7 Makanan Penyebab Darah Tinggi yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Makanan penyebab darah tinggi

Ohayo.co.id – Memang salah satu penyebab darah tinggi adalah faktor keturunan. Akan tetapi, di samping penyebab tersebut ada beberapa makanan penyebab darah tinggi yang harus dihindari bagi beberapa orang yang rentan akan penyakit tersebut.

Masalah darah tinggi bukanlah hal yang bisa disepelekan, pembuluh darah yang tak selentur sebelumnya bisa mengakibatkan pembuluh tersebut menjadi kaku dan berujung pada penyakit lainnya seperti stroke, serangan jantung, gagal jantung, ginjal dan aneurisma (kondisi pembuluh nadi tidak normal).

Makanan Penyebab Darah Tinggi di Indonesia
Foto: Shutterstock

Mengutip kompas.com (01/17), Indonesia termasuk pada daftar negara teratas dalam kasus tekanan darah tinggi di seluruh dunia, bahkan menjadi salah satu dari 5 teratas. Penelitian menunjukkan bahwa 50 persen tersebut berasal dari Amerika Serikat, Cina, India, Indonesia dan Rusia. Hasil tersebut didasarkan pada studi para ahli pada 8,7 juta orang dari 154 negara yang berbeda sepanjang tahun 1980 hingga tahun 2015.

Tak ada habis-habisnya jargon “lebih baik mencegah daripada mengobati” terus diperdengarkan karena memang benar-benar penting adanya. Menjaga asupan dalam tubuh adalah hal paling mendasar dalam menjaga kesehatan, khususnya menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Makanan yang mengandung garam yang tinggi biasanya menjadi biang kerok terjadinya hipertensi atau sering kali disebut penyakit “sillent killer” ini. Berikut ini deretan makanan penyebab darah tinggi yang sangat penting untuk diketahui, khususnya bagi para pemilik risiko tinggi terhadap masalah ini.

7 Makanan Penyebab Darah Tinggi

Makanan penyebab darah tinggi
Foto: Shutterstock

1. Ikan Beku

Memang terbilang repot ketika harus mencari ikan segar, namun bahaya mengonsumsi ikan kaleng bisa membuat kerepotan itu hilang seketika. Pasalnya, ikan beku pada kemasan biasanya mengandung kadar pengawet yang cukup tinggi.

2. Minuman Berenergi

Bahasa marketing pada label minuman berenergi pastinya tercantum begitu menarik untuk meningkatkan stamina, akan tetapi di balik kemasannya yang terlihat menyegarkan itu ternyata mengandung beragam zat yang bisa memicu naiknya tekanan darah hingga 6,4 persen. Salah satu zat yang mengakibatkan demikian adalah kandungan kafein dan gula yang tinggi.

3. Sandwich

Pada dasarnya, bahaya tidak terletak pada sandwich secara keseluruhan, melainkan campuran di dalamnya. Apabila sandwich atau roti isi tersebut mengandung salami, bacon (daging asap) dan daging olahan yang kemungkinan berpengawet maka sangat mungkin mengandung sodium yang tinggi juga. Tentu saja tidak aman dikonsumsi, apalagi bagi orang yang berisiko tekanan darah tinggi atas faktor keturunan.

4. Susu

Siapa sangka susu juga ternyata sangat berbahaya apabila dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi. Mengingat susu mengandung sodium yang cukup banyak, bahkan untuk susu rendah lemak sekalipun.

Sebagai penggantinya, bisa memilih konsumsi serupa dengan kadar sodium 140 miligram atau di bawahnya. Seperti keju mozarella atau Swiss yang rendah sodium.

5. Acar

Makanan penyebab darah tinggi lainnya yang jarang diketahui adalah acar. Makanan yang sering dianggap rendah kalori ini tentunya mengalami proses pembuatan dengan sodium yang cukup banyak.

6. Margarin

Meskipun tidak semua margarin mengandung lemak yang tinggi, alangkah baiknya mengecek kandungannya terlebih dulu pada kemasan margarin tersebut.

Baca juga: Makanan Terbaik untuk Otak dan Jantung Sehat

7. Donat

Pasti tidak menyangka bukan makanan bulat, bolong dan lucu ini juga bisa membuat bolong kesehatan juga. Mengapa demikian? Karena donat diolah melalui proses penggorengan terlebih dahulu. Sehingga kandungan lebih dari 300 kalori, karbohidrat dan 43% lemak berubah menjadi lemak jenuh.

Baca juga: Cara Menurunkan Tekanan Darah dengan Mengkonsumsi Mentimun

Mulai sekarang, Anda bisa lebih berhati-hati dalam mengonsumsi makanan sehari-hari agar terhindar dari masalah tekanan darah tinggi. Jangan lupa untuk membagikan informasi ini pada orang-orang yang Anda sayangi. Berbagi tak pernah rugi, berbagi informasi sama dengan peduli.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password