8 Manfaat Rumput Laut Bagi Tubuh yang Jarang Diketahui

8 Manfaat Rumput Laut Bagi Tubuh yang Jarang Diketahui - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Rumput laut selama ini memang sudah dikenal sebagai salah satu bahan makanan. Ada yang dijadikan sebagai perisa makanan, diolah untuk campuran minuman es, dan lain sebagainya. Selain mampu menambah citarasa pada makanan, ternyata ada berbagai manfaat rumput laut yang baik bagi tubuh.

Rumput laut adalah sumber makanan yang rendah kalori, namun memiliki berbagai kandungan nutrisi yang cukup tinggi, seperti serat, karbohidrat, protein, vitamin dan mineral yang memiliki khasiat baik bagi tubuh. Rumput laut juga memiliki kandungan antioksidan, vitamin A, C, E, K, kolin dan fosfor meski dalam jumlah sedikit.

Berikut ini adalah manfaat rumput laut yang berguna bagi kesehatan tubuh.

8 Manfaat Rumput Laut Bagi Tubuh yang Jarang Diketahui Banyak Orang

8 Manfaat Rumput Laut Bagi Tubuh yang Jarang Diketahui - Ohayo.co.id 3

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Salah satu manfaat rumput laut bagi tubuh yaitu untuk kecantikan dan kesehatan kulit kita. Rumput laut dipercaya dapat meningkatkan detoksifikasi yang dapat mencegah serta membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Tidak hanya itu, kandungannya seperti vitamin E dan vitamin C, serta zat besi, omega, magnesium, dan antioksidan dapat menjadikan kulit lebih sehat. Maka dari itu tidak sedikit yang memanfaatkan rumput laut ini untuk perawatan kulit dengan banyak cara. Banyak juga produk-produk kosmetik atau skin care berbahan rumput laut ini.

2. Membakar Lemak

Adanya serat alami pada rumput laut ini dipercaya dapat melangsingkan tubuh, karena kemampuannya memang untuk membakar lemak. Rumput laut jugt dapat membersihkan sis-sisa kotoran yang mengendap pada tubuh kita. Beberapa orang juga memanfaatkan rumput laut sebagai bahan makanan dalam program diet. Serat pada rumput laut ini membuat tidak cepat lapar sehingga dapat mengontrol nafsu makan.

3. Membantu Melancarkan Pencernaan

Manfaat rumput laut bagi tubuh berikutnya yaitu dapat membantu melancarkan pencernaan. Kandungan serat tinggi yang dimiliki rumput laut tentu dapat membantu memperlancar pencernaan. Serat ini dapat memudahkan sistem pencernaan dalam mengolah makanan, lalu mengubahnya menjadi manfaat yang baik bagi tubuh. Selain itu juga bisa mencegah adanya diare dan sembelit. Kandungan polisakarida pada rumput laut juga membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik yang terdapat pada saluran cerna. Sehingga mengonsumsi rumput laut sama halnya untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan kita.

Baca juga : Manfaat Ubi Jalar untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

8 Manfaat Rumput Laut Bagi Tubuh yang Jarang Diketahui - Ohayo.co.id 1

4. Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat rumput laut yang dapat tubuh Anda rasakan berikutnya adalah kemampuannya dalam mengontrol tekanan darah. Kandungan polisakarida yang dimilikinya juga dapat membantu dalam mencegah terjadinya pembekuan darah. Manfaat rumput laut bagi tubuh yang satu ini akan sangat membantu mereka yang memiliki tekanan darah tinggi.

5. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Kandungan kalsum yang tinggi pada rumput laut berguna untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi. Rumput laut dapat membantu mencegah permasalahan pada tulang seperti osteoporosis. Selain itu sifat anti inflamasi yang dimilikinya juga bertanggung jawab dalam memperbaiki fungsi kelenjar ludah dan membuat jaringan mulut lebih tahan terhadap kerusakan.

6. Mencegah Diabetes

Salah satu nutrisi yang terkandung dalam rumput laut adalah fucoxathin. Fucoxanthin ini bermanfaat untuk mencegah diabetes. Selain itu, rumput laut juga dapat menyerap trigliserida, yang merupakan penyebab penyakit diabetes. Diabetes adalah penyakit yang tidak dapat dideteksi atau dirasakan dengan cepat. Namun dengan rutin mengonsumsi rumput laut, risiko terkena diabetes tentu akan berkurang.

Baca juga : 8 Manfaat Jeruk Purut untuk Kesehatan dan Kecantikan

8 Manfaat Rumput Laut Bagi Tubuh yang Jarang Diketahui - Ohayo.co.id 2

7. Mencegah Flu

Meskipun kandungan vitamin C pada rumput laut tidak sebanyak pada jeruk, namun kandungan vitamin C di dalam rumput laut cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuh, terutama dari serangan penyakit flu. Sifat anti virus yang terdapat dalam rumput laut juga terbukti memberikan perlindungan terhadap virus influenza B dan menghalangi penyerapan partikel virus berbahaya dalam sel, dan mencegah tubuh dari infeksi.

8. Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat rumput laut bagi kesehatan tubuh yang cukup hebat adalah kemampuannya dalam melawan kanker seperti kanker payudara atau kanker usus besar. Kandungan fucoidan dapat membunuh serta menghambat perkembangan sel kanker yang dapat membahayakan tubuh. Beberapa jenis rumput laut juga mengandung glikoprotein dan polisakarida sulfat yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh, anti virus, dan anti kanker dalam tubuh.

Baca juga : 7 Manfaat Nasi Jagung Bagi Kesehatan dan Penderita Diabetes

Tak banyak yang tahu bahwa rumput laut yang sering kita jumpai ternyata memang memiliki segudang manfaat yang bisa kita dapatkan. Dikenal sebagai makanan dengan segudang nutrisi lengkap, vitamin serta mineral dan asam lemak. Apabila rajin mengonsumsi rumput laut tentu tubuh kita bisa menjadi lebih sehat.

Konsumsi rumput laut secara rutin dan rasakan manfaat rumput laut bagi tubuh. Karena seimbangnya nutrisi dan vitamin yang kita dapatkan bisa membuat tubuh lebih sehat dan bugar. Jangan lupa untuk mengimbanginya dengan olahraga teratur dan juga memperhatikan pola istirahat yang tepat.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password