Ini 4 Alasan Mengapa Kamu Harus Bangga Jadi Anak Sulung

Alasan Mengapa Kamu Harus Bangga Jadi Anak Sulung

Ohayo.co.id – Menjadi anak sulung bukan perkara mudah. Ada banyak hal yang harus dilakukannya selama hidup sebagai anak tertua dari sebuah keluarga. Selain menjadi percontohan bagi adik-adiknya, anak sulung juga wajib membekali diri dengan karakter tangguh dan pemberani. Meski usaha ini terbilang tidak mudah, tapi ada 4 alasan mengapa jadi anak sulung adalah anugerah dan kamu harus bangga akan hal itu. Berikut ulasannya.

Alasan Mengapa Kamu Harus Bangga Jadi Anak Sulung

Karena kamu adalah contoh bagi adik-adikmu, masa depanmu akan dirancang lebih tertata demi menjadi tauladan utama

Alasan Mengapa Kamu Harus Bangga Jadi Anak Sulung
Kamu menjadi seseorang yang lebih visioner (Foto: Pexels/ Feedyourvision)

Banyak orang yang merasa menyerah saat harus menjadi tumpuan utama keluarga. Anak sulung, mau tak mau memang akan menjadi ‘bahan eksperimen’ orang tua dalam menerapkan pendidikan pertama di keluarga. Tidak heran bila masa depan anak sulung akan dirancang lebih baik ketimbang adik-adiknya. Hal ini dimaksudkan agar ia bisa menjadi suri tauladan bagi adik-adiknya.

Anak sulung juga menjadi pribadi yang lebih visioner serta mandiri. Hal ini berkaitan erat dengan perencanaan masa depannya. Meski tidak selalu berakhir sesuai ekspektasi, namun perjuangan anak sulung memang harus diacungi jempol.

Baca juga: Hasil Study Membuktikan Anak yang Mirip Ayahnya Akan Tumbuh Lebih Sehat

Anak sulung terbiasa menghadapi kenyataan pahit, tidak heran pribadimu lebih tangguh ketimbang adik-adikmu

Alasan Mengapa Kamu Harus Bangga Jadi Anak Sulung
Terbiasa menghadapi tantangan (Foto: Pexels/Victoria Borodinova)

Menjadi salah satu penopang keluarga setelah ayah ibu, anak sulung pasti punya kepribadian yang tangguh. Hal ini bisa dilihat dari bagaimana ia berproses selama hidup. Banyak anak sulung yang menjadi pendengar pertama bagi permasalahan yang terjadi di dalam keluarga. Orang tua akan menceritakan apapun kepada anak pertama atau anak kesayangan mereka. Sebagai anak sulung, kamu pasti dituntut menjadi pendengar yang baik. Selain itu, orang tua akan meminta saran kepada anak sulungnya.

Hal ini secara tidak langsung menghadapkanmu pada kedewasaan lebih dini. Kamu akan menjadi pribadi yang tangguh dan lebih bijaksana. Kamu juga menjadi lebih terbiasa menghadapi berbagai permasalahan yang terjadi di sekitarmu. Karena sudah terbiasa, cara pandangmu pun menjadi jauh berbeda dengan kebanyakan orang. Bersyukurlah, itu menjadi salah satu kekuatan yang kamu miliki.

Anak sulung biasanya adalah pribadi yang selalu mengalah serta penyayang dan tidak semua orang mampu menjadi pribadi seperti itu

pribadi penyayang
Merupakan pribadi penyayang (Foto: Pexels/Ana Francisconi)

Sekalipun menjadi pribadi yang visioner dan ambisius, kebanyakan anak sulung menjadi pribadi yang mengalah. Mereka rela melihat adik-adiknya lebih banyak mendapatkan perhatian, agar tidak merasakan hal pahit di masa lalu. Anak sulung juga menjadi pribadi yang tidak banyak menuntut, terutama karena mereka tahu bagaimana kondisi terkini orang tuanya.

Tidak semua orang mampu menjadi pribadi yang mengalah seperti anak sulung. Kebanyakan orang akan mendahulukan kepentingannya di atas kepentingan orang lain. Karakter spesial ini kelak akan membantu anak sulung untuk lekas bangkit dari persoalan hidup. Apakah kamu juga memiliki karakter semacam ini?

Baca juga: Mau Liburan Bersama Keluarga? Beberapa Tips Di Bawah Ini Bisa Jadi Pilihan, Yuk Disimak!

Anak sulung biasanya adalah pribadi yang bijaksana dan menjadi teman curhat bagi banyak orang, tak hanya adik-adiknya

selalu menjadi pendengar yang baik
Selalu menjadi pendengar yang baik (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Kebanyakan anak sulung akan menjadi tempat meluapkan emosi dan kesedihan bagi orang-orang di sekitarnya. Hal ini tidak lepas dari kedewasaan dan kebijaksanaan yang dimilikinya. Kamu tidak perlu khawatir akan kehilangan teman, karena banyak orang menyukai sifatmu yang satu ini. Sebagai anak sulung yang terbiasa memberi, kamu pun tidak pernah ragu menolong siapapun, meskipun tidak ada jaminan seseorang menolongmu di masa depan. Ketulusanmu patut diapresiasi.

Nah, kini kamu tidak perlu bersedih hati bukan, saat takdir memilihmu menjadi anak sulung? Meskipun perjuangan tidak ringan, setidaknya kamu memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh orang lain, bahkan adik-adikmu sendiri. Tetap semangat ya, anak sulung!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password