Aneka Cemilan Kekinian yang Mudah Dibuat, Bisa Juga Untuk Dijual!

Aneka Cemilan Kekinian yang Mudah Dibuat

Ohayo.co.id – Perkembangan dunia kuliner semakin berkembang pesat akhir-akhir ini. Banyak inovasi jajanan kekinian yang bermunculan. Cemilan kekinian pun mudah kita jumpai di pinggir jalan. Namun bagi kamu yang ingin mencoba membuatnya sendiri, Ohayo punya daftar aneka cemilan kekinian yang mudah dibuat. Bahkan cemilan kekinian ini juga bisa dijual dan jadi peluang bisnis lho.

Resep Aneka Cemilan Kekinian yang Mudah Dibuat

1. Bola ubi, cemilan hits kekinian yang yummy

Bola Ubi, Cemilan Kekinian yang Mudah Dibuat

Bola-bola ubi kopong merupakan cemilan kekinian yang cukup banyak ditemukan di pinggir jalan. Jika ingin membuat bola ubi yang unik, kamu bisa membuatnya dengan berbagai macam warna. Bahan yang diperlukan untuk membuatnya antara lain adalah 300 gr gula halus, 1 buah ubi putih, 1 buah ubi ungu, 1 buah ubi oranye, 24 sendok makan maizena, 3 sendok teh baking powder, 360 gr tepung sagu.

Cara membuatnya mudah kok. Potong kecil-kecil ubinya, lalu masukkan ke panci berisi air mendidih dan kukus ubi hingga matang. Pisahkan ubi sesuai warnanya, kemudian masukkan ke dalam mangkuk dan tumbuk hingga menjadi halus. Bagi semua bahan menjadi 3 bagian (masing-masing 100 gr gula halus, 8 sendok makan maizena, 1 sendok teh baking powder, 120 gr tepung sagu). Campurkan semua bahan tersebut ke setiap ubi yang sudah dipisah dan ditumbuk. Bentuk adonan menjadi bola-bola lalu goreng hingga mengembang dan kecoklatan. Taburi dengan gula halus bila suka. Jadi deh, bola-bola ubi warna-warni yang yummy!

2. Corn dog, cemilan kekinian yang mudah dibuat dan bikin nagih

Corn dog

Ingin cemilan kekinian yang gurih? Cobalah corn dog. Corn dog mini bahkan cocok menjadi cemilan ringan kekinian yang bisa kamu dijual karena pembuatannya yang sangat mudah. Bahan-bahannya yaitu 5 buah sosis yang dipotong jadi dua, 120 gr cornmeal (tepung jagung), 120 gr tepung terigu, 2 sendok makan gula, 2 sendok teh baking powder, 1/8 sendok teh garam, 100 ml susu, dan 1 butir telur.

Cara membuatnya yang pertama adalah campur rata cornmeal, tepung terigu, baking powder, gula, dan juga garam. Di mangkuk terpisah kocoklah susu dan telur, kemudian tuang ke adonan kering tadi. Tusuk sosis-sosis menggunakan lidi dan celupkan ke adonan yang telah dibuat. Goreng di minyak yang panas hingga matang dan kecoklatan. Mudah kan?

Baca juga : 5 Pilihan Cemilan Diet Keto yang Bisa Bikin Perut Kenyang

3. Banana nugget, cemilan kekinian murah meriah

Banana nugget

Banana nugget atau pisang nugget merupakan cemilan kekinian murah meriah karena bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya sangat mudah ditemukan. Bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah 5 buah pisang kepok yang telah dilumatkan, 100 gr tepung terigu, 1 butir telur, 1 sendok makan gula, 3 sendok makan susu kental manis, 1/4 sendok teh garam, vanili secukupnya, 175 gr keju parut, dan 100 ml air. Untuk lapisan luarnya, siapkan maizena yang sudah dilarutkan dengan air dan tepung roti secukupnya.

Cara membuatnya yang pertama adalah campur semua bahan dan kukus hingga hingga matang. Setelah matang, potong adonan sesuai selera. Setelah itu baluri dengan larutan tepung maizena, kemudian dengan tepung roti. Goreng hingga matang dan kecoklatan. Kamu bisa menyajikannya dengan susu kental manis, keju, selai, atau topping lainnya sesuai selera.

4. Hottang, hot dog kentang yang unik dan renyah

Hottang

Hot dog sudah menjadi cemilan yang populer. Namun baru-baru ini muncul inovasi berupa hotdog kentang atau yang biasa disebut hottang. Untuk membuat cemilan hits kekinian ini bahan yang perlu disiapkan antara lain 6 buah sosis, 500 gr kentang beku yang telah dipotong-potong, 100 gr tepung terigu, 30 gr tepung maizena, 70 cc air, 1 butir telur ayam, serta merica, garam, dan kaldu bubuk secukupnya.

Untuk membuatnya, masukkan tepung terigu, tepung maizena, telur, garam, merica, dan kaldu bubuk ke dalam mangkuk. Kemudian campur dengan air sedikit demi sedikit hingga adonan menjadi kental. Tusukkan sosis dengan tusuk sate dan celupkan ke adonan tadi. Gulingkan sosis ke potongan kentang sambil dipadatkan. Goreng pada minyak yang telah dipanaskan hingga hottang matang dan berwarna kecoklatan. Lengkapi dengan saus sambal atau mayoinaise sesuai selera.

Baca juga : 5 Jenis Cemilan Pelancar Asi yang Baik untuk Ibu Menyusui

5. Oreo goreng, cemilan snack kekinian yang simple tapi unik

Oreo goreng

Oreo tidak selalu diputar, dijilat, dan dicelupin. Oreo juga bisa digoreng. Oreo goreng merupakan cemilan kering kekinian yang mudah dibuat. Kamu cukup menyiapkan 10 keping oreo, 125 gr tepung terigu, 100 ml susu cair, 1 butir telur ayam, dan 1 sendok makan gula halus. Aduk rata tepung terigu, susu cair, telur, dan gula halus hingga menjadi adonan yang kental. Masukkan oreo ke dalam adonan, lalu goreng adonan berisi oreo tersebut pada minyak yang sudah dipanaskan. Goreng hingga matang dan berwarna kecoklatan. Setelah diangkat dan ditiriskan, oreo goreng yang lezat siap disantap!

Itulah tadi beberapa resep cemilan kekinian yang mudah dibuat karena terbuat dari bahan-bahan yang sangat mudah didapatkan. Cemilan-cemilan di atas juga bisa menjadi peluang bisnis kuliner. Selamat mencoba!

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password