7 Resep Masker Alami Ini Dijamin Bikin Kulit Wajah Lebih Bersinar

Masker Alami

Ohayo.co.id – Untuk tampil dengan wajah bersinar, kamu sebenarnya tak perlu mengeluarkan biaya yang besar melalui perawatan mahal. Masker yang terbuat dari bahan-bahan alami dapat membantumu memperoleh kulit wajah yang lebih cerah dan sehat. Kamu cukup meluangkan sedikit waktu untuk meracik sendiri masker alami ini.

Nah, kali ini Ohayo.co.id akan memberikan 7 resep pembuatan masker alami yang bisa kamu terapkan di rumah.

1. Masker Yogurt

Masker Alami Yogurt

Yoghurt mengandung AHA atau asam alfa hidroksida jenis asam laktat. Asam laktat adalah zat yang mudah diserap kulit. Zat ini mampu membantu proses pengelupasan sel kulit mati dan mengecilkan pori-pori pada kulit yang membesar. Tapi ingat, yogurt yang dipakai sebagai bahan masker adalah yang tawar (tanpa pemanis).

Terdapat dua cara yang bisa diterapkan untuk membuat masker yogurt. Yang pertama kamu bisa mengoleskannya langsung ke wajah. Yang kedua, kamu bisa memberikan tambahan oatmeal. Yogurt dan oatmeal dicampur hingga bentuknya seperti adonan pasta. Campuran ini dioleskan ke wajah dan leher dan didiamkan selama sekitar 30 menit.

2. Masker Bengkoang

Masker Alami Bengkoang

Bengkoang sudah terkenal dengan manfaatnya untuk kesehatan kulit. Bengkoang dapat membantu kulit menjadi tampak lebih putih, membersihkan wajah dari flek hitam, serta membuat kulit lebih kencang.

Proses pembuatannya sangat mudah. Kamu siapkan satu buah bengkoang segar yang sudah dicuci, dikupas, dan diparut. Parutan bengkoang diperas dan diamkan perasan selama semalam agar mengendap. Endapan inilah yang digunakan sebagai masker. Oleskan endapan bengkoang ke bagian wajah dan leher. Biarkan hingga mengering dan kaku, kemudian bilas hingga bersih.

3. Masker Tepung Beras dan Madu

Masker Alami Tepung Beras dan Madu

Madu cukup dikenal manfaatnya untuk kesehatan kulit, seperti merawat kulit yang kering. Madu bisa dimanfaatkan sebagai dengan mengoleskannya langsung ke area kulit. 

Tapi madu juga bisa dikombinasikan dengan tepung beras. Campurannya dapat membantu sel-sel kulit mati terangkat dan membuat wajah menjadi lebih bersinar. Kamu hanya perlu mencampur tepung beras dengan satu sendok madu. Oleskan campuran ini ke wajah dan pijat selama 10 menit.

4. Masker Minyak Kelapa dan Gula

 

Masker Alami Minyak Kelapa dan Gula

Masker ini dapat membantumu menghilangkan kotoran-kotoran yang ada pada kulit sehingga membuatnya lebih bersinar. Minyak kelapa dapat mencegah terjadinya penumpukan bakteri pada kulit wajah. Masker ini juga sangat bermanfaat bagi kamu yang memiliki kulit kering dan bersisik.

Cara membuatnya pun mudah. Campurkan satu sendok minyak kelapa, dua sendok gula pasir, dan juga satu sendok minyak zaitun hingga merata. Oleskan campuran ini ke area wajah dan leher dan pijat selama 10 menit.

Baca juga : 5 Lipstick Lokal Terbaik, Murah Tapi Ga Murahan

5. Masker Pepaya

Masker Alami Pepaya

Ekstrak buah pepaya sering digunakan dalam produk-produk pemutih karena kandungan enzim papain di dalamnya. Enzim ini dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga wajah akan lebih kinclong.

Untuk membuatnya, yang pertama perlu dilakukan adalah menghaluskan potongan buah pepaya hingga bertekstur seperti adonan pasta. Kamu juga bisa mencampurnya dengan sedikut gulan dan minyak zaitun.

Oleskan pepaya yang sudah dihaluskan ke wajah dan diamkan sekitar 20 menit. Agar kulit menjadi sehat dan berseri, aplikasikan sebanyak dua atau tiga kali sehari.

6. Masker Kunyit

Masker Alami Kunyit

Bahan ini cocok buat kamu yang memiliki kulit berminyak. Kunyit mengandung senyawa kurkumin yang berperan sebagai antioksidan. Kunyit dapat memperlambat produksi melamin, yaitu pigmen yang membuat kulit menggelap.

Cara membuatnya tak begitu sulit. Campurkan sejumput kunyit bubuk, dua sendok teh oatmel, dan perasan lemon sebanyak beberapa tetes saja. Pastikan campuran kental seperti adonan pasta.

Oleskan ke wajah secara merata dan biarkan hingga mengering. Setelah kering, bilas dengan air dingin sambil menggosoknya menggunakan ujung-ujung jari.

7. Masker Alpukat

Masker Alami Alpukat

Alpukat memiliki banyak nutrisi di dalamnya, seperti vitamin E, asam folat, dam mineral alami. Alpukat sangat pas untuk kamu yang memiki tipe kulit kering, kusam, maupun bersisik.

Cara membuatnya adalah menghaluskan setengah daging buahnya serta dicampur dengan madu dan minyak zaitun secukupnya. Oleskan merata ke area wajah dan diamkan selama 25-30 menit. Lakukan pengaplikasiannya secara rutin agar kamu bisa memiliki kulit yang lembab alami.

 

Nah, itu dia resep masker alami dari kami. Bagaimana? Gampang, kan? Ayo buruan dicoba, supaya wajahmu jadi lebih sehat, cerah dan bersinar. Kamu pun bisa menjalani hari-harimu dengan lebih percaya diri.

Baca juga : Tak Sempat Dandan? Simak Tips Tampil Cantik Dalam 5 Menit Ini

 

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password