7 Manfaat Daun Seledri untuk Ginjal yang Tidak Banyak Orang Tahu

7 Manfaat Daun Seledri untuk Ginjal yang Tidak Banyak Orang Tahu - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Tak sedikit yang mengetahui bahwa apa-apa yang menjadi sayuran memanglah memiliki manfaat bagus untuk tubuh dan juga kesehatan kita. Salah satunya adalah daun seledri yang mungil. Ada banyak manfaat daun seledri untuk ginjal yang mana tidak banyak orang mengetahuinya. Daun seledri juga diketahui bisa memberi manfaat dan efek yang bagus untuk tubuh. Daun seledri sering digunakan sebagai bumbu dapur untuk memasak.

Karena hidup sehat tidaklah bisa hanya berolahraga tetapi perlu mengimbanginya dengan pola istirahat yang benar. Juga dengan bagaimana kita memilih aktivitas yang membakar lemak. Beberapa manfaat daun seledri untuk kesehatan terangkum pada ulasan berikut.

Manfaat Daun Seledri untuk Ginjal

1. Manfaat Daun Seledri untuk Meningkatkan Fungsi Ginjal

Manfaat Daun Seledri untuk Ginjal

Manfaat daun seledri bagi kesehatan ginjal yang pertama adalah meningkatkan fungsi ginjal kita. Ada kandungan natrium, asam amino essensial dan juga berbagai jenis vitamin yang baik untuk dikonsumsi agar bisa meningkatkan fungsi ginjal yang sehat dan normal. Manfaat daun seledri untuk batu ginjal adalah dengan membantu membuang beragam zat tidak penting dan mengeluarkan toksi untuk mencegah pembentukan batu ginjal.

2. Mengandung Antipiretik

Seledri memiliki kandungan senyawa AINS atau anti inflamasi non steroid yang bisa mengatasi peradangan dalam tubuh kita. Kandungannya juga memiliki sifat antipiretik yang menjaga suhu tubuh normal serta membersihkan organ ginjal kita. Manfaat daun seledri untuk membersihkan ginjal ini dimulai dari adanya pengendapan dalam ginjal sehingga fungsinya bisa lebih ditingkatkan. Seledri mengatasi penyakit yang menimbulkan rasa sakit dan nyeri.

3. Mencegah Nefropati Analgesic

Mencegah Nefropati Analgesic

Tahukah anda bahwa nefropati analgesic yang merupakan salah satu jenis penyakit ginjal yang disebabkan karena mengonsumsi analgesik, kandungan obat yang menahan atau mengurangi rasa sakit. Manfaat daun seledri untuk ginjal yang dikonsumsi secara rutin bisa efektif dan mencegah adanya nefropati analgesic yang bisa berkembang dan penderita membutuhkan adanya transplantasi ginjal.

4. Manfaat Daun Seledri untuk Mencegah Infeksi Ginjal

Mencegah Infeksi Ginjal

Salah satu penyebab dari infeksi ginjal adalah terlalu banyak mengonsumsi kafein. Misalnya seperti kopi dan teh yang mana kandungan kafein akan menumpuk dalam tubuh dan menyebabkan ginjal menjadi kotor serta harus dibersihkan dengan rutin. Anda bisa mengonsumsi seledri dengan cara menjadikannya jus atau dicampur dengan makanan lainnya sehingga manfaat daun seledri bisa kita dapatkan.

Baca juga : Ragam Buah dan Sayur yang Baik untuk Kesehatan Ginjal

5. Mengatasi Penyakit Ginjal Polikistik

Manfaat Daun Seledri untuk Ginjal - Mengatasi Penyakit Ginjal Polikistik

Manfaat daun seledri berikutnya adalah mengatasi ginjal polikistik. Ada banyak kandungan antioksidan, mineral dan juga vitamin di dalam seledri ini. Kita juga bisa mencegah serta mengatasi penyakit ginjal polikistik yang terjadi karena kista berisi cairan. Penyakit ini disebabkan karena adanya autosom resetif yang menyebabkan urin memiliki kandungan protein terlalu tinggi.

6. Mencegah Hematuria

Mencegah Hematuria

Hematuria merupakan salah satu masalah ginjal yang bisa dicegah dengan mengosumsi daun seledri secara rutin. Terutama jika anda mengonsumsinya dengan bagian batang dan akar secara teratur. Hematura adalah kondisi urin dan darah bercampur. Meski bukan masalah serius, kondisi ini tentu menimbulkan rasa sakit.

Baca juga : 7 Ciri-ciri Penyakit Ginjal Stadium Awal yang Perlu Diketahui

7. Meningkatkan Buang Air Kecil

Meningkatkan Buang Air Kecil

Manfaat daun seledri adalah meningkatkan buang air kecil. Tentu kebiasaan ini sangatlah membantu ginjal agar membersihkan ginjal dari urin yang menumpuk. Resiko kerusakan ginjal bisa menurun dengan mengonsumsi daun seledri ini.

Daun seledri diketahui memiliki banyak manfaat yang bisa membantu kita menjaga kesehatan ginjal. Terutama untuk anda yang ingin meningkatkan fungsi ginjal, mencegah infeksi ginjal, mencegah Nefropati Analgesic hingga mencegah Hematuria. Dapatkan manfaat daun seledri ini dengan mengonsumsinya sesuai dengan yang dianjurkan. Imbangi dengan gaya hidup sehat serta pola makan yang teratur serta makan makanan bergizi dan mengandung vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password