Ngeri, Ini Bahaya Penggunaan Bekas Botol Air Mineral Berulang Kali!

bahaya penggunaan botol air mineral berulang kali

Ohayo.co.id – Apakah kamu termasuk orang yang gemar menggunakan kembali botol bekas air mineral untuk diisi ulang kembali? Jika iya, sebaiknya hentikan mulai dari sekarang! Kita terkadang sering menggunakan kembali botol kemasan tersebut untuk digunakan sebagai botol minum berulang kali, karena sangat mudah dan murah untuk didapatkan dibandingkan membeli botol air minum food grade.

Padahal jelas, bahwa botol plastik air mineral tersebut hanya dirancang untuk sekali pakai. Bahkan beberapa produk air mineral menggunakan bahan plastik yang begitu tipis agar mudah untuk dihancurkan setelah selesai diminum. Hal ini jelas sangat berbahaya karena jika digunakan secara terus menerus akan menyebabkan bahan kimia yang ada pada botol tersebut akan ikut larut dalam air dan akhirnya tertelan masuk ke dalam tubuh.

Botol plastik bekas air mineral banyak menggunakan kandungan BPA (Bisphenol A) yang berfungsi untuk mengeraskan plastik agar mudah untuk dibentuk. BPA akan mudah larut dalam air panas, sehingga jika botol bekas air mineral diisi dengan air panas akan menyebabkan zat tersebut ikut larut dan tertelan.

Baca juga: Infused Water, Solusi Jitu Untuk Kamu Yang Malas Minum Air Putih

Senyawa BPA ini memiliki aktivitas hampir sama dengan hormon estrogen sehingga jika masuk di dalam tubuh dapat meniru kerja hormon estrogen. Dalam jangka waktu yang lama, kondisi ini akan sangat berpengaruh terutama pada kondisi janin.

Beberapa penelitian menjelaskan bahwa BPA yang diserap oleh tubuh kemudian akan membentuk senyawa aktif dan inaktif yang mampu menembus plasenta dan mencapai fetus yang kemudian akan mengganggu perkembangan berbagai organ dan sistem termasuk pada ibu dan janin.

Pada orang dewasa, BPA ini akan menyebabkan besarnya kemungkinan untuk terjangkitnya penyakit jantung koroner, diabetes, gangguan kekebalan tubuh dan ketidaknormalan enzim pada hati.

 

Cara mengenali botol minuman dengan kandungan BPA adalah adanya kode segitiga bertuliskan angka “7” di bawah botol. Biasanya untuk setiap botol air mineral selalu menggunakan simbol ini. Bukan hanya dengan kode 7, namun juga untuk kode 1, 3 dan 6 yang biasa tercantum pada produk plastik sekali pakai.

 

Untuk menghindari penggunaan ulang botol tersebut maka ada baiknya untuk segera meremas dan merusak botol minuman tersebut sebelum dibuang ke tempat sampah agar tidak didaur ulang kembali oleh oknum-oknum yang tak bertanggungjawab. Banyak pedagang-pedagang nakal terutama di perkotaan yang menggunakan kembali botol bekas air mineral atau air kemasan lain untuk didaur ulang dan diisi dengan air dengan kualitas yang belum terjamin mutu dan higenisitasnya.

Ada baiknya selalu bawa botol minum food grade (dengan simbol segitiga berangka 5 di bawah botol) sebagai tempat minum. Kamu bisa mengisinya dengan air yang ada di rumah sendiri. Bisa menggunakan air mineral galon atau air keran yang sudah direbus hingga matang. Air putih yang baik adalah air yang tidak berasa, tidak berwarna dan tidak berbau.

Baca juga: Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

Jika kamu menggunakan air keran sebagai air minum, maka perlu perhatikan kebersihan air tersebut terlebih dahulu. Pemeriksaan laboratorium terkait kandungan air tersebut sangat perlu dilakukan untuk menghindari adanya bakteri yang buruk bagi kesehatan. Merebus air keran harus hingga benar benar mendidih dan biarkan tetap mendidih selama 10-15 menit sebelum kompor dimatikan untuk membunuh bakteri-bakteri yang masih tetap hidup pada suhu 100oC.

Untuk instalasi sumur dangkal rumahan gunakan pompa air SHIMIZU PS-221 BIT yang sudah teruji kualitasnya. Pompa air SHIMIZU PS-221 BIT memiliki panjang pipa hisap 9 meter dengan daya dorong maksimal 33 meter dan kapasitas maksimal hingga 21 liter/menit.

Pompa air SHIMIZU telah menjadi pompa air pilihan karena selain hemat (daya input motor 0,5 kW dan daya output motor 200 W), pompa air ini juga awet lama dan air yang dihasilkan pun cukup jernih tanpa ada kandungan bahan kimia dari pompa air yang tercampur. SHIMIZU, Bintangnya Pompa Air!

Sumber : Sumber gambar: media.wired, media.zuza, ttrweekly, i2-prod.mirror

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password