3 Alasan Mengapa Harus Ganti Lampu Mobil dengan LED

3 Alasan Mengapa Harus Ganti Lampu Mobil dengan LED - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Lampu utama mobil (headlight) adalah salah satu komponen penting dalam sebuah mobil. Lampu utama mobil sangat penting digunakan pada saat malam hari, saat hujan turun, atau sedang kabut. Selain itu, lampu mobil juga dapat dianggap sebagai aksesori mobil yang memengaruhi nilai eksterior suatu mobil. Maka, tak jarang para pencinta otomotif melakukan berbagai modifikasi pada lampu mobilnya supaya terlihat lebih gagah.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, lampu kendaraan pun terus berkembang di dunia otomotif untuk menghasilkan kualitas lampu mobil terbaik. Terdapat tiga jenis lampu mobil yang dipakai oleh kebanyakan lampu di Indonesia, yaitu lampu halogen, HID, dan LED. Namun, salah satu pilihan lampu mobil dengan teknologi terkini yang menjadi favorit banyak orang saat ini adalah lampu LED.

Nah, sebelum kamu mengganti lampu mobil lama dengan lampu mobil LED, beberapa hal dibawah ini dapat menjadi pertimbangan sebelum melakukan penggantian. Setidaknya ada tiga alasan mengapa kamu mesti mengganti lampu standar mobil dengan tipe LED.

3 Alasan Mengapa Harus Mengganti Lampu Mobil dengan LED

 1. Lampu LED lebih Hemat energi

Lampu LED lebih Hemat energi - 3 Alasan Mengapa Harus Ganti Lampu Mobil dengan LED - Ohayo.co.id

Kesan futuristik lampu depan mobil. (Foto: Unsplash)

Konsumsi daya listrik yang digunakan oleh lampu LED terhitung hemat. Daya listrik yang dikonsumsi oleh lampu ini hanya setengah dari lampu pada umumnya, yaitu sekitar 55/60 W. Meskipun konsumsi daya listrik lampu mobil LED lebih hemat dibanding lampu standar, cahaya yang dihasilkan lampu mobil ini lebih baik karena lebih terang.  Dengan konsumsi daya listrik yang lebih rendah ini, aki yang ada pada mobil juga tidak akan lebih cepat tekor.

Baca juga : Panduan Memilih Oli Mobil yang Tepat Wajib Anda Tahu

2. Cahaya lebih terang

Cahaya lebih terang - 3 Alasan Mengapa Harus Ganti Lampu Mobil dengan LED - Ohayo.co.id

Cahaya lampu LED biasanya lebih kuat dan terang. (Foto: Unsplash)

Pada lampu LED, cahaya yang dihasilkan berwarna putih lebih terang daripada lampu halogen yang merupakan standar mobil pada umumnya. Meskipun cahaya lampunya lebih terang, namun cahaya lampu LED ini tidak akan menyilaukan. Hal ini tentunya menjadi nilai plus untuk menambah kenyamanan pengguna kendaraan. Selain itu, karena menggunakan dioda semikonduktor, proses pembakaran tidak terjadi pada lampu LED.

Dioda semikonduktor ini akan menghasilkan lebih banyak cahaya di temperatur yang lebih rendah daripada saat di temperatur yang lebih tinggi. Temperatur lampu mobil LED juga bisa dibilang lebih stabil, sehingga panas yang dihasilkan oleh lampunya akan lebih sedikit. Selain itu, hasil cahaya yang dibutuhkannya pun dapat diatur.

Pada mobil LED, satuan temperatur kelvin digunakan untuk mengatur ketepatan cahaya lampunya. Di Indonesia, temperatur cahaya yang tepat berkisar di 6.000 kelvin, karena dengan kisaran temperatur tersebut, cahaya warna kuning masih terdapat di lampunya untuk mengatasi saat cuaca sedang hujan dan berkabut.

Baca juga : Cara Memilih Cover Jok Mobil yang Harus Kamu Perhatikan

3. Harga lebih terjangkau

Harga lebih terjangkau - 3 Alasan Mengapa Harus Ganti Lampu Mobil dengan LED - Ohayo.co.id

Mobil zaman sekarang sudah memakai LED untuk lampu depan. (Foto: Pexels)

Untuk urusan harga, lampu LED ini terhitung jauh lebih terjangkau karena harganya yang terhitung lebih murah. Lampu mobil standar bawaan mobil yang dijual oleh gerai otomotif resmi harganya cenderung lebih mahal, sehingga banyak orang yang beralih dari membeli lampu mobil biasa ke lampu mobil LED.

Variasi lampunya pun lebih banyak, sehingga akan ada lebih banyak pilihan merek lampu bagi yang mau melakukan penggantian. Selain itu, lampu mobil LED lebih tahan lama karena masa pakainya dapat bertahan dari 30.000 hingga 50.000 jam kerja. Maka, jika kita sudah menggunakan lampu mobil LED, kita tak perlu khawatir lampu mobil akan mudah putus atau rusak, karena lampu mobil ini sudah terkenal karena keawetannya.

Itulah 3 alasan yang bisa dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk mengganti lampu mobil biasa dengan lampu mobil LED. Selain cahaya yang lebih terang dan tidak menyilaukan, lampu LED juga lebih hemat energi, lebih awet, dan lebih terjangkau harganya.

Lebih baik dari lampu mobil biasa, bukan? Mungkin sekarang kamu bisa mempertimbangkan belanja lampu mobil LED di Shopee. Ada banyak alternatif lampu LED yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password