Ayah Ikut Mengurus Bayi Ternyata Bikin ASI Ibu Lebih Lancar

Ayah Ikut Mengurus Bayi Ternyata Bikin ASI Ibu Lebih Lancar

Ohayo.co.id – Menjadi orang tua untuk anak pertama memang memberi perasaan campur aduk. Membuat bahagia, membuat senang dan campur aduk. Kadang harus bangun tengah malam untuk mengganti popok atau memberinya ASI. Kebanyakan orang menganggap ini adalah tugas ibu. Padahal, ayah ikut mengurus bayi ternyata bikin ASI ibu lebih lancar.

Pernyataan ini bukanlah sebuah mitos. Tetapi ayah maupun ibu yang saling mendukung dan mengurus anak bersama akan membuat sebuah keluarga menjadi lebih hangat. Kendala yang seringkali terjadi adalah seorang ayah yang belum mengetahui betul apa peran dan bagaimana ikut andil dalam mengurus anak.

ASI Ibu Lebih Lancar Karena Ayah Ikut Mengurus Bayi

Ayah Ikut Mengurus Bayi Ternyata Bikin ASI Ibu Lebih Lancar - Ohayo.co.id

Banyak dari para dokter yang menyatakan bahwa peran ayah untuk mengurus bayi sangatlah penting. Apalagi demi memberi rasa nyaman untuk si ibu dan terutama anak. Hal ini tidak lain karena bisa meningkatkan hormon oksitosin yang mampu memperlancar produksi ASI. Apapun yang membuat nyaman ibu, kondisi ini bisa menambah kandungan ASI dan diharapkan ayah bisa mengetahui apa perannya dalam mengasuh bayi.

Misalnya saja dengan memandikan bayi serta belajar untuk mampu menidurkan, membantu menggantikan popok dan menenangkan bayi ketika menangis. Pernyataan ayah ikut mengurus bayi ternyata bikin ASI ibu lebih lancar ini didukung dengan sebuah hasil dari penelitian. Apabila ayah menjadi aktif dalam mengurus bayi, baik itu membantu dan mendukung pengasuhan dengan baik dan benar maka keberhasilan ibu dalam menyusui mencapai 98 persen.

Beda halnya jika ayah tidak mau terlibat dalam mengasuh anak maka ibu hanya mampu menyusui dengan keberhasilan berkisar 26 persen saja. Kedua orang tua yang aktif dalam mengasuh anak akan bisa melindunginya dari risiko leukemia, kanker getah bening bahkan autisme.

Anak adalah anugerah Tuhan yang patut dijaga sebaik mungkin. Tidak hanya menjadi tugas ibu untuk mengasuh dan merawatnya. Tetapi ayah ikut mengurus bayi ternyata bikin ASI ibu lebih lancar. Mengetahui hal ini, peran dari kedua orang tua adalah saling melengkapi agar anak bisa terawat dengan baik dan tumbuh sehat.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password