7 Kegunaan dan Manfaat Sabun Sulfur Atau Belerang Untuk Kulit

sabun sulfur

Sabun sulfur atau belerang merupakan produk dermatologis yang terkenal sebagai solusi masalah pada kulit, rambut dan kuku. Memiliki sifat yang melawan peradangan, infeksi dan pembakaran di berbagai area tubuh.

Namun sebelum membahas mengenai kegunaan dan manfaat sabun sulfur atau belerang, terlebih dahulu kamu harus mengetahui fakta-fakta hal ini.

Fakta menarik dari sabun belerang

manfaat sabun sulfur

1. Sabun belerang komersial mengandung persentase yang sangat rendah.

Kandungan belerang atau sulfur di dalam sabun komersial yang sering kita jumpai memiliki kadar persentase yang sangat rendah. Persentase tersebut berkisar antara 3% hingga 10%.

Dengan fakta tersebut tentu dalam mencapai hasil maksimal masih jauh dari harapan. Apakah akan lebih baik berendam di pemandian air panas yang mengandung belerang tinggi?

2. Tidak dianjurkan menggunakan sabun belerang dalam kurun waktu lama.

Kulit kering menjadi salah satu akibat dari penggunaan sabun dalam waktu lama. Selain kulit menjadi kering, sabun yang mengandung belerang dan digunakan terlalu lama juga mengakibatkan iritasi pada kulit.

3. Disarankan untuk menggunakan pelembab setelah menggunakan sabun.

Kelembaban kulit memang perlu dijaga. Apalagi kita habis menggunakan sabun yang mengandung sulfur. Pemilihan jenis pelembab juga harus diperhatikan agar mendapatkan kulit wajah yang cerah dan sehat.

4. Jangan gunakan pada kulit bayi yang sensitif dan halus.

Kulit bayi sangat lembut dan sensitif, berbeda terbalik dengan kulit yang dimiliki oleh orang dewasa. Untuk meminimalisir terhadap berbagai kemungkinan yang terjadi, alangkah bijaknya untuk tidak digunakan pada kulit bayi.

Baca juga: Rekomendasi Sabun Muka Pria yang Ampuh Hilangkan Jerawat dan Bekasnya

Kegunaan dan manfaat sabun sulfur

sabun mandi aromaterapi

1. Ideal untuk mengurangi atau menghilangkan jerawat.

Memiliki kulit wajah berjerawat berdampak pada berkurangnya kepercayaan diri. Kulit berjerawat bisa disebabkan karena genetika, sedang melewati masa remaja atau menderita beberapa gangguan hormonal.

Untuk mengembalikan kepercayaan diri tentu saja jalan keluarnya adalah menghilangkan jerawat. Salah satu cara adalah dengan memakai sabun sulfur yang dapat mencegah bakteri menyebar di kulit.

Sabun akan bekerja lebih maksimal bagi yang memiliki kulit berminyak. Karena dapat mengurangi timbulnya komedo dan produksi sebum yang dapat kita temukan di hidung, pipi dan punggung.

Baca juga: Ragam Produk Sabun Cair Terbaik Agar Kulit Si Kecil Bersih, Sehat, dan Senantiasa Terawat

2. Rambut berkilau dan sehat terhindar dari bahan kimia.

Rambut adalah mahkota bagi wanita, sebisa mungkin selalu dirawat dan dijaga. Namun kadang beberapa langkah yang mereka lakukan membuat rambut tidak sehat. Seperti membuat lurus dengan bantuan alat atau sedikit menambah aksen warna pada rambut.

Gunakan sabun sulfur untuk membersihkan rambut dari pengaruh bahan kimia yang dapat membuat kulit kepala iritasi. Terapkan seminggu sekali dan pastikan kulit kepala tetap bersih.

3. Selamat tinggal jamur kuku yang membuat penampilan jadi jelek.

Pernahkah berfikir berapa banyak jumlah kuman yang masuk ke kuku? Ketika keseharian selalu bersinggungan dengan toilet, transportasi bahkan tempat tidur.

Itulah kenapa dokter selalu menganjurkan kita untuk rajin mencuci tangan. Karena di dalam kuku adalah tempat berkumpulnya kuman yang membawa penyakit.

Cucilah tangan setiap hari dengan sabun biasa dan tiga kali seminggu dengan sabun belerang. Dalam waktu singkat kuku akan terlihat sehat dan cantik.

Untuk kuku bagian kaki sebaiknya dicuci dengan sabun yang mengandung sulfur sebanyak 5 kali dalam seminggu.

4. Mengobati penyakit psoriasis dan penyakit radang lainnya.

Psoriasis merupakan salah satu penyakit kulit menahun yang disebabkan peradangan. Umumnya dapat kita temukan di bagian tubuh manusia seperti punggung bagian bawah, lutut, kulit kepala dan siku.

Apabila kamu merupakan penderita penyakit psoriasis dan ingin sembuh, gunakanlah sabun sulfur. Sabun tersebut berfungsi untuk mengelupaskan kulit.

Oleskan setiap hari di area yang terkena peradangan. Namun apabila tidak terlihat adanya peningkatan, segeralah berkonsultasi ke dokter.

Baca juga: 5 Rekomendasi Merk Sabun Muka untuk Kulit Sensitif Paling Aman

5. Menghilangkan dan membunuh mikroorganisme penyebab penyakit bisul.

Sangat baik sebagai desinfektan bagi penyakit bisul. Peradangan yang terjadi karena infeksi mampu dicegah dengan mencucinya dengan sabun belerang.

6. Membersihkan wajah dari make up

Meski wajah kamu mulus dan tidak ada jerawat tetap saja perlu dibersihkan secara teratur. Apalagi bagi kamu yang sering menggunakan make up.

Gunakan sabun sulfur setiap lima belas hari sekali untuk merawat wajah supaya tetap bersih dari berbagai infeksi yang timbul dikarenak oleh make up.

Disarankan setiap hari untuk membersihkan wajah dari segala bentuk dan macam make up terutama sebelum tidur. Itu merupakan sebuah perawatan wajah yang lebih baik.

7. Memperlambat penuaan dini pada kulit

Umur sudah pasti bertambah dengan arti kata penuaan tidak bisa dihentikan. Namun untuk penampilan kulit kamu bisa memperlambat bahkan bisa menjaga tetap muda.

Memperlambat penuaan tentu saja ada proses yang perlu dilakukan. Mulai dari gaya hidup yang sehat hingga pola makan.

Terlebih lagi cadangan belerang dalam tubuh juga harus terjaga seimbang supaya kolagen alami terbentuk. Dengan demikian kulit selalu kencang.

Gunakan seminggu sekali untuk menjaga kulit tetap bersih dari kotoran dan memperlambat penuaan dini. Jangan terlalu sering menggunakan sabun belerang, karena dapat berakibat pada kulit menjadi kering.

Apakah kamu sudah siap untuk mencoba salah satu dari tujuh kegunaan dan manfaat sabun sulfur ini?

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password