Model Baju Akad Nikah untuk Kamu yang Ingin Tampil Sempurna di Hari Sakral

baju akad nikah

Pernikahan merupakan hari paling bahagia dan bersejarah dalam fase hidup seseorang. Tak heran jika ini direncanakan dengan sesempurna mungkin, meski melelahkan. Salah satu hal yang sangat menjadi perhatian calon pengantin adalah memilih baju akad nikah. Sebab saat itu adalah momen paling sakral dalam sebuah pernikahan. Namun, pada bagian ini pula beberapa pasangan acap kali bingung dalam menentukan. Oleh karena itu, kali ini akan dibagikan beberapa inspirasi baju akad nikah untuk tampilan sempurna.

Inspirasi Baju Akad Nikah Terkini

baju gaun putih

Bagi kamu yang saat ini hendak melangsungkan acara pernikahan, berikut beberapa inspirasi baju akad nikah terkini, yaitu:

1. Baju model gaun putih

Sampai sekarang gaun dengan warna putih masih mendominasi pilihan pengantin saat akad nikah. Bukan tanpa alasan, putih memiliki makna yang begitu dalam. Mulai dari kesucian, kebaikan hati, kesempurnaan, hingga kesakralan. Selain itu, warna ini juga menjadi lambang bahwa pasangan suami istri membuka kehidupan baru yang dimulai dengan lembar kosong nan putih. Dari sini kamu bisa membayangkan betapa elegan dan syahdunya apabila mengenakan gaun akad nikah putih.

2. Baju model gaun pastel

Kamu ingin sedikit berbeda dari pasangan lain? Tak ada salahnya kamu memakai gaun dengan warna-warna pastel, seperti biru pastel, magenta pastel, kuning pastel, atau lainnya. Memakai gaun berwarna pastel saat akad nikah dapat membuatmu terlihat lebih berwarna, namun tetap elegan dan sakral. Supaya makin cantik, kamu bisa menambahkan payet atau brokat pada bagian-bagian tertentu.

3. Baju akad nikah netral

Pilihan selanjutnya adalah gaun dengan warna netral, seperti nude dan cream. Ini akan membuatmu terlihat manis dan elegan. Sebagaimana gaun akad pada umumnya, berikan tambahan payet atau brokat pada beberapa bagian agar lebih indah.

4. Model traditional

Setiap daerah tentu memiliki baju adat masing-masing. Hal ini bisa kamu manfaatkan sebagai pakaian saat akad nikah. Beberapa orang sampai sekarang masih ada yang menggunakan pilihan ini. Silahkan sesuaikan dari daerah mana dirimu atau pasangan tinggal. Alangkah lebih baik jika baju yang digunakan juga menjadi tema secara keseluruhan dalam pernikahanmu. Sebagai contoh, kamu yang berasal dari jawa bisa memakai baju akad nikah adat jawa berupa kebaya dengan bawahan batik.

Baca juga: 6 Daftar Barang Seserahan Lamaran Yang Harus Dibawa Calon Mempelai Pria

Tips Memilih Baju Akad Nikah

memilih baju

Kamu masih bingung harus menggunakan baju seperti apa saat nikah? Berikut beberapa tips agar kamu bisa memperoleh baju akad nikah cantik sesuai impian, yaitu:

1. Menentukan konsep

Berdasarkan pilihan beberapa baju nikah di atas, silahkan sesuaikan dengan konsep pernikahan yang kamu dan pasangan inginkan. Misal, untuk kamu yang benar-benar mengusung adat daerah sebagai konsep utama, maka baju saat akad bisa memakai baju tradisional. Saat ini telah tersedia banyak baju adat yang didesain sangat cantik, terutama untuk pernikahan.

2. Meminta saran orang lain

Pada tips kedua ini masing-masing orang mungkin beda penerapannya. Jika kamu dan pasangan sudah mampu menentukan baju akad yang pas, maka tak ada masalah. Namun, apabila masih kebingungan, tak ada salahnya meminta pendapat orang lain, seperti ibu, kakak, sahabat, pihak desainer untuk meminta saran gaun yang cocok.

Baca juga: Mau Tampil Cantik? Begini Cara Memilih Gaun Pengantin Modern

3. Jangan terburu-buru

Sebaiknya pemilihan gaun akad nikah harus disiapkan sejak jauh hari. Bagi kamu yang menggunakan jasa jahit, ini bertujuan agar pihak konveksi dapat maksimal dalam mengerjakan gaunmu. Sementara untuk kamu yang beli, menyiapkan mulai jauh hari adalah mengantisipasi sedikitnya model gaun.

Baca juga: Pilih Henna Pengantin Merah atau Putih? Keduanya Sama-Sama Cantik!

4. Menyesuaikan dengan budget

Semua orang tentu menginginkan tampil sempurna di hari pernikahannya. Namun, jangan lupa untuk memperhatikan besar budget yang tersedia. Mahal atau tidaknya gaun bukan tolok ukur kesakralan sebuah akad nikah, melainkan rasa bahagia, tenang, dan syukur.

Nah, itulah beberapa pilihan baju akad nikah beserta tips saat memilihnya. Bagi kamu yang berhijab, tinggal menyesuaikan panjang, kelonggaran gaun, dan tambahan hijab. Semoga bisa membantumu dalam mencari baju akad nikah idaman.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password