7 Manfaat Daun Sirih Hijau untuk Kesehatan yang Jarang Orang Tahu

Manfaat Daun Sirih Hijau

Ohayo.co.id – Salah satu dedaunan yang menjadi obat alami adalah daun sirih, meski telah dikenal lama mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui manfaat daun sirih hijau untuk kesehatan. Daun ini mengandung tannin, saponin dan jenis lainnya yang kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Daun sirih dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu daun sirih hijau dan daun sirih merah. Pada kesempatan kali ini, daun sirih hijau akan menjadi topik utama yang akan dibahas. Pada dasarnya kedua jenis daun sirih ini sama-sama kaya akan manfaat, perbedaannya daun sirih hijau tidak memiliki flavonoid seperti terdapat pada daun sirih merah. Flavonoid sendiri berkhasiat untuk mengatasi infeksi virus dan peradangan.

Meski zat tersebut tak ada pada daun sirih hijau, namun manfaatnya tak dapat dipandang sebelah mata. Berikut ini berbagai manfaat daun sirih hijau untuk kesehatan yang jarang diketahui banyak orang.

1. Mempercepat Penyembuhan

Manfaat Daun Sirih Hijau untuk Kesehatan mempercepat penyembuhan
Ilustrasi proses penyembuhan. (Foto: Sutterstock)

Kandungan antioksidan yang ada pada daun sirih hijau dapat meminimalisir stres oksidatif pada luka. Cukup dengan mengompres luka dengan daun sirih hijau yang telah dihaluskan kemudian membalutnya.

2. Membantu Pencernaan

Rebusan air daun sirih hijau sangat bermanfaat untuk membantu pencernaan menyerap nutrisi, pencernaan pun menjadi lancar.

3. Meringankan Rasa Sakit

Kandungan chavicol-nya sangat bermanfaat untuk meringankan rasa sakit dalam tubuh, zat seperti ini juga disebut dengan zat inflamasi.

4. Mengatasi Alergi

Bagi beberapa orang yang sering merasakan gatal-gatal karena alergi makanan ataupun alergi lainnya terkadang kesulitan mencari obatnya. Daun sirih hijau merupakan salah satu jawabannya, caranya dengan merebus air yang telah dicampurkan daun sirih hijau kemudian menggunakannya untuk berendam.

5. Mengobati Luka Bakar

Manfaat Daun Sirih Hijau untuk Kesehatan untuk mengobati luka bakar ringan
Ilustrasi luka bakar ringan. (Foto: Shutterstock)

Apabila Anda mengalami luka bakar ringan, daun sirih hijau dapat dimanfaatkan untuk mengobatinya. Remas-remas daun sirih hijau setelah dicuci, kemudian campurkan madu alami dan tempelkan pada bagian kulit yang mengalami luka bakar.

6. Mengatasi Bau Badan

Bau badan membuat banyak orang tidak percaya diri, kadang terlalu repot apabila harus lebih sering menggunakan deodoran. Memanfaatkan daun sirih hijau sebagai solusi terbaik bahkan mengatasi bau badan secara permanen. Caranya cukup menggunakannya untuk berendam disertai dengan air hangat.

Baca juga: Cara Efektif Mengatasi Keputihan dengan Daun Sirih

7. Anti Kanker

Salah satu manfaat daun sirih hijau yang sangat jarang diketahui banyak orang adalah manfaatnya sebagai anti kanker, khususnya kanker sumsum tulang dan leukemia myeloid yang sudah kronis. Caranya cukup mudah, hanya dengan mengunyah daun sirih secara teratur (bukan berarti jadi rutinitas). Tidak sembarangan, khasiat ini telah melalui penelitian yang dilakukan oleh beberapa isntitusi seperti Indian Institute of Chemical Biology (IICB), Piramal Life Sciences dan Institute of Haematology and Transfusion Medicine.

Baca juga: 6 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Paling Ampuh dengan Bahan Alami

Meskipun daun sirih hijau ini kaya akan manfaat, namun penggunaannya bukan berarti dapat dilakukan secara rutin mengingat daun sirih ini juga dapat dikatakan memiliki efek cukup keras. Misalnya penggunaan terhadap kewanitaan hanya dilakukan jika perlu saja, apabila dilakukan terlalu sering akan membunuh bakteri baik pada area tersebut. Pada ibu menyusui dapat mengurangi kadar ASI yang ada. Jadi, penggunaan daun sirih harus benar-benar terukur dan melakukan konsultasi terlebih dulu dengan para pakar di bidangnya.

Demikian 7 manfaat daun sirih hijau untuk kesehatan beserta himbauan untuk tetap menggunakannya secara bijak, segala bentuk berlebih-lebihan tentu saja tidak baik. Semoga bermanfaat!

Foto utama: Daun sirih hijau. (Sumber: Shutterstock)

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password