebut bisa mereka dapatkan dari tempat lain.

Dalam hal agen perjalanan, konsumen akan merasa spesial jika diberikan pelayanan yang baik. Mereka tidak hanya diminta untuk membeli tiket pesawat atau akomodasi yang ditawarkan tetapi juga didampingi untuk mendapatkan yang sesuai dengan kebutuhan dengan harga terbaik.

Baca Juga : 4 Cara Berikut Sangat Tepat untuk Mempromosikan Usaha Travel Anda, Apa Saja?

3. Ketahui Motivasi Konsumen

Ketahui Motivasi Konsumen - 5 Cara Agar Konsumen Mau Kembali Kepada Anda

Anda mesti tahu apa yang membuat konsumen kembali kepada Anda untuk membeli barang atau menggunakan jasa dari bisnis Anda. Motivasi konsumen tersebut bisa saja karena harga yang lebih murah atau pelayanan yang baik. Jika sudah mengetahui alasan mereka, maka pertahankan lah supaya alasan tersebut tetap melekat di bisnis Anda.

Jika konsumen datang karena harga tiket dan akomodasi yang Anda tawarkan lebih murah misalnya, maka pertahankan hal tersebut. Begitu juga, jika konsumen datang karena pelayanan Anda yang memuaskan, maka pertahankan pula hal tersebut. Cara itu akan membuat mereka kembali lagi.

4. Jangan Kehilangan Data Konsumen

Jangan Kehilangan Data Konsumen - 5 Cara Agar Konsumen Mau Kembali Kepada Anda

Data tentang konsumen adalah hal yang penting untuk bisnis Anda. Pastikan Anda tidak kehilangan data tentang mereka, tidak hanya tentang siapa saja mereka dan apa yang mereka butuhkan, tetapi juga kapan mereka berbelanja. Dengan cara menganalisis data-data tersebut, Anda akan mendapatkan pola perilaku konsumen yang bisa menjadi bekal untuk meningkatkan penjualan Anda, atau setidaknya membuatnya stabil. Tidak heran, nantinya konsumen kembali kepada Anda untuk melakukan transaksi seperti sebelumnya.

Sebagai agen perjalanan, Anda bisa memberikan promosi ke email konsumen. Pilih waktu saat mereka kerap membeli tiket atau memesan hotel, misalnya, waktu menjelang liburan. Pastikan pula konten promosi yang Anda kirimkan sesuai dengan kebutuhan mereka. Cara itu akan membuat konsumen Anda kembali.

Baca Juga : Wow! Ini Keunggulan Instagram untuk Pemasaran Bisnis Agen Travel Anda

5. Beri Benefit yang Membuat Konsumen Kembali Kepada Anda

Beri Benefit yang Membuat Konsumen Kembali Kepada Anda - 5 Cara Agar Konsumen Mau Kembali Kepada Anda

Buat program-program khusus yang memberikan benefit kepada konsumen dan membuat mereka kembali. Anda misalnya bisa memberikan diskon atau harga khusus pada waktu-waktu tertentu. Jangan lupa informasikan program khusus tersebut kepada konsumen sehingga mereka tahu.

Untuk bisnis agen perjalanan, Anda misalnya bisa menjual tiket pesawat promo pada waktu-waktu tertentu, atau menawarkan paket-paket menarik kepada konsumen.

Itulah lima cara agar konsumen mau kembali kepada Anda, kembali membeli barang atau menggunakan jasa dari bisnis Anda. Bagi Anda pebisnis agen perjalanan, via.com bisa menjadi mitra yang baik untuk Anda. Daftarkan diri Anda sebagai agen travel di id.via.com. Situs via.com menyediakan beragam akomodasi menarik dan komisi yang menguntungkan untuk setiap transaksi yang berhasil dijalankan, seperti tiket kereta api, pesawat, bus, penginapan dan paket wisata. Segera rancang bisnis agen wisata Anda hanya bersama via.com. 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password