Hindari Mencuci Muka Memakai Sabun Batangan Jika Tidak Ingin Alami 6 Hal Buruk Ini

Ohayo.co.id – Kebersihan tubuh merupakan sesuatu yang penting untuk dijaga. Hal ini dikarenakan menjaga kebersihan tubuh berarti juga menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Salah satu yang perlu dijaga kebersihannya adalah kebersihan kulit terutama kulit muka. Kulit adalah bagian penting dari penampilan. Jika berusaha untuk mencapai kulit yang sempurna, tentu itu dapat membantu kita terlihat jauh lebih baik dan bahkan dapat meningkatkan rasa percaya diri.

Kulit muka perlu dibersihkan secara teratur. Selain karena berkaitan dengan kesehatan, berhubungan juga dengan penampilan seseorang. Membersihkan muka penting karena banyak debu dan kotoran yang menempel pada permukaan kulit muka apalagi setelah beraktivitas seharian.

Oleh karena itu, kebersihan muka harus dijaga setiap saat. Salah satunya dengan mencuci muka. Namun, banyak orang yang mencuci muka dengan menggunakan sabun batangan.

Tahukah kamu, mencuci muka dengan menggunakan sabun batangan ternyata justru mengurangi kesehatan kulit muka. Dilansir dari Boldsky.com, berikut beberapa alasan lain mengapa kamu harus menghindari mencuci muka menggunakan sabun batangan dan beralih ke sabun pencuci muka yang sesungguhnya.

1. Merusak Sel Kulit


Sumber Gambar: obatherbalpsoriasis.tokozahraherbal .com

Sabun batangan mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi sel kulit halus di wajah. Jadi, sabun batangan harus dibatasi penggunaannya hanya untuk tubuh dan tidak boleh digunakan di wajah.

Baca juga: Cara Membuat Kulit Cantik Alami dengan Susu, Mau Coba?

2. Membuat Kulit Kering


Sumber Gambar: cdn2.tstatic .net

Penggunaan sabun batangan untuk mencuci muka ternyata dapat mengupas lapisan kelembaban alami pada kulit dan membuat wajah kamu terasa kering dan kusam. Alasannya, sabun batangan terlalu ‘kuat’ untuk kulit wajah.

3. Mendegradasi Kemampuan Alami Kulit Wajah


Sumber Gambar: blog.manjadda .com

Sabun batangan ternyata juga dapat menghilangkan lipid alami yang ada di kulit wajah sehingga mengurangi kapasitas kulit wajah untuk melawan bakteri dan mikroba.

4. Menyebabkan Jerawat


Sumber Gambar: res.cloudinary .com

Berkurangnya kapasitas kulit wajah untuk melawan bakteri dan mikroba ternyata dapat menyebabkan munculnya jerawat. Jerawat menjadi lebih sering muncul karena kondisi kulit wajah yang demikian.

5. Menghilangkan Vitamin di Kulit Wajah

Sumber Gambar: cdns.klimg .com

Menggunakan sabun batangan di wajah juga dapat menyebabkan hilangnya vitamin penting dari kulit. Hal ini menyebabkan kulit kusam dan tidak sehat.

6. Menghalangi Pori-Pori

Sumber Gambar: dt3lcu0pdej60.cloudfront .net

Banyak sabun batangan yang mengandung asam lemak yang terakumulasi dalam pori-pori kulit. Hal ini menghalangi pori-pori dan dapat menyebabkan berbagai masalah kulit.

Itulah beberapa alasan mengapa sebaiknya menghindari penggunaan sabun batangan untuk mencuci muka. Mengingat kesehatan kulit muka merupakan hal yang penting, maka sebaiknya kebersihannya perlu dijaga dan diperhatikan.

Baca juga: Cegah Wajah Berminyak Saat Perjalanan? Cobalah Tips Ini!

Biasakan mencuci muka dengan menggunakan sabun khusus untuk kulit muka sehingga penggunaannya tepat dan sesuai dengan karakteristik kulit muka yang berbeda dengan kulit bagian tubuh lainnya.

Mencuci muka sebaiknya dilakukan secara benar dan teratur agar kebersihan muka tetap terjaga. Selain itu, pastikan mencuci muka menggunakan air mengalir agar kotoran larut bersama air. Selain penting, hal tersebut juga berguna agar mencuci muka yang dilakukan tidak hanya untuk membasahi muka begitu saja, tetapi juga dapat benar-benar bermanfaat bagi mukamu.

Sumber: shimizu .co.id

Selain itu, hal yang perlu diperhatikan ketika mencuci muka adalah memastikan kebutuhan air tetap tersedia seperti menggunakan pompa air Shimizu PS-103 BIT yang mampu menjaga pasokan air untuk kebutuhan mencuci muka tetap terjaga.

Pompa air Shimizu PS-103 BIT sudah teruji dan terpercaya kualitasnya dengan keunggulan daya dorong yang kuat hingga maksimal 33 meter yang mampu menyediakan air bersih hingga 17 liter per menit pada head 10 meter.
Ayo gunakan pompa air Shimizu PS-103 BIT untuk kelancaran pasokan air dan kenyamanan mandimu. Shimizu, Bintangnya Pompa Air!

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password