9 Aplikasi Perekam Layar PC dan Laptop, Gratis Tanpa Watermark!

Aplikasi Perekam Layar PC dan Laptop Gratis Tanpa Watermark

Ohayo.co.id – Aplikasi perekam layar PC gratis merupakan aplikasi yang kamu butuhkan jika ingin membuat video tentang apa yang terjadi di desktop atau laptop milikmu. Aplikasi perekam layar memungkinkanmu untuk membuat video demo, merekammu saat bermain game, dan membuat video yang bisa dibagikan secara online di YouTube. Berikut aplikasi perekam layar PC yang bisa kamu download secara gratis dan tanpa ada watermark.

Aplikasi Perekam Layar PC dan Laptop Gratis Tanpa Watermark

1. OBS Studio

OBS Studio
Foto: OBS Project

OBS Studio adalah aplikasi perekam layar gratis untuk merekam video dan streaming langsung tanpa watermark atau batasan waktu. Aplikasi ini lebih disukai oleh gamer hardcore karena bisa dipakai untuk menyiarkan rekaman gameplay mereka secara langsung. Menggunakan OBS Studio kamu bisa menangkap tidak hanya seluruh tampilan atau jendela tertentu tetapi juga dari webcam dan mikrofon. Untuk streaming, aplikasi ini memungkinkan kita untuk memilih aplikasi desktop dan sumber audio yang mana yang akan dibagikan, serta membuat video berlayer untuk webcam.

Meskipun OBS Studio adalah alat serbaguna untuk perekaman layar, OBS Studio tidak terintegrasi dengan editor video. Jadi kamu perlu menggunakan tool lain jika ingin mengedit video yang direkam. Sebagai catatan tambahan, karena OBS Studio adalah aplikasi open-source, kamu harus berhati-hati untuk tidak mengunduh program dari situs web apa pun selain dari situs resminya.

2. ActivePresenter

ActivePresenter
Foto: Atomi Systems

ActivePresenter adalah aplikasi perekam layar dan editor video all-in-one. ActivePresenter memiliki hampir semua fitur dan efek yang diperlukan seseorang untuk merekam layar dan mengedit video. ActivePresenter versi gratis tidak dikenakan biaya dan tanpa watermark atau batasan waktu. Setelah merekam, kamu bisa memotong, membagikan rekaman, mengubah kecepatan dan volume, menambahkan teks, anotasi, animasi, dan banyak lagi. Saat kamu upgrade ke versi berbayar, lebih banyak fitur pengeditan audio dan video yang tersedia untuk membuat video dan simulasi software yang mengesankan.

3. FlashBack Express

FlashBack Express
Foto: Youtube

Flashback Express adalah aplikasi perekam gratis yang dapat merekam layar, webcam, dan suara. Aplikasi ini tidak memiliki batas waktu pada rekaman atau watermark pada video output. Jika kamu menjalankan perangkat lunak ini pada sistem multi-monitor, kamu bisa merekam layar di beberapa monitor atau membatasi pengambilan hanya di satu monitor. Kamu juga bisa menggunakan rekaman terjadwal untuk memulai dan menghentikan rekaman pada waktu yang dijadwalkan atau ketika aplikasi tertentu diluncurkan.

Flashback Express adalah versi gratis dari aplikasi berbayar, Flashback Pro. Meskipun kedua versi memiliki fitur perekaman yang sama, versi gratisnya tidak menyertakan fitur pengeditan video, anotasi, atau efek apa pun. Untuk fitur sharing, pengguna dapat menyimpan video berformat MP4, AVI, atau WMV dan langsung mengunggah video ke YouTube. Namun pengguna berbayar juga bisa menyimpan video berformat Flash, QuickTime, GIF, atau EXE dan mengatur proteksi password untuk video.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar di Android Terbaik

4. Apowersoft Free Online Screen Recorder

Apowersoft Free Online Screen Recorder
Foto: Elearning Supporter

Jika kamu ingin merekam presentasi, demo perangkat lunak, atau tutorial, cobalah Apowersoft Free Screen Recorder Online. Tool ini adalah tool berbasis browser, yang berarti tidak cocok untuk merekam game, tetapi bisa digunakan untuk tugas lain. Kamu bisa mengambil rekaman dari desktop atau webcam, dan merekam audio dari PC, mikrofon, keduanya atau tidak sama sekali.

Kamu bisa merekam seluruh layar, memilih area secara manual atau memilih salah satu resolusi preset. Apowersoft Free Screen Recorder Online juga menawarkan shortcut keyboard yang dapat disesuaikan untuk kecepatan dan kenyamanan. Kamu bisa memilih untuk memasukkan kursor ke dalam rekaman dan memilih berbagai format output seperti MP4, WMV, AVI, MOV, dan banyak lagi. Kamu bahkan bisa menambahkan anotasi selama perekaman. Setelah selesai, Kamu bisa menyimpan rekaman sebagai file video atau GIF, mengunggahnya langsung ke YouTube atau Vimeo, atau mengirimkannya ke Google Drive atau Dropbox.

5. XSplit Broadcaster

Xsplit Broadcaster
Foto: XSplit

XSplit Broadcaster adalah aplikasi perekam layar PC yang dirancang untuk merekam rekaman layar berkualitas tinggi dan streaming melalui internet. Kamu bisa memberi feed video dan audio dari sejumlah sumber, dan bahkan menggabungkannya selama live stream. Setelah merekam, XSplit Broadcaster dapat langsung membagikan video output ke platform yang berbeda. Versi gratis dari XSplit Broadcaster membatasi kualitas video menjadi 720p pada 60fps. Aplikasi ini dapat merekam video dengan kualitas 1080p tetapi dengan watermark.

6. Debut Video Capture

Debut Video Capture
Foto: Softpedia

Debut Video Capture bisa melakukan lebih dari sekadar merekam apa yang terjadi pada monitor PC atau laptopmu. Selain perekaman layar utama (tanpa batas waktu atau watermark), Debut Video Capture juga dapat merekam cuplikan dari perangkat eksternal, termasuk webcam dan kamera keamanan.

Tidak ada tool pengeditan video, tetapi Anda dapat menerapkan filter dan menambahkan teks dan watermark sendiri sebelum mulai merekam. Tidak ada opsi untuk mengekspor video langsung ke YouTube atau Facebook, tetapi video dapat disimpan dalam semua format utama, termasuk MP4, MOV dan AVI.

Baca Juga: 7 Aplikasi Edit Video Vlog Android yang Mudah Untuk Youtuber Pemula

7. Showmore

Showmore
Foto: Showmore

ShowMore adalah aplikasi perekam layar gratis yang memungkinkan kita merekam aktivitas apa pun di layar PC sebagai video. Kamu bisa memilih area mana saja pada layar untuk dibuat screencast. Dan untuk memutar video pada platform yang berbeda dengan sempurna, aplikasi ini menyediakan berbagai resolusi standar, termasuk 1280X720 untuk YouTube, 1920X1080 untuk iPhone 6 Plus, dan banyak lagi. Dengan Showmore, kamu dapat merekam video tanpa watermark atau batas waktu.

Untuk skenario yang berbeda, aplikasi ini menawarkan opsi input audio yang berbeda yaitu dari sistem, mikrofon, atau sistem dan mikrofon. Selain menangkap layar PC kamu juga dapat merekam dari webcam, yang sangat membantu dalam merekam tutorial, kelas online dan gameplay karena orang dapat melihat ekspresi wajah Anda saat menonton rekaman. Untuk membuat video yang kompatibel dengan berbagai gadget, aplikasi ini menyediakan berbagai format video, seperti MP4, AVI, WMV, FLV, GIF. Terlebih lagi, kamu bisa menyesuaikan frame rate, bitrate, dan kursor mouse untuk screencast.

8. ShareX

ShareX
Foto: ShareX

ShareX adalah aplikasi open source untuk screenshot dan merekam video layar. Tidak ada watermark atau batas waktu yang perlu dikhawatirkan. Kamu juga dapat menggunakan perekam layar gratis ini untuk menyimpan hasil rekaman sebagai GIF yang dapat sangat berguna untuk berbagi di forum dan media sosial.

ShareX juga dapat menangkap seluruh halaman web scrolling, menangkap dan mengidentifikasi teks melalui OCR, dan bahkan merekam layar sesuai dengan jadwal. Fitur terbaik lainnya adalah kemampuan untuk mengirim video hasil rekaman langsung ke situs berbagi file atau media sosial. Sayangnya, ShareX tidak mendukung pengambilan layar atau rekaman dari game yang berjalan dalam mode layar penuh atau full screen.

9. Windows 10 Game Bar

Windows 10 Game Bar
Foto: Xbox Support

Untuk pengguna Windows 10, kamu sebenarnya tidak perlu susah-susah mencari aplikasi perekam layar PC karena Windows 10 memiliki fitur Game Bar atau Game DVR yang bisa digunakan untuk merekam layar dengan mudah. Fitur Game bar hanya bisa merekam satu jendela saja sehingga jendela yang lain tidak akan ikut terekam saat dibuka. Jadi Game bar tidak dapat merekam layar penuh atau wilayah tertentu karena memang dirancang untuk merekam game.

Merekam layar dengan fitur Game bar bisa dilakukan dengan menekan tombol Windows + G. Tekan tombol Start/Stop Recording untuk memulai dan menghentikan rekaman. Gunakan tombol Turn Microphone On/Off untuk menghidupkan mikrofon jika kamu mau. Setelah merekam, pangkas videomu atau ganti namanya di aplikasi Xbox. Video akan disimpan di folder Capture, yang secara default ada di folder Video. Kamu bisa mengelola berbagai pengaturan perekaman dengan mengunjungi Settings > Gaming > Game DVR. Di sana kamu bisa mengubah pengaturan kualitas audio dan video.

Itulah beberapa aplikasi perekam layar PC dan laptop terbaik yang gratis dan tanpa watermark. Aplikasi-aplikasi di atas bisa kamu download dengan mudah dan bisa digunakan untuk merekam video gameplay, tutorial, maupun demo aplikasi. Semoga informasi ini bermanfaat!

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password