8 Sayuran Penurun Kolesterol Paling Ampuh dan Efektif

Ohayo.co.id – Ada berbagai macam sayuran sehat yang dibutuhkan tubuh agar kita terhindar dari berbagai penyakit. Misalnya, sayur sop yang memiliki wortel di dalamnya yang bagus untuk mata serta meredakan gejala flu. Ada juga jenis sayuran penurun kolesterol yang bisa Anda temukan dengan mudah. Menangani kolesterol tentu bisa dengan cara alami, agar tubuh terhindar dari obat-obatan yang sudah terlalu banyak dikonsumsi.

Kolesterol yang tidak terkontrol tentu sangat merugikan. Kolesterol tinggi dapat membuat aktivitas Anda terhambat jika tidak diatasi dengan segera. Daripada mengonsumsi obat-oabtan secara terus menerus, Anda bisa menggunakan jenis sayuran ini untuk menurunkan kolesterol. Namun sebelum mengetahui apa saja sayuran penurun kolesterol yang ampuh, ketahui dulu yuk apa itu sebenarnya kolesterol.

Apa Itu Kolesterol?

Kolesterol adalah lemak esensial yang sebenarnya dibutuhkan tubuh agar organ tubuh dapat berfungsi dengan baik. Kolesterol terbagi menjadi 2 jenis, yaitu Low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat, dan High-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik.

Jika kadar LDL lebih banyak daripada HDL maka aliran darah dapat terhambat, karena LDL tersebut dapat mengendap di pembuluh darah sehingga menyebabkan penyempitan yang dikenal sebagai aterosklerosis. Jika tak segera ditangani, aterosklerosis ini bisa mengakibatkan aliran darah berhenti total, termasuk di area jantung dan otak.

Biasanya kadar kolesterol dalam tubuh mudah naik saat momen Idul Adha, karena konsumsi daging merah seperti daging sapi dan kambing pasti lebih tinggi daripada hari-hari biasa. Jika kita menyantap daging secara berlebihan tentu kadar LDL juga bakal melesat tinggi dan berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Untuk itu, setelah menyantap berbagai olahan daging saat Idul Adha, sekarang saatnya Anda menjaga kembali kadar kolesterol di dalam tubuh. Anda bisa mengonsumsi berbagai sayuran penurun kolesterol yang dapat dengan mudah Anda temukan di pasar maupun supemarket. Berikut ini beberapa sayuran penurun kolesterol yang dipercaya ampuh untuk menjaga kadar kolesterol Anda.

Sayuran Penurun Kolesterol Paling Ampuh

1. Wortel

Wortel - 8 Sayuran Penurun Kolesterol Paling Ampuh dan Efektif - Ohayo.co.id

Wortel menjadi salah satu jenis sayuran penurun kolesterol yang jug bisa meningkatkan kesehatan mata. Tetapi, manfaat wortel tidak hanya sebagai pelindung kesehatan mata saja namun juga bisa sebagai penurun kadar kolesterol tinggi yang ada dalam darah. Sayuran ini memiliki kandungan vitamin A yang tinggi dan juga beta-karoten yang bagus untuk tubuh.

2. Kubis

Kubis - 8 Sayuran Penurun Kolesterol Paling Ampuh dan Efektif - Ohayo.co.id

Agar bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada dalam tubuh, Anda butuh makanan yang memiliki serat tinggi. Kandungan tersebut bisa didapatkan dari kubis, jenis sayuran penurun kolesterol. Kubis memiliki kandungan serat larut yang bisa membantu pembuangan kolesterol dalam tubuh yang diikat oleh asam empedu berasal dari saluran pencernaan. Kubis yang tinggi serat bisa membantu mengendalikan kadar kolesterol jahat serta mencegah penyempitan arteri dan terhindar dari penyakit jantung.

3. Bayam

Bayam - 8 Sayuran Penurun Kolesterol Paling Ampuh dan Efektif - Ohayo.co.id

Bagi para penderita kolesterol, semakin bagus jika Anda mengonsumsi jenis sayuran yang terkenal sebagai penurun kolesterol yakni bayam. Memiliki kandungan lutein yang diketahui diandalkan sebagai jenis sayur yang melindungi kesehatan jantung kita sehingga bisa diandalkan untuk menurunkan kolesterol. Bayam bisa Anda jadikan sebagai jus atau memasaknya sebagai sup sesuai dengan selera Anda. Konsumsi 1 mangkuk sup bayam setiap harinya.

Baca juga : Makanan Penurun Kolesterol Tinggi yang Harus Dikonsumsi Secara Rutin

4. Buncis

Buncis - 8 Sayuran Penurun Kolesterol Paling Ampuh dan Efektif - Ohayo.co.id

Buncis merupakan salah satu jenis sayur yang harusnya bisa dikonsumsi secara rution. Jenis sayur ini termasuk rendah lemak dan memiliki lemak tak jenuh ganda. Buncis juga bisa dijus yang mana baik untuk menormalkan kadar gula darah. Menjadi sayur yang mengandung karbohidrat tinggi serta dianjurkan untuk para penderita diabetes atau mereka yang mengalami resistensi insulin.

5. Brokoli

Brokoli - 8 Sayuran Penurun Kolesterol Paling Ampuh dan Efektif - Ohayo.co.id 1

Jenis sayuran penurun kolesterol berikutnya adalah brokoli. Sayuran ini ampuh untuk menurunkan kolesterol dan termasuk yang kaya serat serta membantu mengikat asam empedu di dalam saluran pencernaan dan kandung kemih. Buatlah sup brokoli tanpa minyak atau bisa juga dengan menjadikannya sebagai jus tanpa adanya gula tambahan.

6. Kubis Merah

Kubis Merah - 8 Sayuran Penurun Kolesterol Paling Ampuh dan Efektif - Ohayo.co.id

Tahukah Anda bahwa kubis memang baik untuk mengurangi jumlah kolesterol jahat dalam tubuh kita? Tetapi, penggunaan kubis merah juga bisa lebih efektif dalam menurunkan kolesterol  jahat dalam darah. Selain itu, ada kandungan serat yang tinggi, kaya antioksidan serta bisa menangkal radikal bebas yang merusak tubuh kita.

Baca juga : 7 Jenis Buah Penurun Darah Tinggi dan Kolesterol Paling Efektif

7. Labu Siam

Labu Siam - 8 Sayuran Penurun Kolesterol Paling Ampuh dan Efektif - Ohayo.co.id 1

Labu siam juga dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Labu siap biasanya dijadikan bahan sayur asem dan sayur lodeh, labu siam memiliki banyak kandungan seperti zat alkaloid, saponin, dan tannin yang berperan penting dalam mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh Anda.

8. Seledri

Seledri - 8 Sayuran Penurun Kolesterol Paling Ampuh dan Efektif - Ohayo.co.id

Jenis sayuran penurun kolesterol terakhir adalah seledri. Sayur yang satu ini memanglah menjadi obat darah tinggi alamim dan bisa juga menormalkan kadar tekanan darah kita. Seledri bisa Anda jadikan sebagai bahan penurun kolesterol dengan cara siapkan akar seledri yang masih segar kurang lebih 30 gram, cuci terlebih dahulu hingga bersih. Rebus dengan air bersih sebanyak 2 gelas. Ketika sudah dingin, saring dulu kemudian minum.

Cobalah membuat olahan jenis sayuran penurun kolesterol paling ampuh ini. Jadikan sayuran tersebut sebagai alternatif tepat untuk membantu menurunkan kolesterol Anda. Konsumsi secara rutin dengan cara yang benar.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password