Memahami Arti Mimpi Suami Selingkuh dan Cara Mengatasinya

Ohayo.co.id – Beberapa orang bisa saja cemas karena mimpi yang dialaminya, demikian yang terjadi ketika seorang istri bermimpi suaminya selingkuh. Lantas apakah arti mimpi suami selingkuh berkaitan dengan kenyataan yang akan terjadi?

Mimpi itu sendiri sudah menjadi salah satu objek penelitian yang cukup unik oleh para ilmuwan karena banyaknya orang penasaran mengapa manusia bisa bermimpi. Meskipun belum terkuak secara menyeluruh, setidaknya beberapa fakta telah ditemukan dengan kemampuan manusia yang semakin berkembang.

Seorang penulis sekaligus peneliti, Lauri Loewenberg dalam bukunya ‘Dream On It: Unlock Your Dreams, Change Your Life’ menjelaskan bahwa ketika seseorang tertidur secara otomatis ada bagian otak linear terhenti sedangkan bagian lainnya yang lebih emosional semakin hidup. Menurutnya, apa yang ada dalam mimpi merupakan representasi dari kegiatan seharian baik berupa pengalaman maupun perasaan.

Penjelasan lainnya mengenai mimpi diterjemahkan sebagai gambaran yang mewakili keinginan bawah sadar manusia. Kemudian otak menafsirkannya secara acak ketika manusia tertidur.

Dilansir dari kompas.com (5/14) ternyata ada perbedaan antara mimpi kalangan istri dengan kalangan suami. Mimpi yang dialami pria biasanya bertajuk kehancuran atau peperangan sedangkan wanita lebih mengarah pada konflik hubungan dengan satu orang atau lebih.

5 Fase Tidur Seseorang Menjelang Mimpi

Arti Mimpi Suami Selingkuh
(Foto: Shutterstock)

Pada situs medicalnewstoday.com (6/18) dikemukakan bahwa mimpi tidak terjadi begitu saja, melainkan melalu tahapan-tahapan tertentu. Berikut ini 5 tahapan ketika seseorang bermimpi.

Pertama

Seseorang mulai mengantuk dengan gerakan mata melambat dan aktivitas otot mulai berkurang. Tahapan ini memasuki 5 persen total dari tidurnya seseorang.

Kedua

Mata seseorang yang akan tertidur berhenti bergerak dan gelombang otak melambat kadang disebut sleep sindle. Pada tahap ini, seseorang telah melalui 45–50 persen dari tidurnya.

Ketiga

Gelombang delta (sebutan untuk keadaan gelombang otak yang sangat lambat) mulai muncul, kadang-kadang muncul juga gelombang kecil yang lebih cepat. Pada tahap ketiga ini, seseorang telah menambahkan 4– 6 persen dari total waktu proses tidurnya.

Keempat

Tahapan yang cukup sulit untuk membangunkannya, lebih sulit dari tahap ketiga. Seseorang telah dihampiri gelombang delta secara eksklusif, ini dia yang disebut nyenyak. Aktivitas mata dan otot benar-benar hilang pada tahapan ini. Tahap keempat ini membentuk setidaknya 12–15 persen tidur seseorang.

Kelima

Tahapan kelima, otot manusia seolah lumpuh sementara. Tekanan darah naik, denyut jantung meningkat, khusus pada pria bagian keperkasaannya menjadi semakin kuat. Di sinilah seseorang merasakan berbagai ilustrasi dalam pikirannya yang tidak logis yang disebut mimpi. Bagian ini menyumbang 20–25 persen dari total waktu tidur seseorang.

Setelah diteliti berdasarkan neuroscientific and psychoanalytic, terdapat perbedaan antara keduanya. Pengamat saraf lebih tertarik pada struktur yang terlibat bagaimana mimpi itu dihasilkan sedangkan psikoanalisis lebih menekankan pada makna mimpi dan mencoba mengkorelasikannya dengan sejarah orang yang bermimpi seperti halnya arti mimpi suami selingkuh yang dialami seorang istri.

Macam-Macam Arti Mimpi Suami Selingkuh

Arti mimpi selingkuh dan cara mengatasinya
(Foto: Shutterstock)

Arti Mimpi Suami Selingkuh dengan Teman Sendiri

Ada mitos yang mengatakan bahwa mimpi seperti ini memberi isyarat bahwa pasangan suami-istri akan langgeng dan panjang umur.

Namun apabila disambungkan dengan kesadaran dan emosi manusia, hal ini biasanya didasarkan pada perasaan kesepian seorang istri. Jika Anda seorang istri tengah membaca artikel ini, perlu dicatat bahwa mimpi tersebut bukan berarti Anda harus memata-matai suami karena hanya akan mengakibatkan pertengkaran yang didasarkan pada mimpi buruk. Solusinya cukup sederhana, berlibur berdua ke suatu tempat.

Arti Mimpi Memergoki Suami Selingkuh

Biasanya mimpi seperti ini akibat seorang istri menaruh curiga yang berlebihan pada suaminya. Merasa sang suami menyembunyikan sesuatu, padahal sebenarnya ia hanya membutuhkan perhatian lebih dari suaminya. Solusinya cukup sederhana, ungkapkan pada suami agar ia memberikan perhatian khusus.

Arti Mimpi Suami Selingkuh dengan Mantan Kekasihnya

Sebagaimana penjelasan sebelumnya, mimpi bisa terjadi karena memori yang tergambar kembali dari harapan dan aktivitas sehari-hari. Mungkin seorang istri baru saja melihat suaminya menekan tombol love pada foto wanita di instagram atau menyukai status seorang wanita di facebook dan sebagainya. Sehingga timbul perasaan cemburu namun dipendam, masuklah memori tersebut pada alam bawah sadar dan menghasilkan mimpi buruk.

Sebab Terjadinya Mimpi Buruk

Arti mimpi suami selingkuh
(Foto: Shutterstock)

Tentu saja setiap orang tak bisa memilih mimpi apa yang menyertai tidurnya malam ini. Akan tetapi ada beberapa alasan mengapa mimpi buruk terjadi ketika tidur.

Makan Sebelum Tidur

Meningkatnya metabolisme dalam tubuh memungkinkan otak lebih aktif dalam keadaan tidak sadar, sehingga terjadi respon spontan yang mengakibatkan mimpi buruk.

Pengaruh Obat-obatan

Keadaan demam dan sakit biasanya sangat berpeluang mengalami mimpi buruk karena jenis obat-obatan yang dikonsumsi.

Begadang

Sepertinya ada benarnya lirik lagu dari Bang Haji Rhoma Irama, begadang bisa mengakibatkan badan kurang fit. Kondisi yang kekurangan istirahat membuka peluang terjadinya mimpi buruk ketika tidur.

Depresi

Pikiran yang tidak tenang dan tertekan bisa menjadi salah satu bayangan yang masuk dalam alam bawah sadar sehingga terjadilah mimpi buruk.

Baca juga: Ciri-Ciri Istri Selingkuh dan Rumus Cinta dari Para Profesor

Mengatasi Mimpi Buruk

Cara mengatasi mimpi buruk
(Foto: Shutterstock)

Secara umum dapat dipahami cara mengatasi mimpi buruk ini adalah melakukan kebalikan penyebabnya sebagaimana di jelaskan di atas. Hal yang paling utama adalah membuat tubuh serileks mungkin menjelang tidur. Seperti menarik napas perlahan, membaca doa, meyakinkan pada diri sendiri bahwa apapun yang akan terjadi dalam tidur, semua itu tidaklah nyata.

Minum air putih dan membaca buku akan membuat tidur semakin lelap. Aktivitas membaca buku cukup menyita energi penglihatan seseorang.

Apabila mimpi buruk terlanjur menghampiri tidur Anda, maka ceritakanlah mimpi tersebut pada orang-orang terdekat Anda. Pilihan lainnya adalah menuliskan mimpi buruk tersebut kemudian akhiri dengan cerita versi sendiri yang membahagiakan. Hal ini akan membuat sugesti dalam pikiran semakin positif dan benar-benar menyadarkan bahwa setiap orang bisa menulis ceritanya sendiri dengan bahagia.

Baca juga: 19 Cara Membuat Suami Betah di Rumah Menurut Para Ahli

Masih banyak misteri yang tersimpan dalam arti mimpi yang sering diterjemahkan orang-orang yang mengatakan ahlinya seperti halnya arti mimpi suami selingkuh. Ciri-ciri suami selingkuh sendiri sudah dijelaskan secara ilmiah pada artikel sebelumnya. Penelitian terkait mimpi ini juga masih memerlukan penelitian yang mendalam, cukup optimis ketika bangun dari mimpi buruk dan hadapi dunia nyata yang ada di depan mata.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password