Teh Celup yang Terendam Terlalu Lama Bisa Berdampak Buruk untuk Tubuh, Benarkah?

Teh Celup yang Terendam Terlalu Lama Bisa Berdampak Buruk untuk Tubuh, Benarkah?

Ohayo.co.id – Meminum teh hangat di pagi hari memang sangat menenangkan. Apalagi jika kita sedang berada pada waktu weekend dan di tempat yang dingin. Teh hangat bisa membuat badan kita menjadi tenang. Namun, berbicara mengenai teh, ternyata selain rasanya yang menjadi favorit kita cara menggunakan teh celup juga harus diperhatikan. Sebab ada informasi yang menyatakan bahwa merendam teh celup terlalu lama dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Untuk mengetahui kejelasan dan alasannya ikuti ulasan berikut ini.

Tidak sedikit yang menyukai teh celup karena mudahnya dalam pembuatannya. Tinggal mencelupkan saja teh tersebut dalam air hangat atau panas dan tunggu beberapa saat. Jika warnanya sudah menjadi cokelat maka tinggal menambahkan gula sesuai selera. Tetapi yang terjadi tidak demikian apabila kita merendam teh celup terlalu lama.

Bahaya Merendam Teh Celup Terlalu Lama Bagi Kesehatan

Bahaya Merendam Teh Celup Terlalu Lama Bagi Kesehatan

Memang sebelum adanya teh celup, jenis teh seduh masih menjadi pilihan. Salah satu alasannya karena rasa teh alami masih terjaga. Terlepas dari perbedaan rasanya, membuat teh dengan teh celup memang praktis. Tetapi benarkah waktu perendaman teh tersebut harus diingat betul?

Kegemaran masyarakat Indonesia dalam menyeduh teh memang dikenal sudah lama. Jika anda salah seorang yang juga menggunakan teh celup setiap harinya, cobalah untuk memeriksa lagi apakah cara membuat teh dengan teh celup sudah benar? Sebab teh celup yang terendam terlalu lama bisa berdampak buruk untuk tubuh.

Diketahui bahwa pada kantong kertas yang ada pada teh celup memiliki kandungan zat yang bernama klorin. Umumnya memang digunakan untuk bahan disinfektan. Diketahui disinfektan berfungsi untuk menghilangkan bakteri yang ada pada kertas kantong teh tersebut. Klorin dalam jumlah yang banyak justru berbahaya bagi tubuh kita.

Baca juga : Mana yang Lebih Baik, Kopi atau Teh?

Bahaya Merendam Teh Celup Terlalu Lama Bagi Kesehatan

Apabila zat klorin yang masuk dalam tubuh terlalu banyak akibatnya adalah bisa memicu munculnya kanker. Tidak hanya itu ada juga akibat dari banyaknya klorin yang masuk dalam tubuh adalah mengakibatkan kemandulan hingga kondisi bayi yang lahir dengan cacat.

Inilah salah satu alasan mengapa merendam teh celup terlalu lama bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Celuplah kantong teh sesuai dengan aturan yang tertera. Sekitar 3 hingga 5 menit saja. Tentu cara ini berfungsi untuk mengantisipasi kantong teh tidak ikut terlarut ke dalamnya terlalu banyak. Dengan begitu kita tidak mengonsumsinya juga dengan jumlah banyak. Mengetahui hal ini jangan lupa untuk selalu menyeduh teh celup sesuai dengan aturan. Perhatikan berapa lama waktu terendamnya teh celup. Tentu dengan cara sederhana ini bisa membantu kita menghindarkan diri dari penyakit berbahaya.

Baca juga : Jangan Minum Teh Saat Perut Kosong, Ini Bahayanya!

Bahaya Merendam Teh Celup Terlalu Lama Bagi Kesehatan

Meminum teh memanglah salah satu momen yang santai dan hangat untuk dinikmati. Meski diketahui terdapat hal yang menyebutkan fakta seperti ini namun jangan terlalu khawatir. Teh celup tetaplah memiliki manfaat yang bisa kita dapatkan. Terutama dengan teh hijau yang dirasa sebagai sumber antioksidan.

Hindari dan perhatikan bagaimanan penggunaan teh celup dengan benar. Fakta bahwa merendam teh celup terlalu lama bisa berdampak buruk untuk tubuh ini telah diungkap. Menghindarkan diri dari penyakit berbahaya memang lebih baik daripada mengobatinya ketika sudah jatuh sakit. Agar tidak ketergantungan pada teh jangan lupa untuk mengimbanginya selalu dengan banyak minum air putih. Minumlah air putih sebanyak 8 gelas per hari agar cairan tubuh lebih terpenuhi dan terhindar dari dehidrasi.

Ingin tetap update dengan info & tips terbaru seputar kesehatan?

Caranya mudah! Isi formulir di bawah ini & dapatkan pulsa 50.000 setiap minggunya ! *S&K berlaku

*
*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password