Terlalu Sering Menggunakan Smartphone Bisa Alami Gangguan Mental?

Terlalu Sering Menggunakan Smartphone Bisa Alami Gangguan Mental?

Ohayo.co.id – Penggunaan smartphone kini memang menjadi kebutuhan utama semua orang. Bahkan tiap jam, menit, dan bahkan detik perlu untuk memeriksa smartphone hanya untuk melihat apakah ada notifikasi atau pemberitahuan sosial media lainnya. Sehingga banyak orang yang menghabiskan waktunya sepanjang hari hanya untuk menggunakan smartphone.

Dengan begitu, penggunaan smartphone mengakibatkan efek buruk pada kesehatan tubuh. Beberapa efek buruk dari terlalu seringnya menggunakan smartphone ini adalah meningkatkan kecemasan, mempengaruhi tingkat fokus seseorang, bahkan juga bisa mengalami gangguan mental seseorang loh. Hal ini terungkap oleh beberapa penelitian yang dilakukan, bahwa penggunaan media sosial atau terlalu sering menggunakan smartphone bisa alami gangguan mental.

Selain itu, penggunaan pasif juga ternyata memiliki efek negatif pula, seperti membuat suasana hati seseorang berubah menjadi negatif. Terdapat banyak pula teknologi yang sudah diciptakan untuk mengurangi kecanduan dalam menggunakan smartphone. Namun memang tidak cukup efektif untuk membuat kebiasaan tersebut dapat dikurangi. Berikut inilah akibat jika terlalu sering menggunakan smartphone yang harus Anda tahu.

Akibat Terlalu Sering Menggunakan Smartphone

Akibat Terlalu Sering Menggunakan Smartphone

Apakah benar jika terlalu sering menggunakan smartphone bisa alami gangguan mental? Hal itu benar adanya. Gangguan mental bisa terjadi karena penggunaan smartphone yang berlebihan, seperti mengecek sosial media terus-menerus, main game dalam jangka waktu lama atau hal lainnya.

Beberapa akibat terlalu sering menggunakan smartphone bisa alami gangguan mental seperti gangguan tidur, kecanduan atau ketergantungan pada gadget sehingga tidak peduli pada lingkungan sekitar, stres atau mengalami cemas yang berlebihan karena sudah terbiasa dengan penggunaan smartphone.

Nah, untuk itu diperlukan beberapa upaya untuk mengurangi penggunaan smartphone yang berakibat buruk bagi kesehatan ini. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak ulasan berikut ini.

Baca juga : Bahaya Sering Tidur Dekat Smartphone, Pernah Melakukan?

Cara Sederhana Mengurangi Penggunaan Smartphone

Akibat Terlalu Sering Menggunakan Smartphone

1. Matikan Push Notifikasi tidak penting

Cara sederhana mengurangi kebiasaan terlalu sering menggunakan smartphone adalah dengan mematikan push notifikasi tidak penting. Cukup pilih dari sosial media atau perpesanan yang biasa digunakan dengan cara mengelolanya di pengaturan aplikasi. Dengan begitu Anda tidak lagi merasa cemas karena terlalu banyak notifikasi yang masuk ke ponsel.

2. Atur waktu memeriksa ponsel

Cara sederhana mengurangi kebiasaan terlalu sering menggunakan smartphone selanjutnya adalah atur waktu memeriksa smartphone. Usahakan untuk mengecek setidaknya 1 jam sekali dengan bantuan alarm, dengan begitu kebiasaan mengecek smartphone tiap menit akan berubah sedikit demi sedikit. Namun usahakan untuk membatasi waktu melihat notifikasi, serta memasang timer.

Baca juga : Sering Main Media Sosial Ternyata Memunculkan Gangguan Jiwa, Benarkah?

Akibat Terlalu Sering Menggunakan Smartphone

3. Jauhkan smartphone dari tempat tidur

Langkah yang ketiga adalah menjauhkan smartphone dari tempat tidur. Cara ini dinilai efektif untuk mengalihkan perhatian dari smartphone ke hal-hal lainnya yang lebih bermanfaat. Usahakan untuk tidak menggunakan smartphone sebagai aktivitas terakhir sebelum tidur dan juga aktivitas pertama saat bangun di pagi hari. Letakkan atau simpan smartphone jauh dari jangkauan agar tidak mengacaukan permulaan Anda mengurangi penggunaan smartphone.

4. Perbanyak kegiatan positif

Selain tiga cara di atas, hal selanjutnya yang bisa digunakan sebagai cara sederhana mengurangi kebiasaan terlalu sering menggunakan smartphone adalah dengan memperbanyak kegiatan positif untuk mengalihkan perhatian Anda terhadap smartphone. Usahakan pula untuk mengurangi penggunaan ponsel saat malam hari sebelum tidur, yaitu menggantinya dengan membaca buku atau membaca jurnal untuk hari esok yang tentunya sangat bermanfaat.

Demikian informasi mengenai akibat terlalu sering menggunakan smartphone dan juga cara sederhana untuk mengurangi. Semoga informasi di atas bisa mengurangi kecanduan Anda terhadap smartphone dan juga semakin sadar mengenai efek buruk yang ditimbulkannya. Semoga Informasi yang kami bagikan diatas bermanfaat!

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password