7 Penyebab Bruntusan di Jidat yang Jarang Diketahui

7 Penyebab Bruntusan di Jidat yang Jarang Diketahui - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Beruntusan atau jerawat kecil-kecil yang biasanya sering muncul pada bagian dahi, tentunya akan sangat mempengaruhi penampilan dan membuat Anda kurang percaya diri bukan? Jerawat memang salah satu masalah yang sering dialami oleh para wanita, apakah Anda juga mengalaminya? Jerawat juga punya banyak jenis yang berbeda-beda tentunya penyebabnya juga berbeda. Salah satu yang mungkin akan mengganggu Anda adalah jerawat kecil-kecil yang terdapat di jidat/dahi atau yang lebih sering dikenal beruntusan. Lantas apa penyebab bruntusan di jidat yang sebenarnya? Selain mengetahui cara menghilangkan bruntusan di jidat, berikut 7 penyebab bruntusan di jidat yang wajib Anda ketahui.

7 Penyebab Bruntusan di Jidat yang Jarang Diketahui

Meskipun ukurannya yang kecil dan tidak menimbulkan rasa sakit, beruntusan tentu sangat mengganggu karena jumlah yang tidak sedikit dan dalam waktu yang tidak sebentar pula. Tentunya akan sangat mengganggu penampilan bukan? Sebelum Anda mencari tahu bagaimana cara menghilangkannya, berikut inilah penyebabnya.

1. Stress

Stress - 7 Penyebab Bruntusan di Jidat yang Jarang Diketahui - Ohayo.co.id

Alasan pertama penyebab bruntusan di jidat adalah stress. Meskipun stress bersumber dari pikiran, namun stress juga sangat berpengaruh pada tubuh Anda loh. Maka jangan heran jika Anda sedang stress, jerawat akan muncul dimana-mana. Jika tidak segera diatasi, maka stress juga akan menyebabkan gangguan pada tubuh yang lainnya.

2. Faktor genetik

Faktor genetik - 7 Penyebab Bruntusan di Jidat yang Jarang Diketahui - Ohayo.co.id

Beruntusan ini memang bisa saja tumbuh di bagian mana saja, akan tetapi penyebab bruntusan di jidat bisa jadi terjadi karena faktor genetik. Seseorang yang berjerawat di wajahnya mempunyai kecenderungan bahwa 80% keturunannya akan berjerawat juga. Sedangkan untuk seseoang yang tidak berjerawat akan memiliki peluang 50% saja untuk tidak berjerawat. Maka jika orangtuamu mengalaminya, bukan tidak mungkin jika Anda akan mengalaminya pula.

Baca juga : 5 Cara Mengatasi Bruntusan di Dahi Sulit Hilang yang Ampuh

3. Faktor hormonal

Faktor hormonal - 7 Penyebab Bruntusan di Jidat yang Jarang Diketahui - Ohayo.co.id

Hormon Testosteron yang meningkat secara berlebihan bisa jadi penyebab beruntusan di dahi Anda, karena dengan adanya kelebihan hormon tersebut bisa merangsang kelenjar minyak sebum berlebih dan kemudian memicu timbulnya beruntusan di dahi loh.

4. Terdapat masalah pada pencernaan

Masalah pencernaan - 7 Penyebab Bruntusan di Jidat yang Jarang Diketahui - Ohayo.co.id

Tubuh kita memiliki banyak sistem yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya. Maka dari itu, jangan heran apabila terdapat satu masalah di dalam tubuh Anda, justru menemukan tanda pada bagian tubuh yang tidak di sangka. Seperti penyebab bruntusan di jidat mengindikasikan bahwa terdapat masalah pada pencernaan. Segeralah untuk memeriksakan diri dan pastikan bahwa pencernaanmu baik-baik saja.

Baca juga : Ini 5 Penyebab Bruntusan di Dahi Membandel dan Sulit Dihilangkan

5. Pengaruh alat makeup maupun produk makeup atau skincare

Alat makeup - 7 Penyebab Bruntusan di Jidat yang Jarang Diketahui - Ohayo.co.id

Jika bruntusan muncul setelah Anda menggunakan alat makeup atau produk makeup dan skincare tertentu, mungkin bisa saja alat dan produk tersebut yang menjadi penyebab bruntusan di jidat Anda. Cek alat makeup Anda apakah sudah kotor atau perlu segera diganti. Hentikan juga pemakaian makeup atau skincare tersebut, karena ada kemungkinan kulit Anda tidak cocok dengan kandungan di dalamnya.

6. Pemakaian helm, topi, dan ikat kepala

Pemakaian helm, topi, dan ikat kepala - 7 Penyebab Bruntusan di Jidat yang Jarang Diketahui - Ohayo.co.id

Bakteri bisa jadi salah satu penyebab beruntusan di dahi, yaitu seperti kontak langsung helm, topi, atau ikat kepala pada kulit Anda. Jadi hindari pemakaian helm, topi, dan ikat kepala ketika muncul beruntusan di dahi Anda. Anda juga harus memastikan kebersihan helm dan topi yang di gunakan sebelum memakainya.

Baca juga : Pilihan Masker Alami untuk Menghilangkan Bruntusan di Wajah Paling Ampuh

7. Pengaruh produk atau model rambut

Pengaruh produk atau model rambut - 7 Penyebab Bruntusan di Jidat yang Jarang Diketahui - Ohayo.co.id

Dahi merupakan bagian wajah yang paling sering bersinggungan dengan rambut, terlebih untuk Anda yang suka dengan gaya rambut berponi. Untuk itu, harus bisa di pastikan bahwa rambut pada poni terjaga kebersihannya. Selain itu produk yang Anda gunakan pada rambut tidak menutup kemungkinan untuk bersentuhan langsung dengan dahi dan menyebabkan beruntusan akan bermunculan di dahi.

Itulah beberapa penyebab bruntusan di jidat yang perlu Anda tahu. Salah satu cara yang dapat menghilangkan beruntusan pada wajah adalah dengan tetap menjaga kebersihan di wajah, gunakan skincare secara teratur dan jangan lupa untuk membersihkan wajah dari makeup sebelum tidur. Selain itu, gunakanlah masker alami yang bisa Anda buat sendiri di rumah untuk mengeksfoliasi kulit agar terhindar dari jerawat yang menjengkelkan ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password