8 Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil dan Aturan Mengonsumsinya

8 Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil dan Aturan Mengonsumsinya - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Ternyata ada banyak manfaat kurma untuk ibu hamil. Kurma adalah sumber yang kaya protein, serat dan banyak vitamin, serta sangat rendah lemak. Kandungan kombinasi serat larut dan tidak larut sangat membantu dalam menjaga sistem pencernaan Anda. Kurma memiliki jumlah gula alami yang baik. Kurma juga kaya akan kalium dan rendah natrium yang dapat membantu mengatur sistem saraf.

Dalam hal persalinan, pasti setiap wanita menginginkan persalinan yang mudah, singkat, dan sehat. Meskipun ada sejumlah hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu hal tersebut, ternyata ada bukti bahwa sesuatu yang sederhana seperti makan kurma selama kehamilan juga dapat membantu memperlancar persalinan Anda. Berikut ini informasi selengkapnya seputar kurma bagi ibu hamil serta manfaat kurma untuk ibu hamil yang perlu Anda ketahui.

Ulasan Seputar Kurma dan 8 Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil

Apakah Kurma Aman Dikonsumsi Selama Kehamilan?

Ya, berdasarkan penelitian, kurma aman dan bermanfaat bagi ibu dan bayinya. Gula fruktosa pada kurma dapat larut dengan cepat dan menghasilkan energi tanpa mengubah kadar gula darah dalam tubuh. Kurma juga memiliki sifat pencahar, yang dapat merangsang kontraksi di dalam rahim sehingga akan mempersingkat persalinan Anda. Mengkonsumsi kurma selama kehamilan bisa memengaruhi persalinan secara positif tanpa menimbulkan risiko bagi ibu dan anak.

8 Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil dan Aturan Mengonsumsinya - Ohayo.co.id 1

Apa Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil?

Setelah Anda tahu bahwa kurma aman dikonsumsi dan sangat bergizi karena kaya protein, serat, serta vitamin, yang membantu proses persalinan yang mudah dan sehat. Berikut adalah 8 manfaat kurma untuk ibu hamil :

  1. Memberikan energi : Selama kehamilan, Anda akan membutuhkan lebih banyak energi dari biasanya. Mengonsumsi beberapa kurma setiap hari akan memasok gula yang dibutuhkan tubuh Anda tanpa menambah kalori tambahan.
  2. Mencegah sembelit : Karena kurma merupakan sumber serat yang kaya, kurma dapat menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat dan mencegah sembelit yang berhubungan dengan kehamilan. Kurma membuat perut Anda merasa kenyang, mengurangi kadar kolesterol, dan membantu menjaga berat badan Anda agar tetap sehat.
  3. Mencegah anemia : Kurma memiliki kandungan zat besi yang dibutuhkan selama kehamilan untuk mencegah anemia. Zat besi mempertahankan hemoglobin dalam tubuh serta memperkuat kekebalan tubuh Anda dan bayi Anda.
  4. Membantu mencegah cacat lahir : Kurma merupakan sumber folat yang baik. Folat membantu dalam pencegahan cacat lahir berbahaya yang terkait dengan otak dan sumsum tulang belakang bayi Anda.
  5. Mempertahankan keseimbangan air-garam : Kurma mengandung kalium, yang menjaga keseimbangan air-garam, mengatur tekanan darah, dan menghindari kram otot. Kekurangan mineral ini juga dapat menyebabkan masalah terkait ginjal.
  6. Menghasilkan asam amino : Kurma memiliki sejumlah protein yang dibutuhkan oleh tubuh Anda untuk menghasilkan asam amino yang penting untuk pertumbuhan tubuh.
  7. Penambah vitamin K untuk bayi : Bayi umumnya dilahirkan dengan Vitamin K yang rendah. Kekurangan Vitamin K pada bayi dapat berbahaya karena mempengaruhi pembekuan darah, dan dapat menyebabkan situasi yang mengancam jiwa. Vitamin K juga membantu dalam perkembangan tulang bayi.
  8. Pembentukan tulang dan gigi pada bayi : Magnesium adalah mineral penting lainnya karena membantu pembentukan gigi dan tulang pada bayi. Magnesium juga mengatur kadar gula dan tekanan darah Anda. Kurma membantu mencegah kekurangan magnesium yang dapat menyebabkan kelainan hati dan ginjal.

Selain mengetahui 8 manfaat kurma untuk ibu hamil di atas, Anda juga perlu mengetahui kapan saja waktu yang tepat untuk mengonsumsi kurma saat hamil dan juga apa saja efek sampingnya bagi tubuh Anda.

Baca juga : Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil, Konsumsi Rutin Yuk Bunda!

8 Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil dan Aturan Mengonsumsinya - Ohayo.co.id

Kapan Waktu yang Tepat Makan Kurma Selama Kehamilan?

Kurma dapat dimakan pada setiap tahap kehamilan. Anda hanya perlu berhati-hati dalam menjaga jumlah yang Anda makan.

Pada trimester pertama, sembelit adalah masalah umum dan kurma membantu mencegahnya. Namun, ada baiknya memakannya dalam jumlah sedang di awal kehamilan terutama jika Anda memiliki masalah gula darah.

Pada trimester kedua, Anda berisiko tinggi terkena diabetes gestasional. Anda perlu meminta pendapat dokter saat berencana memasukkannya ke dalam menu makanan Anda.

Pada trimester ketiga, makan kurma dapat membuat persalinan Anda lebih cepat dan lebih mudah. Anda dapat mengonsumsi 6 kurma sehari mulai dari minggu ke-36.

Baca juga : Ragam Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi Selama Hamil

8 Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil dan Aturan Mengonsumsinya - Ohayo.co.id 3

Efek Samping Dari Mengonsumsi Kurma Selama Kehamilan

Sebenarnya kurma tidak memiliki efek samping saat dikonsumsi dalam jumlah sedang. Namun, jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan, kurma dapat menyebabkan berat badan berlebihan, peningkatan gula darah, risiko terkena diabetes gestasional, dan kerusakan gigi jika kebersihan mulut Anda tidak terjaga dengan baik.

Itulah tadi penjelasan mengenai 8 manfaat kurma untuk ibu hamil beserta aturan dalam mengonsumsinya. Yang selalu perlu Anda ingat bahwa apa pun yang Anda konsumsi termasuk kurma, Anda harus mengonsumsinya dalam jumlah sedang.

Jangan lupa juga selalu konsultasikan seputar kehamilan Anda kepada dokter, agar proses kehamilan dan persalinan Anda nantinya dapat berjalan dengan lancar.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password