Awas! Ini Bahaya Menahan Kencing Dalam Waktu Lama Bagi Kesehatan

Waspada! Menahan Kencing Dalam Waktu yang Lama Bisa Berbahaya Terhadap Kesehatan

Ohayo.co.id – Tubuh kita memiliki ritmenya sendiri. Pada malam hari, tubuh kita membutuhkan istirahat maka dari itu kita merasa ngantuk dan harus istirahat dengan benar. Hal sederhana ini memang sudah menjadi jam biologis tubuh. Lain halnya dengan kebiasaan menahan kencing. Sadar atau tidak kebiasaan ini sering dilakukan oleh seseorang yang tidak patut diteruskan. Mengapa ? Menahan kencing dalam waktu yang lama bisa berbahaya terhadap kesehatan.

Kencing adalah salah satu cara tubuh untuk membuang racun yang ada dalam tubuh kita. Jika keinginan kencing ini ditahan dan tidak dikeluarkan maka racun tersebut bisa kembali menyebar dalam tubuh. Biasanya ada banyak alasan mengapa seseorang menahan kencing. Karena keadaan yang tidak memungkinkan, malas untuk beranjak dari tempatnya hingga hal lain sebagainya. Apapun alasannya, hindari kebiasaan buruk ini. Menahan kencing membuat tubuh tidak sehat.

Bahaya Menahan Kencing Dalam Waktu Lama Bagi Kesehatan

Awas! Ini Bahaya Menahan Kencing Dalam Waktu Lama Bagi Kesehatan - Ohayo.co.id

Buang air kecil memang ditandai dengan adanya proses pengeluaran urin yang wajar dan umum sudah terjadi. Proses buang air kecil ini menandakan bahwa sistem pencernaan kita memang bekerja dengan baik dan normal. Perlu diwaspadai apabila seseorang tidak lancar dalam proses buang air kecil. Bisa jadi orang tersebut kurang banyak cairan. Berikut beberapa alasan dan bahaya dari menahan buang air kecil.

1. Menahan Pembuangan Kotoran dalam Tubuh

Bahaya dari menahan kencing terlalu lama adalah membiarkan kotoran yang ada pada tubuh kita tidak terbuang dengan baik. Menahan kotoran dalam tubuh sama saja dengan menahan racun. Sama saja dengan menumpuk kotoran dari sisa pencernaan. Hal ini berarti tubuh kita harus lebih lama dalam menyimpan zat-zat yang berbahaya bagi tubuh.

Baca juga : Ini Dia Bahaya Stress pada Kecantikan & Kesehatan yang Wajib Kamu Tahu

Awas! Ini Bahaya Menahan Kencing Dalam Waktu Lama Bagi Kesehatan - Ohayo.co.id

2. Mengganggu Proses Pencernaan

Menahan kencing dalam waktu yang lama bisa berbahaya terhadap kesehatan sebab bisa mengganggu proses pencernaan. Sebab ketika proses pencernaan harus selesai namun ternyata tidak bisa dituntaskan dan ini bisa mengganggu proses selanjutnya. Maka dari itu hindari kebiasaan buruk ini.

3. Menimbulkan Penyakit Infeksi pada Organ Pencernaan

Bahaya berikutnya dengan menahan kencing terlalu lama adalah menimbulkan penyakit infeksi pada organ pencernaan. Jika buang air kecil tidak lancar maka secara tidak langsung anda membiarkan tubuh untuk mengalami penyakit-penyakit yang hubgannya dengan organ pencernaan. Misalnya saja seperti infeksi pada ginjal, gagal ginjal, infeksi kandung kemih, batu ginjal, dan juga infeksi saluran kencing.

Baca juga : Bahaya Sering Tidur Dekat Smartphone, Pernah Melakukan?

Awas! Ini Bahaya Menahan Kencing Dalam Waktu Lama Bagi Kesehatan - Ohayo.co.id

4. Anyang-Anyangan

Istilah ini memang berkembang di masyarakat, khususnya mereka yang tinggal di pedesaan. Didefinisikan sebagai kondisi sakit dan nyeri yang terjadi ketika buang air kecil. Anyang-anyangan bisa dipastikan sebagai akibat dari kebiasaan yang tidak baik yakni menahan membuang air kecil. Hal ini bisa menjadi tanda dari munculnya infeksi saluran kandung kemih. Karena itulah, jangan sekali-kali mencoba menahan kencing bahkan dalam waktu yang cukup lama.

Menahan kencing dalam waktu yang lama bisa berbahaya terhadap kesehatan. Maka dari itu hindari untuk melakukan kebiasaan buruk tersebut. Karena tubuh sudah memiliki ritmenya sendiri. Seperti buang air kecil yang menjadi tanda bahwa proses pencernaan kita berjalan baik. Apapun alasan atau bagaimanapun kondisinya, hindari menahan kencing terlalu lama. Saatnya untuk mengetahui apa saja kebiasaan baik dan kebiasaan buruk yang bisa mempengaruhi kesehatan kita. Ulasan ini akan membantu anda mengetahui bagaimana berbahayanya menahan kencing terlalu lama.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password