6 Bahan Kosmetik Berbahaya yang Harus Dihindari Agar Tak Merusak Kulit

6 Bahan Kosmetik Berbahaya yang Harus Dihindari Agar Tak Merusak Kulit

Ohayo.co.id – Masing-masing jenis kulit memiliki perawatan yang berbeda. Jika tidak sesuai, tak jarang kulit malah menjadi merah dan juga terasa gatal. Alih-alih ingin menjadikan kulit lebih cantik, memilih kosmetik sembarangan justru berbahaya. Terutama jika membelinya di toko online yang mana tidak terjamin kandungan dan keaslian produknya. Tentu ada banyak bahan kosmetik berbahaya yang sebaiknya kita hindari bahkan kita buang agar tidak merusak kulit.

Kosmetik dan seorang wanita bukan lagi hal asing. Keduanya memang saling berkaitan erat. Wanita membutuhkan kosmetik untuk tampil cantik dan percaya diri. Diperlukan ketelitian dalam memilih kosmetik yang aman. Salah satu yang harus ada ialah nomor BPOM pada suatu produk. Sebab dengan begitu kita tahu bahwa item kosmetik tersebut aman dan telah teruji klinis. Agar tidak menimbulkan risiko lebih besar lagi, berikut merupakan beberapa bahan kosmetik berbahaya yang harus dihindari.

6 Bahan Kosmetik Berbahaya yang Harus Dihindari Agar Tak Merusak Kulit

6 Bahan Kosmetik Berbahaya yang Harus Dihindari Agar Tak Merusak Kulit

Kosmetik bisa berupa bedak, foundation, lipstik dan lain sebagainya. Beberapa bahan kosmetik ini dirasa sangat dibutuhkan untuk membuat penampilan tetap segar setiap saat. Yuk kenali lebih jauh lagi apakah kosmetik yang anda gunakan sudah aman untuk digunakan ?

1. Oxybenzone

Jenis kosmetik berbahaya yang harus dihindari adalah yang mengandung oxybenzone. Bahan ini terdapat pada tabir surya, pelembap dan juga lipgloss. Menurut para ahli bahwa kandungan ini bisa mengacaukan keseimbangan hormon yang ada pada tubuh kita.

2. Phthalates

Bahan berikutnya yang menentukan jenis kosmetik tersebut berbahaya adalah brand produk sabun yang memiliki phtalates. Bahan ini biasanya ada pada sampo, semprotan rambut hingga produk kosmetik apapun yang mengandung fragrance atau wewangian sintetis. Beberapa jenis phtalates ini dianggap berbahaya karena bisa mempengaruhi sistem reproduksi kita. Terutama bagi wanita hamil, hindari penggunaan cat kuku.

Baca juga : Dampak Negatif Menggunakan Kosmetik Ilegal yang Harus Diketahui

6 Bahan Kosmetik Berbahaya yang Harus Dihindari Agar Tak Merusak Kulit

3. Petroleum Distillates

Bahan kosmetik berbahaya berikutnya adalah Petroleum Distillates. Bahan yang diekstrak dari minyak bumi ini bisa menyebabkan adanya risiko kanker. Diproduksi di kilang minyak yang sama pada saat memilang untuk bahan bakar mobil, minyak pemanas dan juga bahan baku kimia lainnya.

4. Toluene

Bahan yang ada pada produk cat kuku ini ternyata bisa membuat iritasi pada saluran pernapasan di bagian atas serta bagian mata, sakit tenggorokan, pusing bahkan sakit kepala. Hindari jenis kosmetik yang memiliki bahan tersebut agar tidak merusak kulit dan juga membuat kesehatan kita menjadi terganggu.

Baca juga : Berbahaya! Ini Bahan dalam Kosmetik yang Harus Dihindari

6 Bahan Kosmetik Berbahaya yang Harus Dihindari Agar Tak Merusak Kulit

5. Fragrance

Kandungan fragrance banyak ditemui di parfum atau pewangi lainnya. Campuran ini memang digunakan hampir di 50 persen produk kecantikan dan mengandung banyak bahan kimia yang berbahaya. Tanpa disadari, fragrance akan membuat kulit kita menjadi iritasi dan ada dampak negatif pada hormon kita. Wanginya memang bisa membuat kita lebih percaya diri namun ternyata berpengaruh buruk untuk kulit kita. Solusi atau cara alternatifnya adalah kita bisa menggunakan pewangi yang organik dan natural saja.

6. Alkohol

Ada dua jenis alkohol yakni baik dan buruk. Beberapa alkohol buruk adalah metanol, isoprpyl, propanol dan juga lain sebagainya. Alkohol ini berdampak buruk untuk kulit yakni bisa menimbulkan rasa terbakar di kulit kita. Alkohol buruk ini bisa merusak pelindung kulit yang alami. Salah satu dampak buruknya adalah menimbulkan jerawat.

Hindari kosmetik yang mengandung berbagai bahan kosmetik berbahaya ini. Lindungi kulit dengan bahan-bahan kosmetik yang sudah terjamin keamanannya. Telitilah dalam memilih dan membeli kosmetik.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password