Butuh Piknik? Kunjungi Indahnya Air Terjun Sri Gethuk di Yogyakarta!

air terjun Sri Gethuk

Ohayo.co.id – Berkunjung ke Yogyakarta memang identik dengan wisata budaya dan sejarah. Begitu banyak candi-candi peninggalan zaman dulu yang tersebar di berbagai pelosok Jogja. Selain itu, banyak juga museum yang menambah image Jogja sebagai tempat sejarah yang patut dikunjungi oleh para pecinta wisata.

Sebenarnya Jogja tidak hanya berisi wisata sejarah. Ada segudang wisata alam yang juga bisa dijelajahi seperti pantai-pantai berpasir putih di Gunungkidul, dataran tinggi di Kaliurang dan Kalibiru, hingga berbagai air terjun yang bisa menjadi pilihan wisata Anda semua.

Salah satu wisata air terjun yang bisa Anda nikmati di Jogja adalah air terjun Sri Gethuk. Air terjun ini berada di Desa Wisata Bleberan, Kabupaten Gunung Kidul. Untuk melakukan perjalanan wisata ke air terjun Sri Gethuk, Anda membutuhkan  kendaraan pribadi karena memang belum ada angkutan umum yang bisa mengantar Anda sampai ke lokasi.

Namun, Anda tak perlu khawatir, banyak tersedia jasa penyewaan motor ataupun mobil yang bisa Anda gunakan untuk jalan-jalan ke lokasi air terjun Sri Gethuk ini.

Perjalanan menuju lokasi air terjun Sri Gethuk tidak akan terasa membosankan karena Anda akan melewati areal hutan kayu putih yang lebat dan asri milik Perhutani. Setelah melewati area hutan kayu putih, pemandangan akan berganti menjadi ladang jati yang rapat dan kering. Setelah itu Anda pun akan sampai di tempat parkir yang juga berfungsi sebagai lokasi pemancingan.

Baca juga: 3 Tempat Wisata Ikonik yang Harus Dikunjungi di Yogyakarta

Dari lokasi pemancingan, Anda bisa menggunakan dua rute untuk menuju titik air terjunnya. Rute pertama adalah menyusuri jalan setapak yang akan menyuguhkan pemandangan sawah hijau dan barisan nyiur kelapa. Sedangkan yang kedua adalah menaiki perahu ataupun rakit melawan arus Sungai Oya.

Asal mula nama air terjun Sri Gethuk ini konon berasal dari nama Kethuk. Menurut warga sekitar, kethuk merupakan salah satu instrumen gamelan yang dimiliki Jin Anggo Meduro yang dulu disimpan di tempat ini sehingga air terjun ini pun dinamakan dengan air terjun Sri Gethuk. Anda boleh saja tidak percaya, namun di waktu-waktu tertentu warga sekitar masih sering mendengar adanya suara gamelan tersebut dari arah air terjun Sri gethuk.

Keindahan dan kejernihan air terjun yang mengalir antara tebing-tebing tinggi mengingatkan kita pada keeksotisan Green Canyon yang ada di Ciamis, Jawa Barat. Jika beruntung Anda bisa melihat indahnya pelangi yang melintas di atas air terjun Sri Gethuk, lho!

HIjaunya pepohonan di sekitar lokasi serta gemericik air yang deras membuat suasana semakin menenangkan. Anda juga tak perlu khawatir dengan harga tiket masuknya karena Anda hanya perlu membayar Rp 7.000 per orang. Harga yang cukup terjangkau, kan?

Baca juga: Museum Batik Yogyakarta, Etalase Batik Terlengkap Se-Nusantara

Selain air terjun Sri Gethuk, di sekitar lokasi wisata terdapat Goa Rancang Kencono yang bisa Anda manfaatkan sebagai lokasi berfoto. Jika masih merasa kurang hanya berfoto-foto saja, Anda pun bisa menyusuri kawasan ini dengan menyewa kapal pada pengelola Air Terjun Sri Gethuk dengan membayar Rp 10.000.

Jika ingin merasakan segarnya air terjun Sri Gethuk, Anda pun diperbolehkan untuk berenang sepuasnya di sini. Tak perlu takut tenggelam jika Anda tak bisa berenang karena tersedia fasilitas ban ataupun pelampung yang bisa Anda sewa dengan harga murah yaitu Rp 2.000 saja.

Ketenangan yang disediakan oleh air terjun Sri Gethuk dapat Anda hadirkan di rumah. Caranya adalah membuat air terjun buatan di kolam kecil. Suara gemericik air akan memberikan suasana untuk relaksasi setelah beraktivitas harian dan membuat istirahat Anda menjadi lebih nyaman.

JIka Anda ingin membuat objek wisata buatan seperti air terjun ini, tentunya Anda membutuhkan pompa air yang mampu menjaga suplai dan debit air. Salah satu pompa air yang direkomendasikan adalah pompa air jenis semi jet dari Shimizu dengan seri JET-108 BIT. Shimizu JET-108 BIT memiliki kapasitas  mumpuni untuk mengalirkan air bervolume sedang yaitu 50 liter/menit dengan daya dorong maksimal 30 meter. Kemampuan pompa air ini akan dapat diandalkan untuk mencukupi kebutuhan air di rumah Anda. Shimizu, Bintangnya Pompa Air!

Sumber gambar: panduanwisatajogja, visitingjogja, berduakelilingindonesia, tour-yogyakarta

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password