Bakal Ada Disneyland di Boyolali, Benarkah?

Bakal Ada Disneyland di Boyolali

Ohayo.co.id – Sepertinya kehadiran Disneyland di Indonesia tak akan hanya sekedar isapan jempol belaka. Menurut kabar yang beredar baru-baru ini, taman hiburan Disneyland akan dibangun di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Tapi apakah kabar ini benar adanya?

Berdasarkan keterangan dari Bupati Boyolali, Seno Samodro, ada investor asing yang akan membuat taman hiburan Disneyland Boyolali. Investasi untuk pendanaan proyek pembangunan taman hiburan termewah asal Amerika Serikat ini diperkirakan mencapai sekitar Rp 6 triliun. Investor asing tersebut di antaranya adalah pihak Disney dan Universal Studio.

Taman hiburan ini akan mulai dibangun pada bulan September mendatang. Pembangunan diperkirakan akan memakan waktu dua hingga tiga tahun.

Menurut Seno, pembangunan taman hiburan ini akan membutuhkan lahan dengan luas mencapai 100 hektar dengan daya tamping parkir kendaraan sebanyak 22 ribu mobil.

Dengan adanya Disneyland Boyolali, Seno yakin akan ada banyak wisatawan yang datang sehingga potensi pariwisata di daerah Jawa Tengah semakin terkenal. Taman hiburan ini diharapkan akan menarik hingga 2 juta wisatawan yang berdatangan ke Boyolali.

Dukungan Pemerintah

Minggu (16/4/2017) kemarin, Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mem-posting pernyataan dalam akun Facebook milik beliau mengenai kabar gembira ini.

Jokowi menyatakan dukungannya atas pembangunan Disneyland di Boyolali, karena masyarakat tak harus ke luar negeri untuk merasakan megahnya taman hiburan termewah dan terlengkap ini.

“Tidak perlu apa-apa ke Singapura. Kalau sekedar Disneyland, kita juga akan punya. Boyolali akan bergerak ekonominya. Inilah contoh pejabat daerah yang kreatif menggerakkan ekonomi daerahnya tanpa harus selalu menggantungkan diri dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN),” ungkap Jokowi.

Dengan adanya Disneyland Boyolali, pemerintah akan mulai membangun infrastuktur di daerah sekitarnya agar akses menuju taman hiburan ini akan semakin mudah.

Sekretaris Kabinet Indonesia, Pramono Agung, juga menunjukkan dukungannya atas rencana pembangunan Disneyland Boyolali. Ia berharap hal ini akan berdampak besar bagi masyarakat sekitar dan perbaikan ekonomi di daerah itu. Menurut Pramono, Indonesia membuka investasi secara luas bagi pembangunan daerah.

Baca juga : Selain Danur, Ini 6 Film Horor Indonesia yang Tak Kalah Seram

Kenapa Disneyland Dibangun di Boyolali?

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, kenapa wilayah yang dipilih Boyolali, ya? Kenapa bukan Jakarta atau kota-kota besar lainnya? Tentunya pemilihan wilayah Boyolali sebagai tempat dibangunnya Disneyland sudah dipikir matang-matang. Selain itu, efek jangka panjang untuk ke depannya pun menjadi pertimbangan.

Menurut Bupati Seno, alasan investor asing masuk ke Jawa Tengah adalah karena biaya tenaga kerja yang lebih murah serta iklim investasi dan politik yang aman di daerah.

Apalagi di kawasan ini juga telah ada perkembangan pariwisata triangle yaitu Solo-Klaten-Jogja. Dengan masuknya Boyolali, pariwisata di daerah ini akan lebih mudah berkembang.

Jadi, apakah impian masyarakat Indonesia akan adanya Disneyland di tanah air akan benar-benar terwujud? Kita doakan saja! Pemerintah sudah menyalakan lampu hijau, jadi semoga pembangunan akan segera terealisasi.

Baca juga : Ingin Makin Pede? Cari Wangi Parfum yang Sesuai dengan Kepribadianmu

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password