9 Cara Agar Rambut Cepat Panjang dan Tebal Secara Alami

Cara Agar Rambut Cepat Panjang dan Tebal Secara Alami

Ohayo.co.id – Apakah kamu menginginkan rambut panjang yang tebal dan indah? Ekstensi rambut bisa menjadi solusi untuk mendapatkan rambut panjang yang lebih tebal. Namun ada cara agar rambut cepat panjang dan tebal secara alami yang pastinya akan jauh lebih murah dan hasilnya akan bertahan lebih lama. Berikut cara-cara lengkapnya.

Cara Agar Rambut Cepat Panjang dan Tebal Secara Alami

1. Sering-sering memangkas rambut

Sering-sering memangkas rambut
Foto: My Beautiful Adventures

Meskipun tidak membuat rambut tumbuh lebih cepat, potong rambut secara rutin bisa menghilangkan ujung rambut yang rusak. Kutikula rambut yang rusak bisa membuat rambut menjadi tipis sehingga mudah patah dan rontok. Dengan sering-sering potong rambut, rambut panjangmu akan menjadi benar-benar sehat, halus, berkilau, dan lebih tebal. Kamu bisa memotong rambut setiap enam hingga delapan minggu sekali.

2. Hindari bleaching rambut

Hindari bleaching rambut
Foto: MSN

Hindari melakukan bleaching jika menginginkan rambut cepat panjang dan tebal secara alami. Ketika kutikula rambut rusak karena bleaching, rambut lebih mudah mengalami kerusakan atau ujung yang bercabang. Semakin sedikit perawatan kimia pada rambut, maka rambut akan tumbuh semakin baik dan sehat.

3. Distribusikan minyak alami rambut

Distribusikan minyak alami rambut
Foto: Beauty Tips

Kamu mungkin malas menyisir rambut saat akan tidur karena kelelahan. Tetapi menyisir rambut bisa sangat baik untuk kesehatan. Menyisir rambut dari kulit kepala hingga ke ujung rambut bisa mendistribusikan minyak kulit kepala secara merata sehingga rambut tetap lembab secara alami. Melakukan cara sederhana ini di setiap malam dapat membantu meningkatkan sirkulasi dan membuat kulit kepala lebih sehat.

Baca Juga: Cara Mewarnai Rambut Secara Alami untuk Tampil Cantik Sempurna

4. Makan makanan yang tepat

Makan makanan yang tepat
Foto: Shape Singapore

Salah satu cara agar rambut cepat panjang, lembut, dan tebal adalah dengan memberikan nutrisi bagi rambut dari dalam. Tingkatkan asupan protein dengan makan makanan seperti ikan dan kacang-kacangan. Makanan tinggi protein serta vitamin A, C, dan E, mineral seperti seng dan zat besi, dan asam lemak omega-3 dapat berkontribusi pada rambut yang lebih sehat.

5. Hindari penggunaan alat styling yang panas

Hindari penggunaan alat styling yang panas
Foto: Nadine Beauty Forever

Sering mengeringkan rambut menggunakan hair dryer? Menggunakannya memang lebih praktis, tetapi hal ini justru akan menipiskan rambut. Salah satu cara merawat rambut agar cepat panjang adalah dengan menghindari alat tersebut. Setiap kali menggunakan alat seperti hair dryer, hot roller, maupun curling iron, kamu akan merusak rambutmu sendiri. Sebaliknya, biarkan rambut mengering dengan sendirinya dan tata rambut menggunakan cara alami.

6. Keramas dengan cara yang tepat

Keramas dengan cara yang tepat
Foto: Medical News Today

Cara keramas yang baik perlu kamu ketahui agar rambut cepat panjang. Hindari keramas setiap hari. Keramas dua hingga tiga kali seminggu akan memberi kesempatan pada rambut untuk mendapatkan manfaat sehat dari minyak yang dihasilkan kulit kepala. Jika kamu merasa perlu keramas lebih sering karena tipe rambut yang berminyak atau kamu sering berkeringat, coba gunakan dry shampoo di sela-sela keramas biasa.

Selain itu, keramaslah dengan air dingin. Air panas akan membuat rambut kering dan rapuh. Mencuci rambut dengan air dingin akan melindungi rambut dari pecah-pecah dan kerusakan.

Baca Juga: 5 Penyebab Rambut Berminyak Meski Sudah Keramas

7. Gunakan produk yang tepat untuk menebalkan rambut

Gunakan produk yang tepat untuk menebalkan rambut
Foto: FrizzTips

Salah satu cara agar rambut cepat panjang adalah dengan menggunakan bahan alami. Ada beragam sampo, kondisioner dan produk penata rambut di luar sana dengan bahan-bahan alami yang dapat membantu rambut tumbuh tebal dan sehat. Bahan-bahan yang dimaksud contohnya adalah lidah buaya dan minyak alpukat. Selain menggunakan bahan-bahan tersebut dalam produk kesehatan rambut, kamu juga mengaplikasikan langsung bahan murninya ke rambut.

8. Hati-hati saat menyisir rambut yang basah

Hati-hati saat menyisir rambut yang basah
Foto: Oprah

Menyisir rambut sebaiknya dilakukan saat rambut sedang dalam keadaan kering karena rambut sangat rentan terhadap kerusakan ketika basah. Tetapi jika kamu memang harus menyisir rambut yang basah, gunakan sisir bergigi lebar dan pastikan kamu menyisir dengan cara yang benar. Mulailah menyisir dengan lembut dari ujung rambut dan perlahan-lahan naik ke atas. Dan jangan hanya menyisir layer atas, sisir rambut di bawahnya juga.

9. Tidur di atas sarung bantal sutra

Tidur di atas sarung bantal sutra
Foto: TrimmedHair

Kamu bisa mendapatkan rambut yang lebih baik saat tidur dengan mengganti sarung bantal menjadi yang berbahan sutra. Bahan sutra sangat baik untuk rambut dan dapat menghindarkannya dari kusut dan kerusakan. Semakin sedikit kerusakan yang dialami rambut, maka rambut akan lebih cepat tumbuh panjang.

Itulah beberapa cara agar rambut cepat panjang dan tebal secara alami, serta tidak mudah rontok. Tapi ingatlah untuk tetap bersabar. Rambut yang lebih tebal tidak akan terjadi dalam semalam, tetapi kamu akan melihat hasilnya jika terus mempertahankan kebiasaan rambut sehat. Selamat mencoba ya 🙂

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password