7 Masjid Tertua di Indonesia yang Masih Berdiri Kokoh Hingga Sekarang

7 Masjid Tertua di Indonesia yang Masih Berdiri Hingga Sekarang - Ohayo.co.id 2

Ohayo.co.id – Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki penduduk Muslim terbanyak di dunia. Masuknya agama Islam ke Indonesia melalui sejarah yang panjang. Banyak teori mengatakan perkembangan agama Islam di Indonesia berawal dari masuknya pedagang-pedagang Arab dari Timur Tengah pada abad ke 7, serta masuknya pedagang India dari Gujarat pada abad ke 13. Sejak itulah agama Islam semakin berkembang di bumi Nusantara ini.

Melihat eksisnya agama Islam yang sudah cukup lama di Indonesia, tidak heran jika banyak masjid tersebar di seluruh penjuru Nusantara. Lalu dari sekian banyak masjid, pasti Anda penasaran dengan masjid tertua di Indonesia yang usianya bahkan sudah berabad-abad. Kira-kira mana saja ya? Langsung saja simak daftar masjid tertua di Indonesia berikut ini.

7 Masjid Tertua dan Bersejarah di Indonesia yang Berusia Ratusan Tahun

1. Masjid Saka Tunggal (1288)

Masjid Saka Tunggal

Masjid tertua di Indonesia yang pertama adalah Masjid Saka Tunggal. Masjid kuno yang terletak di Desa Cikakak, Banyumas, Jawa Tengah ini dibangun pada tahun 1288. Masjid ini diberi nama Saka Tunggal karena sesuai bangunannya yang memiliki 1 tiang penyangga yang melambangkan keesaan Allah.

Masjid Saka Tunggal 2

Sejarah masjid ini tercatat pada kitab-kitab yang ditulis oleh pendirinya, yaitu Kyai Mustolih. Namun sayangnya, kitab-kitab tersebut telah hilang. Makam Kyai Mustolih terletak tidak jauh dari lokasi masjid ini. Setiap 27 Rajab penduduk setempat maupun dari luar kota sering berziarah di makam Kyai Mustolih.

2. Masjid Wapauwe (1414)

Masjid Wapauwe - 7 Masjid Tertua di Indonesia yang Masih Berdiri Hingga Sekarang - Ohayo.co.id

Masjid Wapauwe merupakan Masjid tertua yang berada di Maluku. Masjid yang dibangun pada tahun 1414 ini dipelopori oleh Pernada Jamilu, keturunan Kesultanan Islam Jailolo dari Moloku Kie Raha (Maluku Utara). Masjid Wapauwe menjadi bukti bahwa di masa itu Islam juga pernah berjaya di salah satu wilayah paling timur Indonesia.

Di dalam masjid bersejarah ini tersimpan Mushaf Al Quran yang termasuk tertua di Indonesia, yaitu Mushaf Imam Muhammad Arikulapessy yang selesai ditulis tangan pada tahun 1550. Ada juga Mushaf Nur Cahya yang selesai ditulis pada tahun 1590. Selain itu juga tersimpan benda bersejarah lain seperti Kitab Baranzi yang berisi pujian kepada Nabi Muhammad SAW, naskah khotbah dari tahun 1661, kalender Islam tahun 1407, dan manuskrip Islam kuno lainnya.

3. Masjid Ampel (1421)

Masjid Ampel

Jika Anda orang Surabaya pasti tidak asing dengan masjid ini. Masjid Ampel adalah salah satu bangunan tua dan bersejarah yang berada di wilayah utara Kota Surabaya, Jawa Timur. Masjid tertua di Indonesia ini didirikan pada tahun 1421 oleh salah satu bagian dari Walisongo, yakni Sunan Ampel. Sunan Ampel meninggal pada tahun 1481 dan dimakamkan di sebelah barat Masjid Ampel ini.

Masjid ini sudah cukup populer sebagai objek wisata religi di Surabaya. Banyak pengunjung datang dari berbagai daerah untuk berkunjung ke masjid ini sekaligus berziarah ke makam Sunan Ampel. Di lokasi masjid tersebut juga terdapat sebuah sumur yang diyakini sebagai sumur betuah.

Baca juga : Megahnya Masjid Kubah Emas Depok yang Berkelas Dunia

4. Masjid Agung Demak (1474)

Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak adalah salah satu masjid tertua di Indonesia yang memiliki sejarah panjang. Masjid yang berlokasi di desa Kauman, Demak, Jawa Tengah ini didirikan pada tahun 1474 oleh Raden Patah, ulama sekaligus tokoh penting dalam sejarah Nusantara masa lampau dari Kesultanan Demak. Konon masjid ini sering digunakan untuk berkumpul para Walisongo dalam misi penyebaran agama Islam di Indonesia.

Bangunan induk Masjid Agung Demak memiliki 4 tiang utama yang disebut saka guru, serta memiliki atap berbentuk limas dengan 8 tiang yang disebut saka Majapahit. Di dalam komplek Masjid Agung Demak terdapat beberapa makam raja-raja Kesultanan Demak serta para abdinya. Terdapat juga museum berisi berbagai hal seputar riwayat Masjid Agung Demak ini.

5. Masjid Sultan Suriansyah (1526)

Masjid Sultan Suriansyah

Masjid Sultan Suriansyah atau disebut juga dengan Masjid Kuin merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia yang terletak di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Masjid tertua di Kalimantan Selatan ini didirikan pada tahun 1526 oleh raja Banjar pertama yang memeluk agama Islam, yaitu Sultan Suriansyah.

Masjid Sultan Suriansyah memiliki gaya arsitektur bergaya tradisional Banjar dengan atap tumpang tindih dan bagian mihrabnya terpisah dengan bangunan utamanya. Meski sudah sangat lama berdiri, namun masjid ini tetap berdiri kokoh dan terawat dengan baik.

6. Masjid Menara Kudus (1549)

Masjid Menara Kudus

Masjid Menara Kudus juga dibangun oleh salah satu Walisongo, yaitu Sunan Kudus. Masjid yang terletak di Desa Kauman, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah ini dibangun pada tahun 1549. Sudah lama berdiri menjadikan masjid ini sebagai salah satu masjid tertua dan bersejarah yang populer di Indonesia.

Keunikan masjid ini terletak pada gaya arsitekturnya yang memadukan gaya Islam dan Hindu, salah satunya terlihat pada menaranya yang menyerupai bangunan candi. Sunan Kudus sebagai pendiri Masjid Menara Kudus ini memiliki cara yang bijaksana dalam berdakwah. Beliau melakukan adaptasi terhadap masyarakat pribumi yang pada saat itu sudah kental dengan ajaran Hindu Budha, sehingga Islam dapat diterima dengan mudah oleh masyarakat.

Baca juga : Masjid Baitul Muttaqin Samarinda, Masjid Ikonik dengan Menara Asmaul Husna yang Unik

7. Masjid Agung Banten (1552)

Masjid Agung Banten - 7 Masjid Tertua di Indonesia yang Masih Berdiri Hingga Sekarang - Ohayo.co.id

Anda yang tinggal di Banten pastinya tahu dengan salah satu masjid tertua di Indonesia ini. Masjid bersejarah ini adalah Masjid Agung Banten. Masjid ini mulai dibangun pada tahun 1552 oleh Sultan Maulana Hasanuddin, sultan pertama dari Kesultanan Banten, yang merupakan putera pertama dari Sunan Gunung Jati.

Keunikan masjid ini adalah bentuk atapnya yang bertumpuk lima mirip dengan Pagoda China serta memiliki menara yang mirip dengan mecusuar setinggi 24 meter. Untuk mencapai puncak menara, Anda harus menaiki 83 buah anak tangga yang hanya bisa dilalui oleh satu orang saja. Di atas menara inilah, Anda dapat melihat pemandangan sekeliling masjid dan pantai. Selain digunakan untuk azan, dulunya menara ini pernah digunakan sebagai gudang penyimpanan senjata.

Itulah tadi 7 masjid tertua di Indonesia yang hingga kini masih berdiri kokoh dan masih digunakan sebagai tempat ibadah umat muslim di daerahnya. Anda sudah pernah berkunjung ke salah satu masjid tersebut? Atau ingin berkunjung untuk melaksanakan shalat sekaligus berwisata religi di sana?

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password