Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan? Meskipun Enak, Efeknya Ternyata Tidak Terduga!

bolehkah ibu hamil makan mie instan

Bolehkah ibu hamil makan mie instan? Banyak yang berharap boleh karena mie instan memiliki rasa gurih, enak, dan mudah disajikan. Apalagi mie instan dijual dengan harga yang terjangkau dan mudah didapatkan di sekitar rumah. Untuk ibu hamil terutama yang hamil besar, kepraktisan mie instan akan sangat membantu untuk mengganjal perut.

Ternyata ini jawabannya.

1. Ibu hamil membutuhkan banyak nutrisi, sedangkan mie instan hanya mempunyai karbohidrat atau kalori

bolehkah ibu hamil makan mie instan mentah

Nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil berupa serat, vitamin, protein, dan mineral. Berbagai kandungan nutrisi tersebut diperlukan untuk menunjang tumbuh dan kembang janin di dalam perut. Selain itu, ibu hamil juga membutuhkan nutrisi agar daya tahan tubuhnya tetap terjaga.

Berkaca dari kebutuhan dan kegunaan nutrisi tersebut, mie instan memiliki kandungan yang minim. Kebanyakan mie instan hanya memiliki kandungan kalori sehingga mengenyangkan namun tidak membeikan manfaat lain untuk tubuh. Konsumsi mie instan sebaiknya dilakukan dengan bahan makanan lain seperti sayur-sayuran atau daging untuk mencukupi kebutuhan nutrisi.

2. Mie instan mengandung MSG atau monosodium glutamat yang bisa menyebabkan tekanan darah tinggi

bolehkah ibu hamil makan mie instan setiap hari

Monosodium glutamat merupakan tokoh utama yang membuat mie instan memiliki rasa gurih dan nikmat. Rasa gurih ini disebabkan kandungan garam yang dapat membuat tubuh terkena tekanan darah tinggi. Untuk ibu hamil, tekanan darah tinggi atau hipertensi tentu berbahaya karena akan menimbulkan komplikasi serius pada janin. Karena itu, hindarilah makan mie instan atau makanan asin saat hamil apalagi jika kamu memiliki riwayat penyakit darah tinggi.

Bila terpaksa untuk mengonsumsi mineral (biasanya terjadi pada pemilik riwayat kesehatan dengan tekanan darah rendah), cobalah untuk mengonsumsi dari sumber lain. Misalnya seperti daging-dagingan dan lain sebagainya.

Baca juga: Jenis Buah Kaya Manfaat Untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

3. Semakin banyak makan mie instan, semakin perut merasa lapar

gambar mie goreng super enak

Bagaimana ini bisa terjadi? Semakin banyak makan mie instan, semakin kita merasa lapar? Ternyata jawabannya cukup sederhana dan mudah dimengerti.

Mie instan memiliki kandungan karbohidrat olahan. Konsumsi karbohidrat olahan dapat meningkatkan gula darah dengan cepat namun sulit dicerna oleh tubuh. Saluran pencernaan harus bekerja keras mencerna mie instan, sehingga memerlukan energi yang membuat kita lapar padahal usus masih dipenuhi mie instan. Akibatnya kita akan memerlukan makanan lain untuk menghapus rasa lapar tersebut.

Bila siklus makan ini terjadi berulang kali, tubuh akan menumpuk kalori yang menyebabkan kegemukan. Kegemukan saat hamil akan menjadi biang kerok berbagai masalah kesehatan yang bisa berbahaya untuk ibu hamil dan janin di dalam perutnya.

Baca juga: 8 Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil dan Aturan Mengonsumsinya

4. Namun apa mau dikata, rasa mie instan memang sulit ditolak karena kelezatannya

 

mie goreng rasa mantap

Kita akan mengalami kesulitan ketika mengawasi porsi diet atau makanan yang masuk ke tubuh. Terkadang, ibu hamil pun membutuhkan satu waktu di mana ia bebas makan apa yang dikehendakinya. Khususnya saat ngidam, kamu harus hati-hati ketika ibu hamil ngidam mie instan!

Apa yang diidam-idamkan ibu hamil memang sulit diterka. Tetapi jika ibu hamil ngidam mie instan, kamu bisa mengambil beberapa langkah preventif untuk meminimalisir efek buruknya. Pertama, buang air yang digunakan untuk menyeduh mie dan gantilah dengan air panas yang baru. Akan lebih bagus lagi jika kamu menggunakan air mineral.

Kedua, campurkan beberapa bahan sayuran dan lauk ke dalam mie instan. Cara ini berguna untuk menambah kandungan nutrisi yang akan diserap oleh ibu hamil. Terakhir, kurangi penggunaan bumbu agar ibu hamil tidak mengonsumsi MSG terlalu banyak.

Semoga bermanfaat!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password