Bila Pusar Gatal, Ketahui Penyebab dan Cara Menanganinya Sebelum Terlambat!

Pusar Gatal

Ohayo.co.id – Apakah kamu pernah merasakan pusar gatal? Jangan anggap remeh kejadian ini karena bisa menjadi implikasi adanya suatu masalah serius. Tetapi sebelum dibahas, pusat gatal itu sebenarnya apa ya?

Kalau kamu penasaran, simak ulasannya berikut ini.

1. Penyebab pusar gatal bisa dikarenakan berbagai faktor

Penyebab pusar gatal bisa dikarenakan berbagai faktor

Pusar gatal bisa dikarenakan berbagai faktor. Misalnya seperti berkembang biaknya kuman, tumpukan kotoran, atau keberadaan jamur yang menyebar di area perut. Kasus paling parah yang terjadi adalah infeksi akut di dalam pusar. Infeksi ditandai dengan adanya radang, darah kotor, atau bahkan nanah yang menyebarkan bau menusuk hidung. Bahkan untuk beberapa kasus, orang yang terkena infeksi pusar akan menderita sakit di area perut atau sekitarnya.

Baca juga : Memperindah Bentuk Tubuh dengan Operasi Plastik di Area Pusar, Emang Bisa?

2. Penyebab pusar gatal yang pertama adalah infeksi jamur

Penyebab pusar gatal yang pertama adalah infeksi jamur

Hati-hati dengan infeksi jamur pada pusar karena akan memberikan efek yang tidak terduga. Jamur yang menyerang bagian tubuh luar manusia biasanya adalah jamur kandida. Jamur tersebut merupakan tokoh utama lidah yang berwarna putih dan dapat menyebabkan sariawan.

Bila jamur kandida tumbuh di pusar, bisa dipastikan area pusar merupakan wilayah yang lembab dan jarang dikeringkan. Kamu harus hati-hati karena infeksi jamur kandida akan menyebar di seluruh wilayah tubuh yang lembab seperti lipatan kulit. Contohnya adalah selangkangan, ketiak, dan lapisan kulit lembab lainnya.

3. Bakteri pun bisa berkembang biak di pusar

Bakteri pun bisa berkembang biak

Makhluk berikutnya yang mengancam kebersihan dan kesehatan kulit pusar adalah bakteri. Berdasarkan penelitan dokter, ada 70 jenis bakteri di dalam pusar. Jumlah tersebut akan berlipat ganda bila kamu termasuk orang yang tidak rajin merawat dan membersihkan diri. Ciri awal keberadaan bakteri di area pusar adalah rasa gatal yang mengganggu.

Bila kamu menggaruk pusar yang dipenuhi bakteri, makhluk ini akan menyebar. Bekas garukan pun dapat berubah menjadi luka dan memunculkan infeksi. Cobalah menahan rasa gatal dengan tidak menggaruk pusar. Bila ada rasa ngilu dan pembengkakan di area pusat, lebih baik kamu segera menghubungi dokter untuk mencegah bertambah parahnya masalah ini.

Baca juga : Tips Bersihkan Pusar Agar Lebih Bersih dan Sehat

4. Operasi dan diabetes pun adalah musuh yang mengintai

ciri ciri sakit perut dibawah pusar Terbaru Inilah Daftar Obat Sakit Perut Anak yang Terbukti Efektif Dedaunan

Pusar yang gatal termasuk keluhan yang sering keluar pasca operasi seperti caesar atau usus buntu. Tahan keinginan menggaruk agar bekas luka operasi tidak terbuka dan kemasukan kuman karena berisiko menyebabkan infeksi. Untuk mengatasi rasa gatal tersebut, kamu bisa botol kaca berisi air hangat agar rasa gatal mereda.

Kondisi tersebut berbeda dengan penderita diabetes. Penderita diabetes umumnya memiliki sistem imun yang lemah sehingga mudah terserang penyakit dan jamur tumbuh di kulit. Tidak hanya diabetes, tetapi juga semua jenis penyakit yang melemahkan daya tahan tubuh. Kamu perlu berhati-hati menggaruk area yang gatal bila memiliki riwayat penyakit seperti diabetes.

5. Cara mengatasi pusar gatal sebenarnya sangat gampang

Cara mengatasinya sangat gampang

Lebih baik mengobati daripada mencegah.Prinsip itu membuat kamu harus rajin membersihkan pusar dalam periode waktu tertentu untuk mencegah munculnya rasa gatal. Bersihkan pusar dengan peralatan yang lembut, misalnya kapas atau cotton bud yang sudah dibasahi dengan air. Kamu harus membersihkan pusar dengan perlahan dan jangan menggosoknya terlalu kuat. Ingat, kulit pusar cenderung lebih tipis daripada kulit perut sehingga gesekan yang terlalu keras bisa mengakibatkan luka.

Bila membersihkan pusar secara berkala sudah dilakukan namun rasa gatal masih muncul, kamu perlu melakukan penanganan ekstra. Konsumsilah makanan yang memiliki vitamin E dan antioksidan. Kedua nutrisi tersebut bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah kulit menjadi tempat berkembang biaknya bakteri, jamur, atau virus.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password