7 Manfaat Madu untuk Wajah dan Cara Meraciknya

Manfaat Madu untuk Wajah dan Cara Meraciknya yang benar

Ohayo.co.id – Manfaat madu yang begitu kaya sudah menjadi pengetahuan umum di masyarakat, salah satunya manfaat madu untuk wajah. Tidak hanya di era modern seperti sekarang ini, sejak berabad-abad silam madu telah dikenal sebagai bahan alami untuk berbagai pengobatan yang mujarab.

Sejarah Manfaat Madu untuk Wajah Sejak Dahulu

Sejarah Madu dari Masa ke Masa

Madu telah dikenal ribuan tahun sebelum Masehi. Pada tahun 7000 sebelum Masehi ditemukan gambar di atas retakan batu yang mengilustrasikan orang tengah mengumpulkan madu disertai gambar pepohonan. Bahkan di Mesir sekitar tahun 3000 sebelum Masehi, madu dapat digunakan sebagai alat pembayaran yang berharga.

Salah satu sejarah fenomenal tentang madu adalah manfaat madu untuk wajah Ratu Cantik Mesir Cleopatra. Konon, ratu yang membuat Raja Romawi Julius Caesar bertekuk lutut ini tak hanya menjadikannya sebagai rahasia kecantikan wajahnya tetapi juga menggunakan madu sebagai body scrub saat mandi.

Kandungan yang Ada pada Madu

Manfaat Madu untuk Wajah dan Kandungan Madu

Madu memiliki berbagai kandungan yang sangat penting bagi tubuh. Misalnya, karbohidrat yang ada pada madu ternyata lebih tinggi dibandingkan dengan susu, telur, daging ataupun keju. Kandungan 100 gram madu murni setara dengan 294 kalori.

Artinya, madu murni sebanyak 1.000 gram sama dengan 50 butir telur ayam, 1.680 gram daging atau 5.675 liter susu.

Dilansir tribunnews.com (3/18), Departement of Bilogical Sciences University of Waikoto, Selandia Baru pernah melakukan penelitian pada tahun 1992 dengan kesimpulan bahwa madu mampu melawan berbagai kuman patogen penyebab penyakit karena di dalamnya terkandung antibiotik aktif.

Selain itu, madu juga telah terbukti mengandung 180 zat antioksidan untuk melawan penyakit dan membuat tubuh tampak awet muda.

7 Manfaat Madu untuk Wajah dan Cara Meraciknya

7 Manfaat Madu untuk Wajah dan Cara Meraciknya

1. Melembabkan Kulit

Madu mengandung enzim untuk melembabkan kulit dan membuat kulit menjadi lembut dari dalam. Inilah yang menyebabkan banyak orang menggunakan madu sebagai masker bahkan sebagai body scrub saat mandi.

Caranya cukup mudah, hanya mengoleskan madu satu sendok di atas permukaan kulit yang bersih dan kering, diamkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air dingin.

2. Membersihkan Pori-Pori

Sifat antioksidan madu dapat membersihkan pori-pori yang terpapar radikal bebas, menghilangkan jerawat dan komedo. Tidak hanya bersih, pori-pori juga tampak lebih lembut dan kencang.

Caranya, cukup campurkan satu sendok madu mentah dengan dua sendok minyak jojoba atau minyak kelapa. Oleskan, kemudian pijat dengan lembut. Bilas dengan air dingin.

3. Mencerahkan Wajah

Madu mampu mencerahkan wajah tanpa efek iritasi, bekerja mengangkat sel-sel kulit mati secara lembut.
Caranya, campurkan dua sendok makan madu dengan satu sendok baking soda, basahi kulit dengan air, kemudian gosokkan racikan tersebut pada permukaan kulit wajah dengan gerakan memutar. Bilas sampai bersih.

4. Menyamarkan Bekas Luka

Kandungan antioksidan yang ada dalam pada madu juga berfungsi menyamarkan bekas luka dan membantu menyembuhkan peradangan pada kulit.
Caranya, campurkan satu sendok madu mentah dengan satu sendok minyak kelapa bisa juga digantikan dengan minyak zaitun. Kemudian oleskan pada daerah luka, pijat perlahan dengan ujung jari secara melingkar sekitar 1-2 menit. Letakan kain hangat di permukaan kulit tersebut, diamkan hingga dingin. Lakukan secara rutin.

5. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Disamping membantu menyembuhkan luka bakar, madu juga bisa dijadikan seperti lotion atau sunblock untuk melindungi kulit dari paparan sinar Matahari.
Caranya, campurkan satu sendok madu mentah dengan dua sendok lidah buaya murni. Oleskan pada kulit seperti halnya mengoleskan lotion.

6. Menyembuhkan Jerawat

Di samping menyembuhkan jerawat, sifat anti-inflamasi madu dapat membantu mengatasi masalah kulit berminyak, sehingga meminimalisir munculnya jerawat pada kulit.

Caranya, oleskan madu mentah pada kulit yang berjerawat, diamkan selama 15-20 menit, bilas dengan air dingin.

7. Mengatasi Penuaan Dini

Madu juga mampu mengatasi kerutan dan garis-garis halus yang muncul pada wajah dengan kandungan antioksidannya. Kulit menjadi kenyal dan glowing.

Caranya, campur madu dengan susu, oleskan pada wajah selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.

Manfaat Madu untuk Wajah dari madu lebah

Tidak salah memang apabila salah satu surat dalam kitab suci umat Islam terdapat surat bernama an-Nahl yang berarti lebah. Salah satu makhluk Tuhan yang bersih, hanya memakan yang baik juga mengeluarkan yang baik bahkan manfaat madunya bisa dinikmati oleh semua orang.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password