7 Makanan Penurun Kolesterol Agar Pembuluh Darah Tidak Tersumbat

7 Makanan Penurun Kolesterol Agar Pembuluh Darah Tidak Tersumbat - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Tersumbatnya pembuluh darah menjadi biang keladi rentetan masalah kesehatan. Masalah ini juga yang menjadi sebab utama penyakit jantung serta stroke, yang tentu tidak bisa dianggap remeh. Berbagai pengobatan dan upaya klinis dapat dilakukan untuk mengatasi tersumbatnya pembuluh darah. Namun ternyata terdapat pula makanan penurun kolesterol yang bisa membantu mengurangi plak, sumber masalah tersumbatnya pembuluh darah.

Plak adalah tumpukan kolesterol dalam pembuluh darah yang menghambat aliran darah. Plak harus dibersihkan dan salah satu cara membersihkannya adalah menggunakan bahan makanan alami. Berikut adalah beberapa makanan penurun kolesterol yang bisa Anda konsumsi untuk membantu mengurangi tumpukan plak dan penyumbatan pembuluh darah.

7 Makanan Penurun Kolesterol Agar Pembuluh Darah Tidak Tersumbat

1. Bawang Putih

Bawang Putih - Ohayo.co.id

Bawang putih selain sebagai bahan masakan ternyata bisa dimanfaatkan sebagai makanan penurun kolesterol. Bawang putih dapat membantu meluruhkan zat-zat yang membentuk plak pada pembuluh darah arteri. Selain itu, bawang putih juga bisa membantu mengurangi terbentuknya nanoplaque, yang jadi dasar perekat antar plak sehingga menumpuk jadi lebih besar.

2. Anggur

Anggur - Ohayo.co.id

Manfaat terbesar dari anggur adalah dari kandungan flavonoidnya. Kandungan flavonoid dalam kulit, daging, buah dan biji anggur dapat membantu menurunkan kadar LDL yang juga jadi penyebab terbentuknya plak pada pembuluh darah. LDL merupakan kolesterol jahat yang mengakibatkan tumpukan plak dalam pembuluh darah. Selain mengurangi plak pada pembuluh darah, anggur juga dapat mencegah penggumpalan darah dengan cara mencegah pengentalan.

Baca juga : 7 Jenis Sayuran Penurun Kolesterol Paling Ampuh dan Efektif

3. Berry

Berry - Ohayo.co.id

Makanan penurun kolesterol berikutnya adalah jenis buah beri-berian seperti strawberry, raspberry dan blueberry. Tiga jenis beri tersebut mengandung antioksidan flavonoid yang tinggi. Kandungan ini bisa mencegah pengerasan pembuluh darah dan meluruhkan plak yang sudah terbentuk. Selain itu, antioksidan juga berguna untuk menangkal radikal bebas yang seringkali menyebabkan kemunculan sel kanker.

4. Apel

Apel - 7 Makanan Penurun Kolesterol Agar Pembuluh Darah Tidak Tersumbat - Ohayo.co.id

Apel mengandung zat yang disebut pectin, yakni jenis serat yang dapat mengurangi kadar kolesterol. Selain itu, kandungan potasium, magnesium, dan quercetin dapat membantu mengontrol tekanan darah. Kandungan apel juga sangat baik untuk memberikan nutrisi pada kulit Anda sehingga dapat tampil awet muda dan mencegah penuaan dini.

Baca juga : Inilah Manfaat Daun Sirsak untuk Kolesterol dan Cara Penggunaannya

5. Bayam

Bayam - 7 Makanan Penurun Kolesterol Agar Pembuluh Darah Tidak Tersumbat - Ohayo.co.id

Kaya akan lucein, bayam tidak hanya baik untuk mencegah degenerasi sel otot akibat usia tapi juga mencegah serangan jantung dengan menjaga pembuluh darah tetap bersih dari plak-plak kolesterol. Bayam memiliki kandungan vitamin dan mineral. Antara lain vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin A, vitamin K, magnesium, potasium, zat besi, asam folat, dan kalsium. Kandungan-kandungan tersebut yang menjadikan bayam sebagai makanan penurun kolesterol yang wajib dikonsumsi.

6. Ikan

Ikan - 7 Makanan Penurun Kolesterol Agar Pembuluh Darah Tidak Tersumbat - Ohayo.co.id

Untuk golongan ikan, yang paling berkhasiat dalam menjaga kelancaran aliran darah dalam pembuluh darah adalah  salmon dan tuna karena kaya akan asam lemak omega 3. Omega 3 banyak dikenal sebagai bahan untuk mengurangi kadar kolesterol jahat. Asam lemak omega 3 juga mudah diserap tubuh dan memiliki banyak kegunaan semisal menambah daya konsentrasi otak.

Baca juga : 7 Jenis Buah Penurun Darah Tinggi dan Kolesterol Paling Efektif

7. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun - 7 Makanan Penurun Kolesterol Agar Pembuluh Darah Tidak Tersumbat - Ohayo.co.id

Molekul kolesterol jahat yang bercampur dengan lemak pada minyak zaitun akan lebih sulit teroksidasi. Kolesterol teroksidasi lebih mudah menempel pada pembuluh darah dan menjadikan pembuluh darah makin sempit. Minyak zaitun berguna untuk mencegah oksidasi molekul kolesterol jahat.

Menjaga kelancaran pembuluh darah, menjadi satu upaya terbaik yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Konsumsi 7 makanan penurun kolesterol di atas agar risiko penyakit akibat penyumbatan pembuluh darah semakin jauh. Anda juga harus menghindari makanan pantangan kolesterol. Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan olahraga rutin. Olahraga berguna untuk merawat kesehatan jantung dan menjaga kenormalan metabolisme tubuh.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password