Aritmia, Penyebab Kematian Mendadak yang Patut Diwaspadai

Penyebab Kematian Mendadak

Ohayo.co.id – Tahukah Anda apa sih aritmia tersebut? Dr. Yoga menjelaskan bahwa jantung bekerja terus menerus sebab otomatisitas sistem listrik. Sistem listrik jantung ini terdiri atas generator listrik alamiah, yakni nodus sinoatrial dan juga jaringan konduksi listrik dari atrium menuju ventrikel. Gangguan yang terjadi pada pembentukan serta penjalaran impuls listrik bisa menimbulkan penyakit aritmia tersebut.

Berdebar merupakan salah satu gejala yang paling sering dialami oleh penderita aritmia, akan tetapi spektrum gejala dari penyakit tersebut cukup luas, mulai dari berdebar itu sendiri, keleyengan, stroke, pingsan, dan bahkan kematian dadakan. Tetapi, aritmia ini tak sepopuler penyakit jantung koroner atau sindrom gagal jantung, sebab pemahaman masyarakat yang masih rendah. Bahkan dokter ahli aritmia pun masih sangat sedikit dan fasilitas kesehatan yang sediakan layanan canggih aritmia masih sangat terbatas.

Aritmia, Penyebab Kematian Mendadak yang Patut Diwaspadai

Penyebab Kematian Mendadak aritmia

Aritmia merupakan irama yang bukan berasal dari nodus SA atau irama yang tak teratur sekalipun yang berasal dari nodus SA maupun frekuensi kurang dari 60 kali per menit bahkan bisa lebih dari 100 kali per menit, juga ada hambatan implus supra atau intraventrikular. Untuk bisa mengetahui mekanisme aritmia ini sendiri dibutuhkan pengetahuan tentang mekanisme pembentuk dan konduksi listrik miokard dalam keadaan normal.

Baca Juga : Cara Mengatasi Stres dengan Minuman

Biasanya penyakit aritmia tersebut harus jalankan terapi untuk cegah kondisi yang semakin memburuk. Untuk dapat mendiagnosa aritmia ini bisa dilakukan dengan sinyal listrik jantung yang biasanya disebut dengan electrocardiogram atau ECG. Secara garis besarnya, penyakit aritmia tersebut terdiri atas 2 kelompok besar, yakni bradiaritmia yang merupakan laju jantung terlalu lambat dan juga takiaritmia yang merupakan lanju jantung yang cukup cepat.

Selain hal tersebut aritmia ini juga bisa ditimbulkan oleh beberapa sebab, yakni persyarafan autonom dan juga obat – obatan yang mempengaruhinya, ph, lingkungan sekitar seperti iskemia, keadaan elektrolit tak seimbang, jaringan abnormal, sikatriks, inflamasi, dan kalsifikasi.

Demikian tadi yang bisa kami informasikan kepada Anda tentang aritmia, penyebab kematian mendadak yang patut diwaspadai. Semoga bisa bermanfaat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password