8 Manfaat Jeruk Purut untuk Kesehatan dan Kecantikan

8 Manfaat Jeruk Purut untuk Kesehatan dan Kecantikan - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Masyarakat Indonesia pasti tidak akan asing dengan jeruk purut yang sering dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Jeruk purut memiliki kulit yang berwarna hijau tua memang tidak bisa dikonsumsi secara langsung namun penggunaan buah ini sering dijadikan sebagai penyedap olahan makanan seperti sambal, sayur dan jenis olahan makanan lainnya.

Buah yang memiliki nama latin citrus hystrix ini memiliki penampilan yang berbeda dengan buah lainnya. Jeruk purut memang memiliki tekstur kulit yang kasar serta terlihat lebih bergelombang. Bentuk buahnya kecil tetapi manfaat jeruk purut sangatlah besar untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan.

8 Manfaat Jeruk Purut untuk Kesehatan yang Bisa Anda Dapatkan

1. Menjaga daya tahan tubuh

5 Manfaat Jeruk Purut untuk Kesehatan yang Bisa Anda Dapatkan - Ohayo.co.id

Jeruk purut memiliki kandungan vitamin C yang tinggi seperti yang ada pada buah jeruk lainnya. Bahkan buah kecil ini berperan sebagai antioksidan alami yang bisa menjaga atau membantu daya tahan tubuh kita tetap sehat. Resiko terserang infeksi juga bisa menurun seperti terkena influenza, batuk dan lain sebagainya. Cara memanfaatkannya cukup mudah yaitu dengan mengambil air hasil perasan jeruk purut kemudian dicampurkan air hangat dan bisa ditambahkan gula agar terasa manis.

2. Membantu menurunkan berat badan

Membantu menurunkan berat badan - 7 Manfaat Jeruk Purut untuk Kesehatan Tubuh

Anda ingin menurunkan berat badan beberapa kilo? Ternyata minum air jeruk purut setiap hari cukup membantu. Berdasarkan penelitian, bahwa polifenol dalam buah jeruk, seperti jeruk purut, dapat membantu mengurangi lemak perut, berat badan, dan lingkar pinggang.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Meningkatkan kesehatan jantung - Ohayo.co.id

Manfaat Jeruk purut berikutnya adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung. Penelitian menunjukkan bahwa jeruk purut dapat membantu mengurangi penumpukan plak di dinding arteri. Adanya kandungan kalium dan magnesium pada jeruk purut sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung Anda.

Baca juga : Manfaat Ubi Jalar untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

4. Melindungi dari anemia

Melindungi dari anemia - 7 Manfaat Jeruk Purut untuk Kesehatan Tubuh - Ohayo.co.id

Anemia adalah kelainan darah yang sering disebabkan oleh kekurangan zat besi. Meskipun jeruk urut tidak mengandung banyak zat besi, tetapi karena mengandung vitamin C yang tinggi, jeruk limau juga dapat membantu meningkatkan jumlah zat besi yang dapat diserap tubuh Anda.

5. Membantu proses detoksifikasi

5 Manfaat Jeruk Purut untuk Kesehatan yang Bisa Anda Dapatkan - Ohayo.co.id

Saat peredaran darah dalam tubuh kita lancar maka kondisi ini akan sangat menunjang aktivitas kita juga lancar. Tubuh bisa berfungsi optimal tidak terkena penyakit-penyakit lainnya. Kandungan senyawa volatile yang dimilikinya bisa membantu proses detoksifikasi yang membuat tubuh lebih segar serta membersihkan patogen jahat pembawa penyakit. Kandungan senyawa ini bermanfaat pada proses penyaringan zat berbahaya yang ada di organ hati dan juga limpa.

6. Menjaga kesehatan mulut

5 Manfaat Jeruk Purut untuk Kesehatan yang Bisa Anda Dapatkan - Ohayo.co.id

Kesehatan mulut berdampak pada rasa percaya diri dan juga nafsu makan kita. Penggunaan buah jeruk purut ini bisa menjaga kesehatan mulut dengan cara menggosokkan langsung di bagian gusi. Langkah ini akan membantu menghilangkan bakteri jahat yang ada di mulut serta minyak hasil ekstrak jeruk purut juga bisa dicampurkan pada pasta gigi organik. Langkah-langkah ini bisa menjadi perawatan yang efektif untuk mulut dan gusi kita.

Baca juga : 7 Manfaat Daun Sirsak yang Direbus Bagi Tubuh

7. Menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh

5 Manfaat Jeruk Purut untuk Kesehatan yang Bisa Anda Dapatkan - Ohayo.co.id

Manfaat jeruk purut lainnya yang bisa anda dapatkan adalah kesehatan sistem pencernaan tubuh dengan kandungan senyawa anti-inflamasinya. Jika anda mengalami masalah pada sistem pencernaan seperti sembelit, jeruk purut menjadi solusi yang tepat. Membantu anda terhindar dari peningkatan resiko terjadinya masalah pencernaan yang serius seperti adanya ulkus lambung, kanker kolorektal, wasir dan lain sebagainya.

8. Perawatan kulit

5 Manfaat Jeruk Purut untuk Kesehatan yang Bisa Anda Dapatkan - Ohayo.co.id

Jeruk purut memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Antioksidan di dalamnya bisa mencegah adanya kerusakan sel dan meminimalkan timbulnya masalah wajah seperti jerawat atau bekas luka. Vitamin C yang ada pada jeruk purut juga membantu memproduksi kolagen yang dapat menjaga kulit Anda terhindar dari tanda-tanda penuaan, sehingga kulit Anda tetap awet muda. Sementara zat asam yang dimilikinya juga bisa menangkal radikal bebas yang menyebabkan kanker atau mutasi sel. Hal ini juga dimanfaatkan untuk beberapa produk kosmetik yang menggunakan ekstrak jeruk purut untuk memaksimalkan fungsinya melindungi kulit.

Baca juga : Ternyata Ini 5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan yang Luar Biasa!

Beberapa manfaat tersebut memanglah sangat membantu tubuh untuk terhindar dari serangan penyakit. Bahkan, anda bisa memanfaatkan jeruk purut sebagai minuman detox yang melancarkan program diet. Kegunaan atau kandungan yang ada dalam jeruk purut ini memang tak jauh berbeda dengan buah lemon. Hanya saja, jeruk purut lebih cocok digunakan untuk penyedap makanan juga.

Ada banyak manfaat jeruk purut yang bisa kita dapatkan. Mulai dari menjaga daya tahan tubuh, membantu proses detoksifikasi, menjaga kesehatan mulut, menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh hingga untuk perawatan kulit. Bagaimana versi anda dalam mengonsumsi jeruk purut ini?

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password