5 Alasan untuk Membuat Blog Sebelum Usia Senja

5 Alasan untuk Membuat Blog Sebelum Usia Senja - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Membangun sebuah blog adalah perkara yang mudah. Saat ini banyak sekali platform blog gratisan seperti Blogger (Blogspot) atau WordPress.com yang dapat dimanfaatkan sebagai media menulis, entah untuk kepentingan aktualisasi diri maupun untuk kepentingan bisnis.

Rasanya tidak ada masalah bila, misalnya, kamu ingin menggunakan layanan hosting untuk blog yang sedang dibangun. Ada banyak pilihan hosting murah unlimited untuk meramaikan jagat maya.

Sebelum memasuki usia senja, kamu disarankan untuk memiliki setidaknya satu blog, setidaknya karena lima alasan berikut ini.

5 Alasan untuk Membuat Blog Sebelum Usia Senja

  1. Mencari Ruang untuk Melatih kemampuan menulis

Ilustrasi menulis di blog - 5 Alasan untuk Membuat Blog Sebelum Usia Senja - Ohayo.co.id

Hal yang paling mendasar dari blogging adalah menulis. Dengan konsistensi menulis di blog, kemampuan menulis kamu akan semakin matang. Kamu dapat menuliskan apa saja di blog kamu, termasuk berbagi pengalaman maupun berbagai macam hal menarik yang kamu temukan sehari-hari.

Jika blog dibangun berdasarkan topik tertentu, kamu bisa memanfaatkannya untuk berlatih menciptakan tulisan yang berkualitas. Dalam banyak hal, blog merupakan media yang bebas. Artinya, kamu bisa menulis apapun, kapanpun dan dipublikasikan kapan saja. Seperti kata Pramoedya Ananta Toer, menulis adalah bekerja untuk keabadian. Dan blog adalah media yang tepat untuk mengabadikan diri kamu melalui tulisan.

  1. Menambah wawasan

Menambah wawasan - 5 Alasan untuk Membuat Blog Sebelum Usia Senja - Ohayo.co.id

Salah satu hal yang wajib dilakukan seorang penulis adalah membaca. Begitu pula dengan blogger. Blogger yang baik dituntut untuk melakukan riset pada setiap tulisannya. Blogger dengan skill blogging tinggi biasanya akan melakukan riset untuk menentukan topik tulisan yang akan disuguhkannya ke pembaca.

Di samping itu, untuk menghasilkan kualitas tulisan yang baik, blogger dituntut memiliki pengetahuan yang luas. Tanpa membaca dan melakukan riset bahan tulisan, kamu tidak mungkin menghasilkan tulisan berbobot. Jadi, blogging mau tidak mau akan membuat kamu menjadi pribadi yang suka membaca.

Baca juga : Pilihan Widget Super Keren Agar Blogspotmu Tampil Lebih Elegan dan Menarik

  1. Media aktualisasi diri

Media aktualisasi diri - 5 Alasan untuk Membuat Blog Sebelum Usia Senja - Ohayo.co.id

Blog bisa menjadi cermin bagi diri kamu sendiri. Alasannya, apa yang kamu tulis menunjukkan diri kamu. Seberapa jauh kamu mengetahui sesuatu dapat dilihat dari tulisan di blog kamu. Maka tidak salah apabila blog dapat berfungsi sebagai menjadi media aktualisasi diri.

Kamu bisa menjadikan blog sebagai media untuk membangun personal branding. Siapa tahu, dengan kualitas tulisan yang baik, ada penerbit yang hendak menjadikan kumpulan tulisanmu menjadi sebuah buku. Blog bisa menjadi jalan pertama kamu untuk menjadi penulis terkenal.

  1. Memperluas jaringan

Memperluas jaringan - 5 Alasan untuk Membuat Blog Sebelum Usia Senja - Ohayo.co.id

Blogger bukan hanya sebatas dunia maya saja, tetapi juga merambah ke dunia nyata. Saat ini jaringan maupun komunitas blogger telah menjamur di Indonesia. Kamu dapat menjadi salah satu bagian dari itu. Biasanya komunitas blogger akan mengadakan kopi darat di tempat tertentu dan kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk memperluas jaringan kamu.

Kamu dapat berkenalan dengan blogger lain, baik di dunia maya maupun nyata. Kamu dapat berbagi pengalaman blogging, ataupun bertanya mengenai kiat-kiat blogging yang baik.

Baca juga : Membangun Keamanan Blog Self-Hosted WordPress Dengan SSL

  1. Dapat menambah penghasilan

Dapat menambah penghasilan - 5 Alasan untuk Membuat Blog Sebelum Usia Senja - Ohayo.co.id

Inilah keuntungan yang paling banyak dicari oleh para blogger, yaitu penghasilan. Mengembangkan blog memang bisa menjadi ladang penghasilan buat kamu. Kamu dapat memanfaatkan Google Adsense atau sejenisnya untuk menambah pundi-pundi dollar dari dunia internet.

Tentu saja untuk mencapai ke titik ini kamu perlu perjuangan yang tidak sepele. Kamu harus benar-benar menyediakan blog yang berkualitas mulai dari konten, tampilan, hingga fitur SEO-nya. Untuk mengejar penghasilan lewat blog, platform blog gratisan tidak disarankan. Kamu sebaiknya memilih layanan self-hosted blog.

Nah, self-hosted blog membutuhkan dukungan dari layanan hosting yang tepat. Di titik ini, ada Niagahoster yang menyediakan dukungan terbaik untuk para pengelola blog, terutama lewat layanan Green Data Center Tier-4 DCI Indonesia yang meningkatkan kecepatan akses ke blog yang kamu kelola.

Selain layanan tersebut, Niagahoster juga menyediakan layanan lain yang meliputi garansi uang kembali 30 hari dan dukungan teknis 24 jam dalam seminggu. Bagi para penulis, membangun sebuah blog self-hosted jadi opsi menarik, apalagi bila yang dibicarakan adalah usaha membangun blog dengan kredibilitas tinggi, sekaligus mudah dan cepat ketika diakses orang banyak.

Kalau memang itu yang kamu inginkan, Niagahoster akan memberikan layanan hosting murah yang sesuai kebutuhanmu.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password