Apa Itu Varises? Inilah Jawaban Lengkapnya!

apa itu varises

Ohayo.co.id – Apa itu varises? Varises adalah pembuluh darah vena yang mengalami pembengkakan dan tampak dekat dari permukaan kulit, yang disebabkan oleh adanya penumpukan darah di dalam pembuluh darah tersebut. Varises merupakan penyakit umum yang menjangkiti 30% orang dewasa, orang lanjut usia, wanita, dan juga orang yang mengalami obesitas. Pengidap obesitas bahkan sangat berisiko memiliki varises ini jauh lebih tinggi daripada lainnya loh. Untuk selengkapnya mengenai apa itu varises, Anda bisa menyimaknya pada ulasan berikut.

Apa Itu Varises?

Apa Itu Varises? Inilah Jawaban Lengkapnya!

Apakah Anda tahu apa itu varises? Varises adalah pembengkakan pada pembuluh darah yang ditandai dengan pembuluh vena yang berwarna ungu atau biru gelap, dan tampak bengkak dan menonjol. Varises dapat terjadi di seluruh pembuluh vena yang ada di dalam tubuh. Namun, yang sering terjadi adalah di area tungkai, terutama betis, karena tekanan besar saat kita berdiri atau berjalan. Varises juga dapat muncul di bagian panggul, anus, vagina, rahim, atau kerongkongan.

Sebagian besar yang mengidap Varises adalah kaum wanita, Selain itu ada beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena varises, yaitu bertambahnya usia, berat badan yang berlebih atau obesitas, faktor genetik, dan lingkungan kerja yang mengharuskan seseorang harus berdiri dalam jangka waktu lama.

Apa itu varises dan gejalanya ? diantara gejala yang  dapat dirasakan adalah kaki akan terasa berat dan nyeri pada bagian kaki khususnya setelah berdiri atau duduk dalam jangka waktu yang cukup lama. Kedua, vena akan terlihat menonjol dan membengkak pada bagian paha, mata kaki dan lutut. Ketiga, kulit terasa kering dan gatal, terjadi perubahan warna, kulit yang lebih tipis, ulkus dan infeksi jaringan lunak dapat terjadi di dekat mata kaki.

Baca juga : 5 Jenis Susu Low Fat Terbaik Baik untuk Penderita Obesitas

Apa Itu Varises? Inilah Jawaban Lengkapnya!

Varises disebabkan karena katup pembuluh vena melemah dan tidak mampu menahan akumulasi darah. Lemah atau rusaknya katup pada pembuluh vena menyebabkan darah berbalik arah dan terjadi penumpukan darah. Maka kemudian penumpukan inilah yang menyebabkan pembuluh vena membengkak dan melebar. Penyakit ini tidak dapat menular ataupun diturunkan namun varises biasanya terjadi dalam satu keluarga.

Setelah mengetahui apa itu varises dan gejalanya, selanjutnya adalah mengenai pengobatannya. Pengobatan yang dapat dilakukan pada Varises biasanya dilakukan dengan terlebih dahulu melihat kondisi pasien secara keseluruhan, baik itu dilihat dari ukuran dan posisi varises, serta tingkat keparahan. Tujuan pengobatan adalah untuk meredakan gejala, mencegah varises bertambah parah, dan menghindari terjadinya komplikasi yang akan terjadi yaitu berupa luka atau pendarahan.

Metode pengobatan yang biasanya digunakan adalah dengan terapi obat dan memakai stoking khusus yang dinamakan stoking kompresi. Jika rasa tidak nyaman atau nyeri akibat varises semakin terasa atau bahkan bertambah, maka dokter akan merekomendasikan prosedur bedah, misalnya dengan melakukan terapi laser atau mengikat pembuluh vena.

Baca juga : 5 Pantangan Setelah Melahirkan Normal yang Tidak Boleh Dilakukan

Apa Itu Varises? Inilah Jawaban Lengkapnya!

Faktor yang meningkatkan risiko varises ini ada banyak sekali, yaitu seperti faktor usia. Risiko varisan akan meningkat dengan seiring bertambahnya usia, karena pembuluh darah dan katup pembuluh darah akan memburuk secara bertahap. Tidak hanya itu, wanita juga memiliki risiko yang tinggi yaitu karena mengalami perubahan hormonal yang disebabkan oleh kehamilan, sedang dalam terapi hormon dan pil pengontrol kehamilan, serta wanita yang sedang menstruasi dan menopause. Faktor yang selanjutnya adalah genetik alias keturunan, dimana Anda berisiko mengalami Varises apabila salah satu dari keluarga mengidap Varises.

Demikianlah pembahasan mengenai seputar apa itu Varises yang harus diketahui. Tidak memiliki faktor risiko yang telah disebutkan diatas bukan berarti Anda tidak dapat menderita varises, maka selalu konsultasikan ke dokter dan kenali ciri-cirinya. Semoga bermanfaat dan tetap terapkan pola hidup yang sehat.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password